Rabu Sore, Rupiah Ditutup Melemah Tipis ke Level Rp14.397 per Dolar AS

Rupiah melemah 5 poin terhadap dolar AS

Jakarta, IDN Times - Nilai tukar atau kurs rupiah terpaksa kembali harus mengakui keunggulan dolar Amerika Serikat (AS) hari ini. Pada penutupan perdagangan Rabu (25/8/2021), kurs rupiah ditutup melemah terhadap dolar AS.

Mengutip Bloomberg, mata uang Garuda ditutup melemah tipis 5 poin atau 0,03 persen ke level Rp14.397 per dolar AS, dibandingkan penutupan pada hari sebelumnya yang berada di level Rp14.392.

Kurs rupiah sendiri dibuka melemah 13 poin persen ke level Rp14.405 per dolar AS pada pembukaan perdagangan Rabu pagi.

Baca Juga: Meski Dibuka Melemah, Rupiah Diprediksi Menguat Sore Ini

1. Nilai tukar rupiah berdasarkan kurs tengah BI

Rabu Sore, Rupiah Ditutup Melemah Tipis ke Level Rp14.397 per Dolar ASIDN Times/Hana Adi Perdana

Sementara itu, berdasarkan Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (JISDOR) Bank Indonesia (BI) pada Rabu (25/8/2021), nilai tukar rupiah tercatat sebesar Rp14.408 per dolar AS.

Angka ini lebih tinggi dari kurs rupiah pada Selasa (24/8/2021) yang ada di level Rp14.391 per dolar AS.

2. Faktor pendorong penguatan dolar AS

Rabu Sore, Rupiah Ditutup Melemah Tipis ke Level Rp14.397 per Dolar ASLogo perusahaan farmasi Pfizer (www.fiercebiotech.com)

Direktur PT TRFX Garuda Berjangka, Ibrahim Assuaibi menyatakan bahwa dolar AS telah mengalami penguatan yang mendekati level terendah dalam satu pekan ini.

Investor, kata Ibrahim, mulai berpaling dari aset safe-haven seiring dengan mulai meredanya kekhawatiran terhadap COVID-19 yang bisa mengaburkan prospek pemulihan ekonomi.

Hal itu tak terlepas dari sinyal positif terkait vaksin Pfizer yang mulai bisa digunakan di AS.

"Persetujuan penuh FDA AS terhadap vaksin COVID-19 Pfizer Inc./BioNTech SE awal pekan ini telah meningkatkan harapan bahwa tingkat inokulasi akan meningkat dan telah meningkatkan selera risiko global," ujar Ibrahim, dalam keterangan tertulis yang diterima IDN Times, Rabu sore.

3. Rupiah bakal fluktuatif esok hari

Rabu Sore, Rupiah Ditutup Melemah Tipis ke Level Rp14.397 per Dolar ASIlustrasi Kurs Rupiah. (IDN Times/Aditya Pratama)

Atas kondisi tersebut, Ibrahim memproyeksikan kurs rupiah masih akan terus mengalami fluktuasi pada esok hari, tetapi melemah tipis pada penutupan perdagangannya.

"Untuk perdagangan besok, mata uang rupiah kemungkinan dibuka berfluktuatif. Namun, ditutup melemah di rentang Rp14.380 - Rp14.420," ujar dia.

Baca Juga: 5 Kesalahan Utama yang Harus Dihindari Saat Investasi Emas 

Topik:

  • Hana Adi Perdana

Berita Terkini Lainnya