Comscore Tracker

Pertamina Targetkan Transaksi Lebih dari Rp10 Miliar di SMEXPO 2022

Pertamina SMEXPO 2022 digelar mulai 29 November-4 Desember

Jakarta, IDN Times - PT Pertamina (Persero) menargetkan transaksi lebih dari Rp10 miliar dalam gelaran Pertamina SMEXPO 2022. Angka tersebut diharapkan bisa tercapai dari transaksi ekspor yang terjadi salam Pertamina SMEXPO 2022.

Sebagai informasi, Pertamina SMEXPO sendiri merupakan ajang tahunan yang dilakukan Pertamina guna memberdayakan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

"Tahun lalu juga transaksi untuk ekspor mencapai Rp10 miliar dan tahun ini kita targetkan bisa melebihi angka tersebut dan semakin banyak UMKM yang bisa naik kelas," ucap Vice President Corporate Social Responsibility (CSR) & SMEPP Management Pertamina, Fajriyah Usman di Graha Pertamina, Jakarta, Senin (28/11/2022).

Baca Juga: Pertamina Eco-RunFest 2022, 8.300 Ecochamps Sebarkan Energi Sehat

1. Digelar secara hybrid

Pertamina Targetkan Transaksi Lebih dari Rp10 Miliar di SMEXPO 2022Ilustrasi UMKM. (IDN Times/Aditya Pratama)

Berbeda dengan gelaran Pertamina SMEXPO dua tahun belakangan, SMEXPO 2022 dilaksanakan secara hybrid. Artinya, Pertamina SMEXPO 2022 digelar secara online dan offline.

"Di tahun ini kita sudah mulai melakukan hybrid. Jadi tidak hanya online seperti yang kita lakukan dalam dua tahun belakangan tapi sekarang ada pameran dan juga showcase yang kita lakukan secara offline di FX Sudirman," kata Fajriyah.

Fajriyah menambahkan, masyarakat bisa mengikuti Pertamina SMEXPO 2022 secara online dengan mengakses website smexpo.pertamina.com.

Baca Juga: Pertamina Promosikan Gaya Hidup Berkelanjutan di Eco- RunFest 2022 

2. Pertamina SMEXPO 2022 diikuti lebih dari 500 UMKM

Pertamina Targetkan Transaksi Lebih dari Rp10 Miliar di SMEXPO 2022Ilustrasi UMKM. (IDN Times/Aditya Pratama)

Selain dari segi penyelenggaraan, perbedaan lain yang terdapat di Pertamina SMEXPO 2022 adalah banyaknya jumlah UMKM yang mengikuti.

Pada tahun lalu, Pertamina SMEXPO hanya diikuti oleh 200-an UMKM. Namun, untuk tahun ini ada 500 lebih UMKM yang meramaikan Pertamina SMEXPO.

"Kita harapkan seluruh UMKM yang saat ini berjumlah 555 yang terdaftar mengikuti SMEXPO terus meningkat menjadi 1.000 dan platform ini baik yang dilakukan secara online di smexpo.pertamina.com ini akan terus kita buka sepanjang tahun sehingga UMKM yang saat ini belum terabung di SMEXPO bisa mendaftar," tutur Fajriyah.

3. Tiga program dalam Pertamina SMEXPO 2022

Pertamina Targetkan Transaksi Lebih dari Rp10 Miliar di SMEXPO 2022Ilustrasi UMKM. (IDN Times/Aditya Pratama)

Setidaknya ada tiga program yang diusung Pertamina dalam gelaran SMEXPO 2022. Ketiga program tersebut adalah Edutainment Program, Expression Program, dan Extravaganza Progam.

Edutainment Program merupakan kegiatan upskilling, business matching, workshop UMKM, dan sharing session bagi UMKM dan masyarakat umum dengan narasumber berpengalaman di bidangnya.

Sementara Expression Program adalah showcase dan pameran produk UMKM binaan Pertamina dari seluruh Indonesia yang digelar secara online, melalui virtual mall smexpo.pertamina.com. Adapun di dalamnya menghadirkan produk unggulan dari 1.000 UMKM dan secara pararel dilakukan juga secara offline yang diikuti 35 UMKM di FX Sudirman dari tanggal 29 November sampai 4 Desember 2022.

Terakhir, Extravaganza Program yang merupakan aktivasi komunikasi dengan tujuan untuk menarik perhatian customer melalui entertainment, live performance, games, dan publikasi masif di media dan media sosial.

Baca Juga: Pertamina Resmi Bergabung Menjadi Supporting Company EITI

Topic:

  • Hana Adi Perdana

Berita Terkini Lainnya