Comscore Tracker

Sandiaga Resmikan Creative Hub Samosir untuk Dongkrak Ekonomi Kreatif

Ekonomi kreatif perlu dibangkitkan pasca pandemik

Jakarta, IDN Times - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno meresmikan Creative Hub Samosir pada Selasa (22/3/2022). Hal itu dilakukan Sandiaga dalam rangka mewujudkan komitmen dan konsistensi membangkitkan ekonomi kreatif pascapandemik COVID-19.

Sandiaga menyatakan, Creative Hub Samosir yang berlokasi di Pantai Indah Situngkir, Kabupaten Simosir, Sumatra Utara ini merupakan wadah kreativitas bagi para pelaku ekonomi kreatif guna mengembangkan ide dan bisnis.

Tak hanya itu, Creative Hub Samosir juga ditujukan untuk membangun jejaring, berorganisasi, dan mempererat ikatan internal komunitas maupun antar komunitas di subsektor ekonomi kreatif.

"Creative Hub ini satu terobosan untuk kebangkitan nasional kita, membuka peluang usaha, dan lapangan kerja memastikan kehadiran program pemerintah yang tepat sasaran, tepat manfaat, dan tepat waktu. Bersama Pak Presiden Jokowi kita menata tatanan ekonomi baru pascapandemik dan kita harus segera bangkit" kata Sandiaga dalam keterangan resmi yang diterima IDN Times, Rabu (23/3/2022).

Baca Juga: Sejarah dan Seputar Batu Hobon di Samosir yang Penuh Misteri

1. Kegunaan lain dari Creative Hub Samosir

Sandiaga Resmikan Creative Hub Samosir untuk Dongkrak Ekonomi KreatifMenteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno. (dok. Diageo Indonesia)

Sandiaga menambahkan, Creative Hub Samosir seluas 460 meter persegi yang dibangun melalui mekanisme Bantuan Pemerintah (Banper) pada tahun 2021 itu dapat dimanfaatkan masyarakat.

Sejumlah fasilitas yang terdapat di Creative Hub Samosir diharapkannya dapat digunakan untuk pelatihan, workshop, diskusi, atau aktivitas lain yang dapat meningkatkan kreativitas dan keterampilan.

"Creative hub ini jangan sampai sepi karena ini milik rakyat dan dana dari pemerintah, sehingga harus dimanfaatkan sebaik-baiknya," ujar Sandiaga.

Baca Juga: Mengenal Tari Sigale-gale, Pengiring Upacara Kematian di Samosir

2. Gelaran Horas Samosir Fiesta

Sandiaga Resmikan Creative Hub Samosir untuk Dongkrak Ekonomi KreatifInstagram.com/canro.simarmata

Sejalan dengan peresmian Creative Hub Samosir, Sandiaga turut mengapresiasi Horas Samosir Fiesta yang digelar secara bersamaan. Horas Samosir Fiesta merupakan koloborasi dan sinergi antar stakeholders untuk memajukan daerah Samosir sebagai salah satu destinasi pariwisata super prioritas.

"Peluncuran Horas Samosir Fiesta ini diharapkan bisa membangkitkan semangat pelaku ekonomi kreatif di Samosir. Dengan menggagas event-event saya yakin membangkitkan ekonomi," tutur Sandiaga.

Baca Juga: Sandiaga Perluas Kebijakan Visa Kedatangan Jadi 42 Negara 

3. Danau Toba diharapkan bisa jadi venue event internasional seperti Mandalika

Sandiaga Resmikan Creative Hub Samosir untuk Dongkrak Ekonomi KreatifPanorama Pulau Samosir dilihat dari Toba dari The Kaldera Toba Nomadic Escape, Toba Samosir (IDN Times/Prayugo Utomo)

Dalam kesempatan tersebut Sandiaga juga mengungkapkan harapannya agar Danau Toba bisa menjadi venue event internasional seperti Mandalika.

"Kita akan hadirkan event-event internasional seperti Formula One di atas air. Kalau Mandalika punya MotoGP, mudah-mudahan tahun depan kita bisa hadirkan Formula One di atas air di Danau Toba," kata dia.

Topic:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya