Comscore Tracker

Ekstensi Kredit: Pengertian dan Kebijakannya

Penjelasan apa itu ekstensi kredit

Istilah ekstensi kredit mungkin terdengar sangat asing bagi masyarakat awam namun tentunya hal ini sangat familiar bagi mereka yang bekerja di bidang perbankan. Istilah ini memang merupakan bagian dari perbankan yang tentunya memiliki arti tersendiri.

Ekstensi kredit atau extended credit pada dasarnya menggambarkan suatu perpanjangan waktu yang diberikan pada debitur untuk mengatasi kesulitan likuiditas yang mungkin terjadi. Untuk lebih jelasnya tak ada salahnya bila kamu menyimak langsung beberapa penjelasan mengenai apa itu ekstensi kredit yang akan dipaparkan berikut ini.

Baca Juga: Bukan Kartu Kredit, Paylater Jadi Metode Pembayaran Populer

1. Arti istilah ekstensi kredit

Ekstensi Kredit: Pengertian dan Kebijakannyapexels.com/Negative Space

Seperti yang telah digambarkan sebelumnya, ekstensi kredit merupakan perpanjangan jangka waktu kredit yang diberikan pada pihak debitur dalam mengatasi kesulitan likuiditas. Dalam hal ini, debitur merupakan pihak yang memperoleh fasilitas kredit tepatnya dari lembaga bank dan sudah seharusnya memenuhi kewajiban untuk membayar pinjamannya tersebut.

Namun dengan adanya ekstensi kredit maka batas waktu peminjaman uang oleh debitur mengalami perpanjangan atau extension. Dengan demikian, tentu saja ini membantu debitur supaya dapat lebih leluasa membayarkan kreditnya.

2. Pelaku ekstensi kredit

Ekstensi Kredit: Pengertian dan KebijakannyaUnsplash.com/rawpixel

Perpanjangan batas waktu peminjaman uang tepatnya oleh debitur atau yang biasa disebut dengan istilah ekstensi kredit ini dilakukan oleh pihak perusahaan yang menyediakan barang atau jasa tertentu. Tentunya ekstensi kredit ini sendiri menjadi suatu fasilitas yang diberikan oleh pihak perusahaan agar nantinya transaksi pembelian barang atau jasa bisa terus berjalan. 

Jadi, fasilitas yang diberikan oleh perusahaan pada debitur ini dinilai penting bagi perusahaan penyedia barang atau jasa dalam rangka mempertahankan kelangsungan bisnis. 

Baca Juga: Mengenal Gesek Tunai Kartu Kredit dan Mengapa Dilarang BI

3. Ekstensi kredit meningkatkan penjualan

Ekstensi Kredit: Pengertian dan Kebijakannyapixabay.com

Suatu perpanjangan batas waktu dari peminjaman uang sebenarnya bisa memberikan beberapa keuntungan bagi pihak perusahaan yang memberikan fasilitas ini. Salah satu keuntungan yang bisa didapatnya dari pemberian fasilitas ini yaitu adanya peningkatan transaksi penjualan. 

Jika konsumen diberikan perpanjangan waktu untuk menjalankan likuiditasnya, konsumen akan berpeluang untuk melakukan pembelian barang atau jasa yang baru. Hal inilah yang membuat penjualan mengalami peningkatan yang pada akhirnya juga bisa meningkatkan pendapatan perusahaan. 

4. Ekstensi kredit meningkatkan loyalitas konsumen

Ekstensi Kredit: Pengertian dan Kebijakannyaunplash.com

Manfaat yang diperoleh dari adanya fasilitas ekstensi kredit oleh perusahaan kepada debitur rupanya tidak hanya bermanfaat untuk meningkatkan penjualan saja. Secara lebih lanjut, rupanya fasilitas ini juga bermanfaat dalam meningkatkan loyalitas konsumen

Adanya fasilitas ini belum tentu ada pada perusahaan lain sehingga konsumen yang merasa dipermudah akan menerima fasilitas ini dengan senang hati. Hal inilah yang kemudian membuat konsumen untuk terus melakukan transaksi pembelian di perusahaan ini. 

5. Kebijakan ekstensi kredit

Ekstensi Kredit: Pengertian dan Kebijakannyahttps://www.finansialku.com

Segala sesuatu yang berjalan dan berlangsung di dunia perbankan, termasuk segala fasilitas yang diberikan oleh pihak perusahaan, sudah tentu berjalan di atas sebuah kebijkan yang mendasarinya. Demikian pula dengan ekstensi kredit yang juga sudah tentu berjalan dengan didasari adanya suatu kebijakan tertentu.

Dalam hal ekstensi kredit ruapanya kebijakan perpanjangan waktu untuk debitur dalam memenuhi likuiditasnya dilakukan secara tidak sembarangan. Namun hal ini haruslah berjalan sesuai dengan beberapa syarat dan ketentuan yang harus dipertimbangkan terlebih dahulu. 

6. Analisis kredit calon debitur

Ekstensi Kredit: Pengertian dan Kebijakannyapexels.com/fauxels

Setiap debitur pada dasarnya memiliki riwayat yang berbeda-beda antara yang satu dengan yang lain, termasuk pula dalam hal pemenuhan likuiditas atau lainnya. Untuk itu, perusahaan setidaknya perlu melakukan analisis kredit terlebih lagi pada calon debitur yanga kan menikmati fasilitas dari perusahaan. 

Melalui adanya analisis ini, perusahaan nantinya bisa tahu dengan pasti apakah pemberian fasilitas ekstensi kredit bisa diberikan pada debitur tersebut.

7. Perencanaan aturan pembayaran oleh debitur

Ekstensi Kredit: Pengertian dan Kebijakannyailustrasi kartu kredit dan debit (Unsplash/Stephen Phillips-Hostreviews.co.uk)

Pihak debitur yang memperoleh fasilitas ekstensi kredit biasanya perlu melakukan kesepakatan dengan pihak perusahaan penyedia layanan fasilitas ini. Salah satu kesepakatan yang diputuskan bersama adalah bagaimana aturan pembayaran yang harus dijalani oleh pihak debitur.

Oleh karena itu, pihak perusahaan sudah pasti perlu melakukan perencanaan dengan matang mengenai aturan pembayaran yang harus dibuatnya pada debitur. Perusahaan juga harus memberlakukan beberapa syarat dan ketentuan untuk debitur agar ke depannya nanti tidak ada pihak yang merasa dirugikan. 

8. Peran SDM berkualitas

Ekstensi Kredit: Pengertian dan Kebijakannyapexels.com/Anna Shvet

Sebuah perusahaan penyedia barang atau jasa yang mengadakan layanan fasilitas ekstensi kredit umumnya perlu memiliki tenaga SDM terbaik yang sudah tak diragukan lagi kualitasnya. Seluruh tenaga SDM ini nantinya bisa menjalankan fungsi dan tugasnya untuk tetap mengawasi implementasi perusahaan, dengan tujuan akhir untuk menghindarkan perusahaan dari kerugian

Namun, bukan hanya tenaga SDM saja yang menjadi andalan bagi sebuah perusahaan dalam mengawasi jalannya ekstensi kredit. Kenyataannya perusahaan juga perlu menyediakan beberapa sarana untuk mendukung aktivitas ini. 

Baca Juga: 3 Keuntungan Kredit Mobil Syariah, Bisa Sekaligus Berinfak Lho!

Dari penjelasan di atas sekarang kita mengerti bahwa ekstensi kredit rupanya tidak hanya perlu dipahami maknanya saja. Ternyata, ada banyak hal yang berkaitan pula dengan extended credit dan juga perlu diketahui.

Topic:

  • Rinda Faradilla
  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya