Comscore Tracker

Tips Hemat saat Lebaran, Biar Gak Bangkrut!

Jangan sampai kamu 'bangkrut' setelah Lebaran!

Jakarta, IDN Times - Ramadan sebentar lagi berakhir dan itu menjadi pertanda bahwa hari raya Idul Fitri juga tidak lama lagi akan menyambut umat muslim di seluruh dunia. Tak terkecuali di Indonesia yang kerap menyebutnya sebagai Lebaran.

Lebaran identik dengan tradisi bermaaf-maafan, berkumpul bersama keluarga, dan bagi-bagi rezeki kepada sanak famili, dari yang tua dan sudah bekerja kepada anak dan keponakan yang masih kecil serta belum memiliki penghasilan sendiri.

Lebaran juga erat kaitannya dengan tradisi berbelanja suatu hal baru, seperti pakaian, sepatu, gawai, dan lain sebagainya. Maka tak heran jika kemudian perputaran uang selama Lebaran cenderung tinggi.

Oleh sebab itu, tak sedikit pula masyarakat yang mengalami 'kebangkrutan' ketika Lebaran usai lantaran tidak bisa mengatur perputaran uangnya dengan baik.

Uang dari tunjangan hari raya (THR) dan gaji bulanan pun ludes dalam waktu singkat sehingga menyulitkan hidup ketika Lebaran selesai.

Agar kamu tidak mengalami hal tersebut, maka sebaiknya kamu menyimak tips hemat saat Lebaran yang telah dirangkum IDN Times seperti berikut ini.

Baca Juga: Ini 5 Cara Aman Menukarkan Uang ke Pecahan Receh Jelang Lebaran! 

1. Buat rencana anggaran untuk Lebaran

Tips Hemat saat Lebaran, Biar Gak Bangkrut!Ilustrasi. Membuat anggaran. google

Tips hemat saat Lebaran yang pertama adalah membuat rencana anggaran. Rencana anggaran ini menjadi penting agar kamu dapat mengetahui pos-pos pengeluaran apa saja yang harus kamu buat.

Dalam membuat rencana anggaran, kamu bisa menggunakan sumber dari THR dan gaji bulanan yang kamu miliki. Berangkat dari sana, kamu bisa memperkirakan segala macam biaya yang akan kamu keluarkan ketika Lebaran tiba.

Apakah itu biaya untuk bagi-bagi THR ke tetangga dan keponakan, biaya transportasi berkunjung ke rumah saudara, pengeluaran untuk sedekah dan atau zakat, biaya untuk jajan, dan sebagainya.

Intinya, dengan membuat rencana anggaran kamu bisa mengetahui besaran dan untuk apa pengeluaran yang kamu buat ketika Lebaran datang.

2. Jangan tergoda dengan banyaknya diskon

Tips Hemat saat Lebaran, Biar Gak Bangkrut!IDN Times/Indiana Malia

Selain identik dengan tradisi berkumpul bersama keluarga dan bermaaf-maafan, Lebaran juga menjadi momen bagi banyak merek mengeluarkan diskon untuk produk-prdouk yang dijualnya.

Maka dari itu, tips hemat saat Lebaran yang kedua adalah jangan tergoda dengan banyaknya diskon. Godaan itu tentunya cukup masif mengingat kini marketplace atau e-commerce mulai menjamur dan memberikan banyak promo serta diskon.

Diskon itu bahkan sudah muncul sebelum Lebaran benar-benar tiba atau ketika masih berada di bulan Ramadan. Alih-alih tergoda banyak diskon, kamu harus memanfaatkan diskon tersebut untuk membeli barang-barang yang kamu butuhkan, bukan hanya sekadar lapar mata dan memenuhi keinginan kamu saja.

Yuk, bijak menghadapi diskon saat Lebaran agar keuangan tetap aman di masa depan!

Baca Juga: 4 Tips Mengelola Keuangan selama Bulan Puasa

3. Jangan sering ke mal dan cek toko online

Tips Hemat saat Lebaran, Biar Gak Bangkrut!Ilustrasi Mal di Jakarta (IDN Times/Besse Fadhilah)

Mal menjadi salah satu lokasi yang kerap dikunjungi masyarakat ketika Lebaran tiba selain tempat wisata atau rumah sanak saudara. Banjir diskon hampir di semua produk yang ada di sana menjadi daya tarik bagi masyarakat sehingga mereka tak segan mengeluarkan banyak uang untuk itu.

Selain mal, kini masyarakat juga dapat dengan mudah mengakses toko online atau e-commerce dari rumah lewat gawai masing-masing. Ragam promo dan diskon pun kerap dihadirkan di sana. Dari awalnya hanya melihat-lihat untuk mengisi waktu luang justru malah keterusan dengan membeli barang atau produk di toko online tersebut.

Ini yang kemudian berkaitan dengan tips hemat saat Lebaran berikutnya. Kamu sebaiknya jangan terlalu banyak pergi ke mal dan atau mengakses toko online, sebab terkadang godaan untuk berbelanja datang tiba-tiba dan menambah pengeluaran yang seharusnya tidak dikeluarkan.

Nah, itu dia beberapa tips hemat saat Lebaran yang bisa kamu praktikkan supaya keuangan kamu tidak boncos pasca-Idul Fitri nanti. Selamat Lebaran ya!

Baca Juga: Hobi Borong Kue Lebaran? Catat 5 Cara Ini Biar Tetap Hemat

Topic:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya