Comscore Tracker

Biaya Peluang: Pengertian, Ciri dan Fungsinya

Penjelasan apa itu biaya peluang

Kamu pasti pernah berada diposisi memiliki uang sebesar Rp.50.000 dan dihadapi dengan dua pilihan, yaitu antara membeli pulsa atau membeli jajanan. Jika kamu memilih membeli pulsa, maka kamu akan kehilangan peluang membeli jajanan, begitu juga sebaliknya.

Kondisi tersebut menunjukan bahwa kamu memiliki biaya peluang dengan dihadapkan dua pilihan tersebut. Apa itu biaya peluang atau opportunity cost?

Simak ulasan ini lebih lanjut mengenai apa itu biaya peluang seputar definisi, ciri-ciri, fungsi, contoh, manfaat, dan cara menghitungnya.

Baca Juga: PKB Buka Peluang Duet Prabowo-Cak Imin, Begini Respons PPP   

1. Definisi biaya peluang

Biaya Peluang: Pengertian, Ciri dan Fungsinyaunsplash.com/manny PANTOJA

Terdapat dua ahli yang memaparkan definisi terkait biaya peluang. Pertama, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) memaparkan definisi dari biaya peluang yaitu pendapatan yang dapat diperoleh melalui pemilihan alternatif penanaman dana daripada yang telah dipertimbangkan.

Biaya tersebut dapat timbul ketika terdapat sumber dana yang telah hilang karena memilih biaya alternatif lain yang dianggap lebih dibutuhkan. Misalnya, seperti penanaman pada obligasi dianggap lebih menarik daripada deposito.

Sedangkan definisi yang kedua, yaitu berasal dari Wikipedia. Menurut Wikipedia, biaya peluang adalah sejumlah biaya yang dikeluarkan oleh seseorang atau perusahaan untuk memilih satu kegiatan yang diinginkan.

Biaya peluang sangat berbeda dengan biaya sehari-hari, karena kemunculan dari biaya peluang hanya saat adanya kegiatan alternatif yang tidak dapat kamu lakukan.

2. Ciri-ciri biaya peluang

Biaya Peluang: Pengertian, Ciri dan Fungsinyapixels/bongkarn-thanyakij

Setelah mengetahui definisi dari biaya peluang, terdapat beberapa ciri-ciri biaya peluang yang perlu kamu ketahui dan pahami, yaitu:

  • Dalam melakukan perhitungan dari biaya peluang, tidak selalu berbentuk uang. Namun, bisa saja berupa waktu, keuntungan, kesenangan yang dapat diperoleh oleh seseorang di masa depan.
  • Terdapat banyak kemungkinan dalam menggunakan biaya peluang.
  • Dalam mengambil keputusan terkait biaya peluang akan bergantung pada situasi dari setiap perusahaan atau individu.
  • Biaya peluang biasanya termasuk pada kebutuhan sekunder atau tersier.

3. Fungsi biaya peluang

Biaya Peluang: Pengertian, Ciri dan Fungsinyaunsplash.com/@louishansel

Berikut ini terdapat beberapa fungsi biaya peluang secara umum, yaitu:

  • Dapat membantu dalam melakukan perhitungan biaya modal usaha. 
    Jika kamu melakukan pertimbangan biaya peluang, maka dalam membangun bisnis kamu dalam menentukan besaran modal dan membantu dalam perencanaan bisnis yang lebih matang pada bisnis kamu.
  • Dengan mempertimbangankan biaya peluang, kamu dapat mengetahui mana prioritas yang harus diutamakan. Menentukan prioritas sangat penting dalam berbisnis, agar terhindar dari prioritas yang membawa kerugian.
  • Membantu dalam menghemat kas bisnis, karena dengan menerapkan teori biaya peluang, kamu dapat lebih menghemat pengeluaran kas bisnis dan fokus pada hal yang lebih penting.
  • Biaya peluang dapat mencari alternatif yang terbaik bagi bisnis kamu.

Baca Juga: KPK Buka Peluang Kerja Sama dengan Novel Baswedan Cs Berantas Korupsi

4. Contoh biaya peluang

Biaya Peluang: Pengertian, Ciri dan FungsinyaIlustrasi mencatat (Pexels/Burst)

Jika kamu masih belum terlalu memahami konsep dari biaya peluang, terdapat contoh dari biaya peluang yang dapat lebih memahami. Misalnya, terdapat perusahaan QWERTY yang mempunyai aset perusahaan yaitu sumber daya bangunan.

Namun, perusahaan QWERTY menghadapi dua pilihan, yaitu antara bangunan tersebut disewakan atau bangunan dijadikan tempat untuk kegiatan operasional khusus perusahaan. Jika perusahaan memilih untuk disewakan, maka biaya sewa sebesar Rp.500.000.000 per tahun.

Dengan begitu, perusahaan akan mendapatkan keuntungan dari biaya sewa tersebut. Tetapi, perusahaan akan kehilangan peluang untuk menggunakan bangunan sebagai tempat pelaksanaan kegiatan operasional perusahaan.

5. Manfaat biaya peluang

Biaya Peluang: Pengertian, Ciri dan Fungsinyapexels.com/Andrea Piacquadio

Dalam menggunakan pertimbangan biaya peluang pada usaha bisnis kamu, terdapat beberapa manfaat yang dapat dirasakan. Berikut ini terdapat beberapa manfaat biaya peluang yang harus kamu ketahui, yaitu:

  • Memberikan peluang untuk kamu dalam membuka kesempatan melakukan suatu usaha dengan minim risiko
  • Dapat membantu kamu dalam menghitung modal bisnis pribadi
  • Biaya peluang memudahkan kamu dalam menentukan prioritas
  • Membantu dalam menghemat biaya pengeluaran usaha

6. Cara menghitung biaya peluang

Biaya Peluang: Pengertian, Ciri dan Fungsinyaunsplash.com/Luca Laurence

Untuk menghitung biaya peluang, kamu dapat analogikan bahwa kamu berada dalam situasi yang sedang mengalami kelangkaan akan sesuatu dan dihadapkan dengan berbagai macam pilihan. Hal tersebut menimbulkan biaya alternatif yang harus kamu pilih.

Setelah itu, terciptalah dua hal yang dapat kamu lakukan dengan cara menghitung biaya alternatif, antara lain:

  • Jika kamu menghadapi dua pilihan, maka hal tersebut terhitung sebagai nilai peluang yang dikorbankan atau hal yang tidak dipilih.
  • Jika kamu dihadapkan dengan lebih dari dua pilihan, maka hal tersebut akan terhitung sebagai nilai peluang terbaik yang harus dikorbankan oleh kamu

Biaya peluang akan selalu memberikan keuntungan, tetapi jika dilihat dari segi biaya, maka akan timbul pilihan biaya atau beban terendah yang disebut sebagai biaya alternatif. Namun, jika dilihat dari segi produksi, maka akan dipilih bagian sektor yang menghasilkan lebih banyak produk.

Baca Juga: 5 Alasan Mengapa Konsisten Itu Penting, Peluang Sukses Makin Terbuka!

Itulah ulasan mengenai biaya peluang yang sering terjadi saat kamu memiliki bisnis dan memberikan manfaat dalam mengambil keputusan yang terdapat keuntungan. Bagaimana menurut kamu tentang biaya peluang?

Topic:

  • Rinda Faradilla
  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya