Comscore Tracker

[CEK FAKTA] Prabowo Klaim Indonesia Tak Produksi Apapun, Benarkah?

Seburuk itukah Indonesia?

Jakarta, IDN Times - Calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto menyebut bahwa Indonesia saat ini mengalami kemunduran karena melakukan de-industrialisasi. Klaim ini ia sampaikan ketika debat capres kelima yang juga merupakan terakhir pada Sabtu malam (13/4).

"Kalau bangsa lain melakukan industrialisasi, Indonesia justru melakukan de-industrialisasi. Sekarang bangsa Indonesia tidak produksi apa-apa," ucap mantan Jenderal Kopassus tersebut.

Entah mengapa Prabowo menuturkan klaim tersebut. Namun, faktanya, Indonesia masih banyak melakukan produksi. Misalnya, senjata SPR 1 dan SPR 3 serta pesawat intai CN-235 yang dipakai TNI.

Ini merupakan hasil produksi Pindad yang mendapat pengakuan dunia internasional karena bersanding dengan senjata hebat lainnya dari negara lain, seperti senapan runduk Zastava M93 Black Arrow buatan Serbia.

PT PAL juga baru saja memproduksi kapal selam KRI Alugoro—405. Selain itu, menurut Gabungan Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), produksi mobil di dalam negeri mencapai 1,34 juta unit pada 2018.

Baca Juga: [CEK FAKTA] Sandiaga Ingin Ciptakan Produk Indonesia yang Kuasai Dunia

[CEK FAKTA] Prabowo Klaim Indonesia Tak Produksi Apapun, Benarkah?IDN Times/Muhammad Arief

Topic:

  • Anata Siregar

#MILLENNIALSMEMILIH

Versi: 26 Apr 2019 16:15:05

Progress: 310.016 dari 813.350 TPS (38.11594%)

Just For You