Comscore Tracker

Mengenal 2 'Kartini' Terkaya di Indonesia

Mampu menembus daftar orang terkaya versi Forbes

Jakarta, IDN Times - Tanggal 21 April selalu diperingati sebagai Hari Kartini setiap tahunnya. Hal itu dilakukan untuk selalu mengenang jasa Raden Ajeng (RA) Kartini selaku pelopor emansipasi dan kesetaraan kaum perempuan dengan kaum laki-laki.

Apa yang diperbuat oleh Kartini pada masa lalu telah membawa dampak begitu besar bagi banyak perempuan Indonesia pada masa kini dan masa yang akan datang.

Melalui jasa Kartini, perempuan kini bisa mendapatkan pendidikan tinggi yang mampu membuat mereka memimpin sebuah perusahaan dan berujung menjadi sosok dengan harta kekayaan melimpah.

Salah satu kontribusi Kartini secara tidak langsung adalah mampu menempatkan sosok-sosok perempuan Indonesia dalam daftar orang terkaya di Indonesia versi Forbes.

Mereka dengan segenap prestasi dan kemampuannya mampu bersanding dalam daftar yang didominasi oleh kaum lelaki. Forbes menempatkan dua nama perempuan dalam 50 daftar orang terkaya tahun 2020. Siapa saja mereka? Berikut ulasannya.

Baca Juga: Hari Kartini, Sri Mulyani Ajak Perempuan Indonesia Jadi 'Game Changer'

1. Kartini Muljadi

Mengenal 2 'Kartini' Terkaya di IndonesiaYoutube.com/ISLSMU

Kartini Muljadi pernah didapuk sebagai wanita terkaya di Indonesia oleh Forbes pada 2020 silam. Harta kekayaannya per Desember tahun lalu disinyalir sebesar 620 juta dolar Amerika Serikat (AS) atau sekitar Rp9 miliar.

Kartini Muljadi merupakan sosok dibalik pemilik Tempo Group dengan perusahaan terbesarnya adalah Tempo Scan Pacific yang merupakan produsen obat-obatan dan barang konsumsi lainnya.

Dia juga dikenal sebagai seorang pengacara dan mantan hakim. Dia pun membentuk Kartini Muljadi & Rekan yang merupakan firma hukum korporasi dan komersial terkenal di Indonesia.

Baca Juga: 5 Perempuan Terkaya di Dunia versi Forbes 

2. Arini Subianto

Mengenal 2 'Kartini' Terkaya di IndonesiaIDN Times/Kevin Handoko

Arini Subianto merupakan wanita terkaya nomo dua di Indonesia dalam daftar Forbes 2020. Kekayaannya per Desember tahun ditaksir sekitar 610 juta dolar AS atau setara dengan Rp8,86 miliar.

Arini merupakan anak tertua dari pengusaha terkenal Benny Subianto. Setelah sang ayah wafat pada 2007, Arini mengambil tampuk kepemimpinan gurita perusahaan jutaan dolar yang ditinggalkan oleh Benny.

Saat ini Arini menjabat sebagai Presiden Direktur Persada Capital Investama yang merupakan induk perusahaan milik keluarga Subianto.

Perusahaan tersebut bergerak di bidang pengolahan kayu, minyak sawit, karet, hingga batu bara. Persada Capital Investama juga tercatat memiliki saham minoritas di perusahaan raksasa batu bara Adaro Energy.

3. Tidak ada perempuan di daftar orang terkaya Indonesia versi Forbes 2021

Mengenal 2 'Kartini' Terkaya di IndonesiaForbes.com/Forbes World's Billionaires List The Richest in 2021

Memasuki 2021, Forbes tidak memasukkan nama Kartini Muljadi dan Arini Subianto sebagai salah dua orang terkaya di Indonesia.

Hal itu lantaran jumlah orang Indonesia yang masuk dalam daftar Forbes hanyalah 18 orang dan semuanya dikuasai oleh kaum laki-laki.

Mulai dari Hartono Bersaudara di peringkat satu dan dua hingga Hary Tanoesoedibjo di peringkat 18, tidak ada satu nama perempuan pun di dalam daftar tersebut.

Baca Juga: 5 Crazy Rich Indonesia di Forbes 2021, 2 Masuk List 100 Terkaya Dunia

Topic:

  • Hana Adi Perdana
  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya