Comscore Tracker

Ekonomi RI Diramal ke Top 5 Dunia, Investasi BUMN Jadi Kunci Pemulihan

Diharapkan makin banyak BUMN melakukan kegiatan investasi

Jakarta, IDN Times - Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) saat ini menjadi fokus pemerintah, tak terkecuali dari Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Investasi-investasi yang dilakukan oleh BUMN pun disinyalir menjadi peluang awal untuk memulihkan ekonomi nasional dalam masa pandemik COVID-19.

Wakil Menteri BUMN Pahala Mansury menyatakan BUMN mengambil peran penting dalam upaya PEN terutama lewat program investasi yang dilakukan selama masa pandemik ini.

"Kita harapkan melalui berbagai kegiatan investasi proyek-proyek strategis nasional yang dilakukan oleh BUMN akan mendorong dan sebagai jump start kegiatan ekonomi di Indonesia," ujar Pahala dalam webinar yang diselenggarakan oleh Universitas Indonesia (UI), Kamis (4/3/2021).

1. Investasi Pertamina totalnya 10 miliar dolar AS

Ekonomi RI Diramal ke Top 5 Dunia, Investasi BUMN Jadi Kunci PemulihanKantor Pusat PT Pertamina (Persero) (IDN Times/Hana Adi Perdana)

Salah satu yang digarisbawahi oleh Pahala adalah investasi yang dilakukan oleh Pertamina pada tahun ini. Menurut Pahala, investasi oleh Pertamina bisa memicu kegiatan ekonomi di Indonesia kembali menggeliat kendati masih diserang pandemik COVID-19.

"Pertamina diharapkan tahun ini akan melakukan investasi total jumlah sebesar 10 miliar dolar AS. Kita berharap kegiatan ini tentu akan mendorong kegiatan ekonomi di Indonesia sehingga dengan adanya investasi yang cukup besar tersebut diharapkan ekonomi akan segera bergerak," jelasnya.

Selain Pertamina, Pahala juga berharap BUMN lainnya semisal PLN bisa terus melakukan kegiatan investasinya sepanjang tahun ini.

2. Bisnis model baru lewat holding EV battery

Ekonomi RI Diramal ke Top 5 Dunia, Investasi BUMN Jadi Kunci PemulihanPahala Mansury (ANTARA FOTO)

Di sisi lain, Pahala juga memaparkan, BUMN tengah terus mencari model bisnis baru selain investasi  agar bisa melakukan pengembangan kegiatan ekonomi. Salah satunya lewat pengembangan Indonesia Battery Corporation atau holding BUMN electrical vehicle (EV) battery nasional.

"Diharapkan bahwa Indonesia battery corporation ini akan melakukan investasi secara terintegrasi dari hulu hingga hilir sehingga Indonesia diharapkan betul-betul memiliki industri baterai yang terintegrasi," terang Pahala.

3. Indonesia diproyeksikan masuk top 5 perekonomian dunia

Ekonomi RI Diramal ke Top 5 Dunia, Investasi BUMN Jadi Kunci PemulihanMenteri BUMN Erick Thohir dan delegasi Indonesia di UEA, Instagram/@erickthohir

Tak heran jika kemudian Pahala menganggap industri EV battery atau baterai untuk mobil listrik ini sebagai masa depan perekonomian bagi Indonesia. "Kita harapkan bahwa industri baterai ini akan betul-betul menjadi masa depan khususnya di sektor energi baru dan terbarukan," katanya.

Hal tersebut penting mengingat Indonesia diproyeksikan masuk ke dalam jajaran lima besar negara dengan perekonomian terbesar di dunia pada 2040 mendatang.

Sebelumnya diberitakan bahwa Menteri BUMN Erick Thohir menyatakan bahwa beberapa perusahaan BUMN siap membentuk holding untuk perusahaan baterai mobil listrik nasional. Mereka adalah MIND ID atau Inalum melalui anak usahanya Antam, Pertamina, dan PLN. Menurut rencana, holding BUMN EV Battery ini akan segera lahir pada Juni 2021.

Baca Juga: Terungkap! Ini Nama Holding BUMN untuk Garap Baterai Mobil Listrik

Topic:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya