Comscore Tracker

Usai IPO, Klinko Mau Ekspor Alat Kebersihan ke Eropa Timur

Klinko resmi jadi perusahaan publik 

Jakarta, IDN Times - PT Klinko Karya Imaji Tbk (KLIN) berencana memperluas ekspor produknya pascaresmi menjadi perusahaan publik. Saat ini, produk kebersihan yang dibuat KLIN telah diekspor ke tujuh negara.

Direktur Utama Klinko, Anggun Supanji mengungkapkan, Amerika Serikat (AS) jadi salah satu negara yang bakal jadi target perluasan ekspor produk-produk KLIN.

"Kami ada rencana ekspor di pasar Amerika Serikat dan juga di benua dan negara baru bagi kami. Gak menutup kemungkinan negara-negara di Eropa Timur," ujar Anggun dalam konferensi pers di Jakarta, Selasa (9/8/2022).

Baca Juga: Resmi IPO, Klinko Karya Imaji Targetkan Perluas Jaringan Ekspor

1. Penyebab perluasan ekspor KLIN

Usai IPO, Klinko Mau Ekspor Alat Kebersihan ke Eropa Timurilustrasi pembuatan alat kebersihan rumah (dok. Klinko)

Perluasan ekspor tersebut tidak terlepas dari riset internal yang dilakukan oleh KLIN. Menurut Anggun, negara-negara di Eropa Timur membutuhkan alat maupun produk kebersihan yang ramah lingkungan. Hal itu sejalan dengan bisnis KLIN yang memproduksi alat kebersihan dengan bahan-bahan ramah lingkungan.

"Menurut riset, negara Eropa Timur membutuhkan alat kebersihan yang ramah lingkungan. Produk yang nanti kita ekspor ke Eropa atau mereka impor itu harus punya kandungan recycle material, mungkin dari plastik, mungkin dari material," tutur Anggun.

Baca Juga: Ekonomi RI Tumbuh 5,44 Persen, Zulhas: Ditopang Ekspor

2. Skema private label

Usai IPO, Klinko Mau Ekspor Alat Kebersihan ke Eropa Timurilustrasi pembuatan alat kebersihan rumah (dok. Klinko)

Untuk ekspor, Anggun menjelaskan bahwa pihaknya menggunakan skema private label. Dengan skema tersebut, KLIN akan memenuhi kebutuhan setiap negara berdasarkan permintaan. Oleh karena itu, produk-produk yang diekspor KLIN akan berbeda antara satu dan lainnya.

"Jadi, brand dari mereka, menggunakan packaging juga dari mereka dan spesifikasinya kemudian dilempar dan diproduksi di tempat kita sehingga margin akan cukup stabil karena alat kebersihan ini dibutuhkan berkelanjutan. Di pasar ekspor akan repeat order. Spesifikasi pun dari mereka karena tiap negara punya standar dan spesifikasi berbeda dari segi ukuran, berat, tebal tipis, dan daya serap air serta lainnya," papar Anggun.

Baca Juga: Jadi Produsen Garbarata Satu-satunya di RI, Bukaka Ekspor ke 14 Negara

3. KLIN resmi IPO hari ini

Usai IPO, Klinko Mau Ekspor Alat Kebersihan ke Eropa TimurPT Klinko Karya Imaji Tbk (KLIN) resmi IPO hari ini atau Selasa (9/8/2022). (IDN Times/Ridwan Aji Pitoko)

Sebelumnya diberitakan, KLIN resmi mencatatkan saham perdananya atau Initial Public Offering (IPO) di Bursa Efek Indonesia (BEI), Selasa (9/8/2022). Klinko Karya Imaji jadi emiten ke-40 yang tercatat di BEI sepanjang tahun ini.

KLIN membuka penawaran pada harga Rp100 per saham dan melepas 230 juta lembar atau 17,59 persen dari modal ditempatkan. Dengan demikian, KLIN berhasil meraup pendanaan hingga Rp23 miliar dari IPO tersebut. Selain itu, selama masa penawaran umum saham, KLIN mencatatkan kelebihan pemesanan alias oversubscribe sebanyak 2,1 kali.

"Kami sangat bersyukur dan berterima kasih pada kepercayaan investor Indonesia untuk Klinko. Hari ini perusahaan kami mencapai milestone baru dan sangat penting untuk merealisasikan rencana-rencana strategis kami," ujar Anggun.

Topic:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya