Comscore Tracker

Pemerintah Gelontorkan Rp13,4 T untuk Pembebasan Lahan PSN Selama 2021

Ditujukan untuk membebaskan 163.136 bidang lahan

Jakarta, IDN Times - Lembaga Manajemen Aset Negara (LMAN) menyampaikan telah merealisasikan pembayaran lahan senilai lebih dari Rp13 triliun untuk Proyek Strategis Nasional (PSN) sepanjang 2021.

"Pada tahun 2021 mulai Januari sampai dengan 23 Juli, untuk proses pendanaan lahan PSN, LMAN sudah membayarkan Rp13,4 triliun selama kurun waktu tujuh bulan," ucap Direktur Utama LMAN, Basuki Purwadi, dalam media briefing secara virtual, Jumat (30/7/2021).

Basuki menambahkan, pandemik COVID-19 yang telah berlangsung sejak Maret 2020 tidak menyurutkan LMAN dalam merealisasikan pembayaran lahan bagi PSN.

Baca Juga: LMAN: Biaya Pembebasan Lahan Tol Cisumdawu Capai Rp2,1 Triliun

1. Realisasi pembayaran lahan oleh LMAN bertambah

Pemerintah Gelontorkan Rp13,4 T untuk Pembebasan Lahan PSN Selama 2021Warga Kecamatan Sepaku pemilik lahan untuk pembangunan Bendungan Sepaku Semoi (IDN Times/Ervan Masbanjar)

Menurut Basuki, kinerja pendanaan lahan yang dilakukan LMAN dalam kurun waktu 1,5 tahun terakhir tidak menurun. Padahal pada saat yang bersamaan pandemik COVID-19 memberikan dampak berbeda bagi cara kerja dan koordinasi antara LMAN dan kementerian/lembaga.

"Kinerja pendanaan meningkat dibandingkan tahun lalu. Pada 2020, sampai Juli itu Rp11 triliun, sekarang Rp13 triliun. Kenapa? Karena koordinasi dan sinergi para stakeholder semakin baik," ucap Basuki.

Beberapa kementerian, lanjut Basuki, seperti PUPR, Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Maritim dan Investasi, serta KSP dan lainnya bersatu padu, bersinergi. dan berkoordinasi agar pendanaan lahan ini bisa berjalan dengan baik serta tidak tersendat.

Baca Juga: Ridwan Kamil: Ada Tiga Proyek Strategis Segera Rampung Akhir 2021

2. Serapan tertinggi pendanaan lahan adalah untuk proyek jalan tol

Pemerintah Gelontorkan Rp13,4 T untuk Pembebasan Lahan PSN Selama 2021IDN Times/Masdalena Napitupulu

Basuki juga mengungkapkan bahwa proyek jalan tol paling banyak menyerap pendanaan lahan dari total Rp13,4 triliun yang dibayarkan oleh LMAN hingga 23 Juli kemarin.

"Serapan tertinggi adalah untuk jalan tol kemudian bendungan, baru sektor-sektor lain seperti kereta api, pelabuhan, irigasi, dan KSPN," kata dia.

Data LMAN menunjukkan bahwa realisasi pendanaan lahan untuk proyek jalan tol selama 2021 adalah sebesar Rp11,029 triliun. Kemudian untuk proyek bendungan sebesar Rp1,727 triliun, proyek kereta api sebesar Rp384 miliar, irigasi sejumlah Rp136 miliar, pelabuhan Rp43 miliar, dan KSPN senilai Rp85 miliar.

3. Lebih dari 160 ribu bidang lahan dibebaskan LMAN sepanjang 2021

Pemerintah Gelontorkan Rp13,4 T untuk Pembebasan Lahan PSN Selama 2021Proyek strategis nasional pembangunan bendungan Sepaku penunjang air bersih IKN (IDN Times/Ervan)

Adapun, total Rp13,4 triliun yang digelontorkan LMAN digunakan untuk 97 PSN. Mulai dari proyek jalan tol, bendungan, kereta api, irigasi, pelabuhan, dan KSPN yang konteksnya adalah sirkuit MotoGP di Mandalika, Lombok.

Selain itu, nilai tersebut juga digunakan untuk membebaskan lebih dari 160 ribu bidang lahan. "Total ada 163.136 bidang lahan yg dibebaskan LMAN dalam konteks PSN," ujar Basuki.

Baca Juga: Pembebasan Lahan Tol Cisumdawu Terkendala, Luhut Kirim Tim Khusus

Topic:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya