Comscore Tracker

Tarik Ulur Realisasi Pembangunan Pabrik Baterai Mobil Listrik di RI

Waktu pembangunan pabrik terus berubah sejak Maret 2021

Jakarta, IDN Times - Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia lagi-lagi menyampaikan pernyataan terkait waktu peletakan batu pertama alias groundbreaking pabrik baterai mobil listrik di Indonesia oleh LG.

Hal tersebut disampaikan Bahlil dalam pembukaan sebuah webinar yang digelar 8 September silam.

Kepada peserta webinar, Bahlil memastikan bahwa LG bakal melakukan groundbreaking pabrik baterai mobil listrik pertama di Indonesia pada bulan ini.

Pernyataan Bahlil terkait groundbreaking pabrik baterai mobil listrik ini bukanlah yang pertama kali. Bahlil sebelumnya mengatakan LG akan melakukan groundbreaking pabrik baterai mobil listrik tersebut, tetapi sampai saat ini masih belum terealisasi.

Berikut ini beberapa pernyataan Bahlil lainnya mengenai waktu groundbreaking pabrik baterai mobil listrik LG di Indonesia.

Baca Juga: LG Siap Groundbreaking Pabrik Baterai Mobil Listrik di RI Akhir Maret

1. Pabrik baterai mobil listrik LG akan groundbreaking akhir Maret

Tarik Ulur Realisasi Pembangunan Pabrik Baterai Mobil Listrik di RIIDN Times/ Helmi Shemi

Ketika belum diangkat menjadi menteri investasi, Bahlil menyatakan bahwa perusahaan asal Korea Selatan tersebut bakal mulai membangun pabrik baterai mobil listrik pada akhir Maret 2021.

"LG yang investasi 9,8 miliar dolar AS itu mulai groundbreaking di bulan Maret akhir untuk 10 giga pertama," kata Bahlil dalam Rapat Kerja Kementerian Perdagangan, Kamis (4/3/2021).

Namun, pada bulan tersebut tidak ada informasi atau kabar lagi terkait pembangunan pabrik tersebut.

2. Pembangunan pabrik mundur ke Agustus

Tarik Ulur Realisasi Pembangunan Pabrik Baterai Mobil Listrik di RIKonferensi Pers Pendirian Indonesia Battery Corporation. (IDN Times/Indiana Malia)

Setelah dibentuknya holding untuk baterai mobil listrik Indonesia dengan nama Indonesia Battery Corporation (IBC), Bahlil kembali mengemukakan waktu groundbreaking pabrik baterai mobil listrik tersebut.

Dia memastikan bahwa Indonesia akan melakukan peletakan batu pertama pembangunan pabrik baterai mobil listrik PT Industri Baterai Indonesia atau IBC bulan depan.

Proyek yang dibangun bersama konsorsium asal Korea Selatan, LG, diharapkan menjadi awal dari upaya pemerintah yang serius mengembangkan mobil listrik.

"Insya Allah Agustus ini groundbreaking tahap pertama untuk pembangunan pabrik baterai mobil di Indonesia. Ini pertama kali di republik ini, bukan kacang goreng," kata Bahlil dalam konferensi pers, Selasa (27/7/2021).

Bulan Agustus pun kini sudah terlewati, tetapi masih belum ada geliat sesungguhnya dari IBC dan LG melakukan groundbreaking pabrik baterai mobil listrik tersebut.

Baca Juga: Pertamina dan 3 BUMN Keroyokan Garap Pabrik Baterai Mobil Listrik

3. Bahlil pede pabrik baterai mobil listrik mulai dibangun 15 September

Tarik Ulur Realisasi Pembangunan Pabrik Baterai Mobil Listrik di RIMenteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia (dok. Tangkapan Layar Youtube BKPM TV)

Setelah pada Agustus tidak ada realisasinya, Bahlil kembali mengungkapkan waktu groundbreaking pabrik baterai mobil listrik tersebut.

Dalam sebuah webinar, Bahlil memastikan bahwa peletakan batu pertama atau groundbreaking pembangunan pabrik baterai mobil listrik oleh LG bakal berlangsung Rabu, 15 September 2021.

"Tanggal 15 besok kita sudah mulai groundbreaking pembangunan pabrik LG yg kami teken di awal 2021 sebesar 9,8 miliar dolar AS. Jadi tanggal 15 besok sudah mulai," kata Bahlil, seperti dikutip IDN Times, Senin (13/9/2021).

Nah, menarik ditunggu apakah pernyataan Bahlil kali ini sungguhan atau justru harus tertunda lagi seperti pernyataan dia sebelumnya. Mari kita tunggu kebenarannya.

Baca Juga: Menteri Bahlil: Sirkuit Mandalika Berbeda dengan yang Lain di Dunia

Topic:

  • Hana Adi Perdana
  • Eddy Rusmanto

Berita Terkini Lainnya