Comscore Tracker

Zulhas Klaim Stok Minyak Goreng Curah Rp14 Ribu Melimpah di Pasar

Zulhas: migor curah mudah didapatkan karena ada stock point

Jakarta, IDN Times - Menteri Perdagangan (Mendag), Zulkifli Hasan mengklaim stok minyak goreng seharga Rp14 ribu per liter melimpah di pasar-pasar yang ada di Jakarta dan Jawa Barat.

Melimpahnya stok minyak goreng itu, menurutnya, tak terlepas dari kehadiran stock point minyak goreng di beberapa pasar tradisional.

"Di Jawa Barat dan di Jakarta saya sudah datangi pasar banyak di mana-mana minyak goreng belum dua minggu Rp14 ribu ada barangnya. Kalau (yang) kiloan Rp15.500," kata Zulkifli dalam keterangan resmi yang diperoleh IDN Times, Sabtu (25/6/2022).

Baca Juga: Zulhas: Migor Curah Kemasan Sederhana Bakal Dijual di Supermarket

1. Stock point minyak goreng curah mudahkan pembelian minyak goreng

Zulhas Klaim Stok Minyak Goreng Curah Rp14 Ribu Melimpah di PasarIlustrasi pedagang minyak goreng curah. (IDN Times/Adeng Bustomi)

Pria yang biasa disapa Zulhas tersebut menyampaikan, keberadaan stock point minyak goreng curah rakyat (MGCR) memudahkan masyarakat dalam membeli minyak goreng curah tersebut. Keberadaan stock point MGCR tersebut disedakan dalam bentuk toren atau tangki untuk pedagang dan juga konsumen.

"Ada contohnya ini penampung (toren) kalau di pasar orang tinggal datang dan ngambil,” ucap Zulhas.

Baca Juga: Beli Migor Curah Rp14 Ribu Pakai PeduliLindungi, Maksimal 10 Kg/hari

2. Stock point MGCR hasil kerja sama ID FOOD dan Pasar Jaya

Zulhas Klaim Stok Minyak Goreng Curah Rp14 Ribu Melimpah di Pasarilustrasi Minyak Goreng Curah Rakyat (MGCR). (IDN Times/Vadhia Lidyana)

Adapun stock point MGCR yang ada di pasar-pasar tradisional merupakan hasil kerja sama antara Holding BUMN Pangan atau ID Food dengan Pasar Jaya. Salah satu stock point MGCR tersebut ada di Pasar Kramat Jati. Zulhas pun memastikan stok minyak goreng di sana aman dan terkendali.

"Di Pasar Kramat Jati hampir tiap toko ada yang Rp14 ribu," kata dia.

Baca Juga: Mulai Bulan Depan, Beli Migor Curah Rp14.000 Pakai PeduliLindungi 

3. Zulhas targetkan harga minyak goreng curah stabil dalam dua pekan

Zulhas Klaim Stok Minyak Goreng Curah Rp14 Ribu Melimpah di PasarMenteri Perdagangan Zulkifli Hasan perdana turun ke pasar pada Kamis (16/6/2022). (IDN Times/Hafit Yudi Suprobo)

Sebelumnya diberitakan, Zulhas menargetkan harga minyak goreng curah akan stabil di level Rp14 ribu per liter dalam dua minggu ke depan. Menurut dia, selama ini tak terjadi lagi antrean panjang saat membeli minyak. Sebab, pasokan minyak goreng curah, khususnya yang termasuk dalam program MGCR tersedia.

"Saya meyakini 2 minggu ini akan stabil, walaupun target saya 1 bulan. Tapi 2 minggu ini gak akan ada lagi yang ribut minyak, karena sudah ada, bahkan sudah lebih stoknya, paling tidak Jawa, Bali, dan Sumatra," kata Zulhas saat berkunjung ke Pasar Klender, Jakarta, Rabu (22/6/2022).

Topic:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya