Comscore Tracker

Sehari 'Gantikan' Erick Thohir Jadi Menteri BUMN, Ini Kegiatan Sharon

Sharon sempat memimpin rapat bersama Wakil Menteri BUMN

Jakarta, IDN Times - Sharon Florencia, dara berusia 24 tahun resmi 'menggantikan' Erick Thohir sebagai Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) terhitung sejak Kamis (30/9/2021) hingga Jumat (1/10/2021). Lantas, apa saja yang dilakukan Sharon selama mengemban tugas sebagai Menteri BUMN?

Ada beberapa kegiatan yang dilakukan Sharon selaku Menteri BUMN yang baru. Kegiatan-kegiatan tersebut masih mendapat pendampingan dari Erick Thohir.

"Luar biasa hari ini pengalamannya. Bagaimana tadi pagi menyaksikan penandatanganan MoU, memberi speech di sana, mengambil alih peran Pak Menteri, dan yang kedua tadi memimpin rapim bersama para wamen," ujar Sharon saat mengunjungi Telkomsel Smart Office, Jakarta.

Baca Juga: Mau Gantikan Erick Thohir? Lari Keliling Monas 10 Kali Dulu!

1. Erick ajarkan nilai-nilai kepemimpinan sebagai menteri

Sehari 'Gantikan' Erick Thohir Jadi Menteri BUMN, Ini Kegiatan SharonMenteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menyampaikan keterangan pers di Lobi Kementerian BUMN, Jakarta, Rabu (2/6/2021). (IDN Times/Ridwan Aji Pitoko)

Selain mendapatkan pendampingan dari Erick, Sharon juga mengakui bahwa mantan Ketua Tim Pemenangan Jokowi-Ma'ruf Amin tersebut mengajarkannya banyak nilai kepemimpinan.

Pengajaran kepemimpinan yang dilakukan Erick bukan hanya sekadar teori, melainkan juga praktiknya secara jelas.

"Betul-betul Pak Erick itu kalau mengajarkan ke kami bukan cuma memberi peran tapi benar-benar diajarkan betul bagaimana menjadi pemimpin yang benar-benar dapat memimpin tim dengan baik," tutur perempuan yang berasal dari Bekasi, Jawa Barat tersebut.

Baca Juga: Holding Ultra Mikro Dikritik, Erick Thohir: Banyak Pihak Pesimis

2. Alasan Erick memilih Sharon sebagai penggantinya

Sehari 'Gantikan' Erick Thohir Jadi Menteri BUMN, Ini Kegiatan SharonMenteri BUMN Erick Thohir saat memberikan sambutan dalam kampanye "Girls Take Over" di Kementerian BUMN, Jakarta, Senin (27/9/2021) - (IDN Times/Ridwan Aji Pitoko)

Erick turut mengungkapkan alasan di balik pemilihan Sharon sebagai penggantinya di kursi Menteri BUMN. Sekadar informasi, sebelumnya terdapat enam calon pengganti Menteri BUMN selama sehari dalam kampanye Girls Take Over BUMN 2021.

"Saya berpikir memang Sharon ini punya alpha female-nya. Jadi, biasanya kalau pemimpin perempuan itu ada alpha female-nya," ujar Erick.

Selain itu, alasan lain di balik terpilihnya Sharon sebagai Menteri BUMN selama satu hari karena statusnya sebagai lulusan cumlaude di Universitas Gajah Mada.

"Sharon juga merupakan lulusan terbaik di angkatannya dan waktu itu termuda lulusnya, dia waktu itu 20 tahun," ucap Erick.

3. Pesan Erick Thohir kepada Sharon

Sehari 'Gantikan' Erick Thohir Jadi Menteri BUMN, Ini Kegiatan SharonMenteri BUMN Erick Thohir bersama pengganti dirinya sebagai menteri selama sehari, Sharon Florencia (24), dalam Girls Take Over BUMN 2021. (dok. Kementerian BUMN)

Kendati memiliki insting sebagai alpha female, Erick berpesan kepada Sharon agar tidak memanfaatkan insting tersebut untuk ego pribadinya.

Seorang pemimpin, kata Erick, tidak boleh arogan walaupun dia memiliki keunggulan untuk memimpin.

"Kemudian yang saya tekankan ke Sharon jangan juga itu (alpha female) menjadi arogansi karena yes kamu punya alpha female-nya, tapi jangan arogan karena kesuksesan kamu adalah kesuksesan tim kamu, bukan sendiri," kata dia.

Baca Juga: Erick Thohir Sebut Mal Tertua RI Bakal Beroperasi Lagi Maret 2022

Topic:

  • Hana Adi Perdana

Berita Terkini Lainnya