Comscore Tracker

UOB Rilis Reksa Dana Eksklusif di Pluang, Investasi Mulai Rp15 Ribu

Dua jenis produk reksa dana baru dirilis oleh UOB

Jakarta, IDN Times - UOB Asset Management Indonesia (UOBAMI) menjalin kerja sama dengan salah satu platform digital di sektor keuangan, Pluang guna meluncurkan produk reksa dana pasar uang dan reksa dana pendapatan tetap terbaru mereka.

Dua produk investasi terbaru UOBAMI itu adalah UOB Asset Management Dana Rupiah (UDARU) dan UOB Asset Management Dana Membangun Negeri (UDARI). Kerja sama dengan Pluang merupakan langkah UOBAMI untuk memperluas sarana investasi bagi para millennial.

"Kami mendorong investasi kepada investor millennial yang memiliki literasi tinggi. Produk reksa dana ini UDARU dan UDARI ditawarkan eksklusif di Pluang dan menjadi wujud nyata UOB Asset Management Indonesia dan Pluang dalam rangka mempromosikan inklusi keuangan," ujar CEO UOB Asset Management Indonesia, Ari Adil, dalam konferensi pers virtual yang digelar Rabu (16/6/2021).

1. Apa sih UDARU dan UDARI itu?

UOB Rilis Reksa Dana Eksklusif di Pluang, Investasi Mulai Rp15 RibuIlustrasi investasi (IDN Times/Sukma Shakti)

CMO UOBAMI, Alvin Jufitrick menjelaskan bahwa UDARU merupakan jenis reksa dana pasar uang dengan kebijakan investasi. Oleh karena itu, 100 persen dana investasi dalam produk UDARU akan diinvestasikan ke instrumen pasar uang.

Dana UDARU bisa diinvestasikan ke deposito dan atau obligasi dengan jangka waktu tidak lebih dari setahun dan merupakan instrumen yang cenderung konservatif dan likuid.

"Potensi imbal hasil lebih tinggi dari suku bunga deposito dan dengan nilai investasi yang kecil, bisa mendapatkan portofolio yang terdiversifikasi," kata Alvin.

Sementara itu UDARI adalah dana untuk membangun negeri berupa reksa dana pendapatan tetap yang kebijakan investasinya 80 hingga 100 persen di obligasi dan kemudian 20 persen sisanya di pasar uang.

"Investasi menengah sampai jangka panjang. Fokus di obligasi-obligasi yang membangun negeri, makanya di obligasi BUMN atau pemerintah yang berkontribusi baik terhadap pembangunan di Indonesia," ungkap Alvin.

Baca Juga: Awal Tahun Coba Investasi Baru? Pelajari yuk Cara Cuan di Reksa Dana! 

2. Investasi reksa dana mulai Rp15 ribu

UOB Rilis Reksa Dana Eksklusif di Pluang, Investasi Mulai Rp15 RibuIlustrasi Investasi (IDN Times/Arief Rahmat)

Kerja sama yang dijalin antara UOBAMI dan Pluang membuat UDARI dan UDARU bisa didapatkan dengan murah dan mudah oleh para investor, terutama dari kalangan millennial yang memang menjadi salah satu target pasar keduanya.

Pasalnya, investor tak perlu merogoh kocek dalam-dalam untuk mulai berinvestasi pada dua produk reksa dana milik UOBAMI tersebut.

"Kedua produk ini memberikan berbagai manfaat bagi nasabah, termasuk imbal hasil yang kompetitif, bisa mulai dengan nominal Rp15 ribu," kata Co-Founder Pluang, Claudia Kolonas.

3. UDARU dan UDARI ditargetkan untuk para investor millennial

UOB Rilis Reksa Dana Eksklusif di Pluang, Investasi Mulai Rp15 Ribuunsplash/austindistel

Kehadiran UDARU dan UDARI secara eksklusif di platform Pluang merupakan upaya bagi UOBAMI untuk semakin menambah pilihan investasi reksa dana yang saat ini digandrungi millennial dan Gen Z.

"Dengan adanya kerja sama antara kami dengan platform digital seperti Pluang merupakan sebuah permulaan yang bagus untuk menjaring segmentasi millennial yang terbukti menjadi investor reksa dana dengan pertumbuhan paling siginifikan pada 2020," kata Ari.

Data dari Asosiasi Manajer Investasi Indonesia (AMII) menunjukkan, mereka yang berusia di bawah 30 tahun, menguasai 54,9 persen dari total jumlah investor reksa dana selama 2020. Angka itu naik dibandingkan periode 2019 yang hanya 44,7 persen.

Sementara untuk kelompok investor usia 31-40 tahun justru menurun dari 24,4 persen pada 2019 menjadi 22,5 persen selama 2020.

"Berikutnya untuk usia 41-50 tahun turun dari 16,4 persen jadi 11,9 persen, serta usia 51-60 tahun menyusut dari 9,6 persen jadi tinggal 6,5 persen," papar Ketua AMII, Afifa dalam keterangan tertulis, Rabu (2/6/2021).

Afifa mengatakan naiknya investor millennial disebabkan likuiditas yang berlebih karena adanya pembatasan aktivitas konsumtif seperti hangout di kafe ataupun traveling. Dengan dana melimpah dan berbekal nyali khas anak muda, para milenial berani mencoba hal baru, salah satunya investasi.

"Untuk para investor pemula, sejatinya instrumen investasi reksa dana adalah tempat kick-start yang tepat untuk berinvestasi. Terlebih kini dengan beragam fitur keren dalam platform digital, justru semakin memudahkan dan lebih mendisiplinkan nasabah milenial untuk rutin berinvestasi," paparnya.

Baca Juga: 5 Alasan Investasi Reksa Dana Paling Pas untuk Pemula, Dijamin Cuan! 

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya