Comscore Tracker

Entrepreneurship: Pengertian, Sifat dan Manfaatnya 

Penjelasan Apa itu Entrepreneurship

Berbicara soal pekerjaan dan keuangan mungkin bisa saja mengingatkan kita pada salah satu hal yaitu Entrepreneurship. Istilah ini sebenarnya sering kita dengar namun tak jarang kita melupakan maknanya dan segala hal yang berkaitan dengannya. 

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai apa itu entrepreneurship dan segala hal yang menjadi bagian darinya maka kamu bisa saja menyimak beberpaa penjelasan di bawah ini. 

Baca Juga: Karang Taruna Tumbuhkan Perilaku Entrepreneurship Generasi Muda

1. Asal kata entrepreneurship

Entrepreneurship: Pengertian, Sifat dan Manfaatnya Unsplash/@schamaendels

Kata entrepreneurship pada dasarnya berasal dari kata entreprendre dari bahasa Perancis yang memiliki arti melakukan. Kemudian istilah kata dari bahasa Perancis ini berkembang hingga menjadi entrepreneur atau wirausaha dan berkembang lagi menjadi entrepreneurship atau kewirausahaan

Kata entrepreneurship ini sendiri sebenarnya memiliki konsep wirausaha yang tentunya identik dengan penciptaan berbagai hal baru dalam rangka mencari keuntungan. Maka tak heran bila konsep ini identik dengan aktivitas membuka usaha sendiri. 

2. Pengertian entrepreneurship

Entrepreneurship: Pengertian, Sifat dan Manfaatnya alphagamma.eu

Istilah kewirausahaan atau entrepreneur pada dasarnya memiliki makna sebagai suatu proses identifikasi atau kegiatan pengembangan yang membawa visi ke dalam kehidupan. Tentunya visi yang dimaksud disini berhubungan pula dengan suatu ide yang bersifat inovatif serta berhubungan pula dengan adanya peluang dan cara terbaik dalam menjalankan sesuatu. 

Dari semua kegiatan yang dilakukan dalam konsep entrepreneurship ini diharapkan adanya hasil berupa penciptaan usaha baru yang tentunya dibentuk dengan disertai adanya risiko atau suatu ketidakpastian. 

3. Pemikir gagasan entrepreneurship

Entrepreneurship: Pengertian, Sifat dan Manfaatnya Google

Rupanya dalam pengembangan istilah entrepreneurship ini diketahui adanya tiga tokoh pemikir yang menjadi pusat bagi masuknya gagasan kewirausahaan. Ketiga tokoh tersebut adalah Joseph Schumpeter dan Frank Knight serta Israel Kirzner. 

Dalam hal ini rupanya Schumpeter menyarankan bahwa wirausahawan sebaiknya dapat terus bertanggung jawab terutama pada penciptaan berbagai hal baru demi mencari keuntungan seperti yang telah dijelaskan sebelumnya. Sedangkan Knight mengemukakan bahwa pengusaha adalah pembawa ketidakpastian sehingga harus bertanggung jawab atas kerugian dan Kirzner beranggapan bahwa kewirausahaan selalu mengarah pada penemuan. 

4. Sifat entrepreneurship

Entrepreneurship: Pengertian, Sifat dan Manfaatnya Pexels/Burts

Konsep entrepreneurship pada dasarnya berjalan dengan adanya sifat yang utama yaitu membentuk dan menjalankan usahanya sendiri. Tentunya seorang wirausahawan dalam menjalankan kegiatan wirausahanya ini harus memiliki beberapa macam hal.

Salah satu hal yang harus dilakukannya adalah memulai usaha untuk bisa mengeksploitasi atau mengejar peluang terutama dalam menghasilkan pendapatan. Usaha yang dijalankannya ini mungkin dilakukan karena adanya unsur keterpaksaan saat tidak ada lagi pilihan lain bagi wirausahawan selain membangun usahanya sendiri.

Baca Juga: Mendagri: Gubernur Jabar Punya Skill Entrepreneurship Tingkatkan PAD 

5. Manfaat entrepreneurship

Entrepreneurship: Pengertian, Sifat dan Manfaatnya Unsplash.com/Charles Deluvio

Ada banyak manfaat yang bisa diperoleh dari kegiatan entrepreneurship yang berkembang di sekitar kita sekarang ini. Salah satu manfaatnya adalah mengembangkan bakat dan potensi diri sehingga nantinya bisa diperoleh keterampilan yang baru. 

Manfaat selanjutnya yang juga bisa diperoleh dari kegaitan entrepreneurship adalah terbukanya lapangan kerja yang baru bagi orang lain sehingga pada akhirnya kondisi perkeonomian di suatu wilayah bisa semakin meningkat. 

6. Tahapan menjadi entrepreneurship

Entrepreneurship: Pengertian, Sifat dan Manfaatnya Unsplash.com/Austin Distel

Menjalankan usaha dalam mengembangkan bidang entrepreneurship umumnya harus melalui berbagai macam tahapan dan tahapan pertamanya adalah tahap memulai. Sedangkan tahapan yang selanjutnya adalah tahap melaksanakan usaha dimana wirausahawan harus tetap menjalankan usaha yang telah dimulainya.

Tahapan menjadi entrepreneurship terus berlanjut yaitu dengan adanya tahapan mempertahankan usaha dengan mengembangkan sikap untuk selalu mengatasi segala macam hambatan dan tantangan. Untuk tahapan yang terakhir adalah tahapan mengembangkan usaha. 

7. Kegiatan entrepreneurship

Entrepreneurship: Pengertian, Sifat dan Manfaatnya Pexels/mentatdgt

Ada berbagai macam kegiatan entrepreneurship yang bisa dilakukan misalnya saja kegiatan menghasilkan suatu jenis produk yang baru secara inovatif. Selain itu kegiatan ini juga meliputi pula penemuan peluang pasar baru misalnya dengan menghasilkan berbagai macam produk baru pula. 

Kegiatan yang selanjutnya adalah mengkombinasikan berbagai macam faktor produksi tentunya juga dengan cara yang baru dan juga mendukung segala macam budaya yang dapat mendorong terciptanya suatu eksperimen. Terakhir kegiatan yang bsia dilakukan oleh wirausahawan dalam mengembangkan entrepreneurship adalah mendorong timbulnya perilaku eksperimen. 

8. Dampak entrepreneur di bidang perekonomian

Entrepreneurship: Pengertian, Sifat dan Manfaatnya Ilustrasi seorang pebisnis. (Pixabay.com/niekverlaan-80788)

Kewirausahaan atau entrepreneurship yang memiliki peran besar dalam ekonomi kapitalis tentu saja memiliki dampak khususnya pada bidang perekonomian. Dalam suatu kondisi ekonomi yang tidak pasti tentunya entrepreneur menjadi pihak yang dapat memberikan bantuan misalnya dengan membuka lapangan kerja. 

Hal ini sekalipun mungkin apa yang dilakukannya ini penuh dengan berbagai macam resiko namun tetap akan bermanfaat. Karena kehadiran wirausahawan dalam mengembangkan dunia wirausahanya tersebut bisa membantu memulihkan sekaligus meningkatkan kondisi perekonomian. 

Baca Juga: Ingin Menguji Jiwa Entrepreneurship Kamu? Ikut Kompetisi EF 360, Yuk!

Enterpreneurship yang identik dengan kewirausahaan di masa sekarang ini sebenarnya sudah bukan hal yang asing lagi terlebih lagi saat ini semakin banyak orang yang membuka dan menjalankan usaha sendiri.

Disini bisa dilihat dengan lebih jelas bahwa entrepreneurship kini semakin diminati baik oleh kalangan anak muda hingga orang berumur yang ingin membuka usaha sendiri demi meningkatkan pendapatan. 

Topic:

  • Rinda Faradilla
  • Wendy Novianto

Berita Terkini Lainnya