Comscore Tracker

Tips Investasi Buat Karyawan dengan Gaji Pas-Pasan, Patut Dicoba Nih!

Jangan gundah karena kamu tetap bisa investasi!

Jakarta, IDN Times - Sebagai karyawan dengan gaji pas-pasan, kamu tentu ingin tetap bisa melakukan investasi. Namun, keterbatasan uang membuat kamu selalu sulit untuk berinvestasi.

Kendati begitu, jangan gundah, jangan gulana sebab kamu sebagai karyawan masih bisa melakukan investasi meskipun pendapatan atau penghasilanmu pas-pasan.

Berikut ini tips mengatur keuangan bagi karyawan untuk bisa tetap berinvestasi seperti dikutip IDN Times dari finansialku.com.

Baca Juga: 4 Keuntungan Menabung sejak Dini, Biar Gak Nyesel yuk!

1. Memisahkan sebagian pendapatan

Tips Investasi Buat Karyawan dengan Gaji Pas-Pasan, Patut Dicoba Nih!Ilustrasi Menabung. (IDN Times/Aditya Pratama)

Gaji atau pendapatan kamu boleh minim, tetapi kamu masih tetap bisa berinvestasi dengan cara memisahkan sebagian pendapatanmu.

Kamu bisa dengan mengalokasikan pendapatan kamu menggunakan presentase, misalnya 10 persen hingga 20 persen untuk investasi.

Jika kamu memiliki gaji Rp3,5 juta setiap bulan, maka kamu bisa mengalokasikan Rp350 ribu untuk berinvestasi. Pun jika kamu mempunyai gaji Rp5 juta per bulan, maka uang yang kamu alokasikan untuk investasi sebesar Rp500 ribu.

Kamu bisa menggunakan uang tersebut untuk membeli emas atau melakukan investasi reksa dana dengan modal tersebut.

2. Menyusun perencanaan keuangan

Tips Investasi Buat Karyawan dengan Gaji Pas-Pasan, Patut Dicoba Nih!Ilustrasi anggaran (IDN Times/Mela Hapsari)

Membuat atau menyusun rincian anggaran adalah salah satu cara lumayan efektif untuk membuat kamu berhemat. Cara tersebut juga krusial bagi kamu yang memiliki gaji kecil.

Kamu bisa dengan memulai membuat kategori pengeluaran seperti cicilan tagihan, biaya pemenuhan kebutuhan sehari-hari seperti biaya air dan listrik.

Setelah kamu membagi anggaran pengeluaranmu, kamu dapat melihat anggaran tersebut kembali dan kemudian mengurangi hal-hal yang dapat dihemat.

Selain anggaran bulanan, kamu dapat menyusun rencana keuangan untuk masa depan misalnya untuk tujuan pendidikan anak, membeli rumah, menikah hingga untuk dana pensiun.

Dengan begitu, kamu dapat mengontrol pengeluaran hingga selalu di bawah pendapatanmu. Kamu pun bisa memiliki dana lebih untuk digunakan investasi.

Baca Juga: Ciri-Ciri Investasi Bodong, Kenali biar Kamu Gak Ketipu! 

3. Hidup dengan sederhana

Tips Investasi Buat Karyawan dengan Gaji Pas-Pasan, Patut Dicoba Nih!Pixabay/JillWellington

Jika kamu memiliki pendapatan pas-pasan dan ingin bisa berinvestasi, maka kamu harus menekan gaya hidupmu.

Kamu tidak perlu gengsi jika tidak mengikuti tren kekininan. Dengan begitu, kamu tidak akan boros dan kamu dapat hidup hemat.

Kamu sebaiknya perlu menerapkan pola hidup sederhana dari hal-hal kecil seperti transportasi dengan naik kendaraan umum atau membawa bekal atau mengurangi waktu nongkrong.

4. Mencari penghasilan tambahan

Tips Investasi Buat Karyawan dengan Gaji Pas-Pasan, Patut Dicoba Nih!Pexels.com/Artem Beliaikin

Untuk bisa mendapatkan modal investasi dengan gaji pas-pasan, kamu bisa mencoba menambah penghasilan kamu. Caranya dengan mencari penghasilan tambahan melalui pekerjaan sampingan.

Pekerjaan sampingan tersebut bisa sesuai dengan hal yang menjadi hobi alias kegemaranmu. Maka dari itu, kamu tidak akan merasa beban menjalankan pekerjaan sampingan tersebut.

Selain bahagia, kamu bisa mendapatkan penghasilan tambahan untuk bisa berinvestasi.

Baca Juga: 5 Tips Suskses Investasi bagi Kamu Pekerja Freelance

Topic:

  • Hana Adi Perdana

Berita Terkini Lainnya