Comscore Tracker

Paviliun Indonesia Sambut 50 Ribu Pengunjung di Expo 2020 Dubai

Ada 300 produk UMKM & 75 forum bisnis di Paviliun Indonesia

Jakarta, IDN Times - Paviliun Indonesia di Expo 2020 Dubai telah menyambut lebih dari 50 ribu pengunjung. Pencapaian ini diraih setelah Paviliun Indonesia resmi dibuka oleh Menteri Perdagangan, Muhammad Lutfi dua pekan lalu.

"Kami begitu bersemangat karena sejak hari pertama dibuka, antusiasme pengunjung untuk melihat Paviliun Indonesia begitu besar. Saat ini baru genap dua minggu, Paviliun Indonesia telah dikunjungi oleh lebih dari 50 ribu pengunjung," ujar Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional sekaligus Komisioner Jenderal Paviliun Indonesia, Didi Sumedi dalam keterangan resmi yang diterima IDN Times, Minggu (17/10/2021).

Paviliun Indonesia di Expo 2020 Dubai mengusung tema "Creating the Future, From Indonesia to The World" dan hadir mempresentasikan potensi serta mempromosikan inovasi dan kemajuan Indonesia melalui beragam tema mingguan dan juga beragam forum bisnis.

Baca Juga: Menginspirasi Masyarakat Lewat Indonesia Knowledge Forum X-2021

1. Paviliun Indonesia tampilkan beragam produk UMKM dan budaya nusantara

Paviliun Indonesia Sambut 50 Ribu Pengunjung di Expo 2020 DubaiPembukaan World Expo 2020 di Dubai (twitter.com/MohamedBinZayed)

Didi menjelaskan, Paviliun Indonesia hadir di Expo 2020 Dubai dengan memperkenalkan lebih dari 300 produk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) siap ekspor dan juga mengadakan lebih dari 75 forum bisnis.

Selain itu, budaya Indonesia melalui pertunjukkan musik dan tari-tarian juga turut dihadirkan di Paviliun Indonesia Expo 2020 Dubai. Lagu-lagu
daerah dari beragam wilayah di Indonesia hingga tari-tarian seperti tari piring dari Sumatra Barat, tari gandrung, dan tari ngremo dari Jawa Timur turut diperkenalkan kepada pengunjung Expo 2020 Dubai setiap harinya.

"Paviliun Indonesia mengobati rasa rindu saya pada Indonesia. Saya dan keluarga secara rutin setiap tahunnya selalu berkunjung ke Indonesia untuk liburan. Namun sudah hampir dua tahun kami tidak berkunjung dikarenakan pandemik. Area dalam Paviliun yang paling saya sukai adalah vibrant
present, karena menunjukkan keindahan alam dan kekayaan budaya yang begitu mempesona," ujar seorang pengunjung Paviliun Indonesia, Benon Patentreger.

Paviliun Indonesia di Expo 2020 Dubai juga akan merayakan kekayaan budaya dan seni nusantara kepada dunia melalui kegiatan National Day Indonesia pada 4 November 2021 mendatang. National Day akan digelar di Al Wasl Plaza yang merupakan lokasi paling strategies dan megah di Dubai karena merupakan lokasi yang sama dengan upacara pembukaan Expo 2020 Dubai.

Dalam National Day, Indonesia akan memamerkan pertunjukkan seni dan budaya yang menyoroti keragaman budaya, kekayaan rempah-rempah, dan sumber daya Tanah Air.

Baca Juga: Paviliun Baru, Golose Minta Personel Polda Bali Dikolonoskopi

2. Indonesia targetkan investasi masuk dari Expo 2020

Paviliun Indonesia Sambut 50 Ribu Pengunjung di Expo 2020 DubaiIlustrasi investasi (IDN Times/Arief Rahmat)

Sebelumnya diberitakan, Kementerian Investasi menargetkan sejumlah investasi datang ke Indonesia dari pelaksanaan Expo 2020 Dubai di Uni Emirat Arab (UEA).

Staf Ahli Bidang Peningkatan Daya Saing Penanaman Modal Kementerian Investasi, Heldy Satrya Putera mengatakan pemerintah menilai expo ini menjadi ajang untuk Indonesia mempromosikan potensi investasi yang ada Bumi Pertiwi.

"Expo ini kita juga akan promosikan peluang-peluang investasi kepada dunia. Dengan persiapan di Dubai Expo justru akan memberikan kesempatan lebih besar," katanya dalam acara virtual, Kamis (7/10/2021).

Heldy mengatakan ada beberapa sektor yang ditargetkan Indonesia untuk mendapat investasi dari Uni Emirat Arab. Mulai dari sektor kesehatan, pariwisata, infrastruktur hingga energi baru terbarukan (EBT).

"Mereka (UEA) juga sudah masuk EBT. Kita dorong mereka masuk (berinvestasi) lebih banyak lagi ke produk-produk energi baru terbarukan, infrastruktur lain mereka juga tertarik seperti jalan tol," ucap dia.

3. UEA sudah investasi 10 miliar dolar ke Indonesia Maret lalu

Paviliun Indonesia Sambut 50 Ribu Pengunjung di Expo 2020 Dubai(Presiden Jokowi dengan Putra Mahkota Uni Emirat Arab (UEA) Syekh Mohamed bin Zayed Al Nahyan (MBZ)) IDN Times/Teatrika Handiko Putri

Pada Maret 2021, UEA melalui Putra Mahkota Abu Dhabi dan Wakil Komandan Tertinggi Angkatan Bersenjata UAE, Sheikh Mohamed bin Zayed Al Nahyan mengumumkan akan berinvestasi sebesar 10 miliar dolar AS ke sovereign wealth fund Indonesia atau Otoritas Investasi Indonesia (INA).

Investasi-investasi itu akan fokus pada sektor strategis Indonesia, termasuk infrastruktur, jalan-jalan, pelabuhan-pelabuhan, pariwisata, agrikultur, dan sektor menjanjikan lainnya.

Heldy mengatakan salah satu investasi tersebut direncanakan akan berada di Aceh. "Mereka akan meminta kita untuk invetasi dana ini ke proyek-proyek infrastruktur yang sudah mereka tentukan seperti pariwisata, salah satunya di Aceh," ujarnya.

Expo 2020 Dubai diharapkan membuat par investor tertarik berinvestasi di Indonesia. Heldy mengatakan UEA memang belum masuk 10 besar investasi di Indonesia tapi sudah ada beberapa proyek cukup besar dan sesuai yang ingin dikembangkan pemerintah Indonesia.

"Kita punya target investasi nasional di 2021 Rp900 triliun. Dari Januari-Juni kita realisasi 49,2 persen. Sisanya kita harapkan bisa kita dorong atau realisasikan sampai akhir tahun. Salah satu kesmepatan untuk dorong relisasi dengan partisipasi di Dubai ini," katanya.

Baca Juga: [WANSUS] Di Balik Layar Hubungan Ekonomi Indonesia-Uni Emirat Arab

Topic:

  • Hana Adi Perdana

Berita Terkini Lainnya