Comscore Tracker

Jeff Bezos dan Mantan Istri Meraup Rp318 Triliun dalam Seminggu

Sebaiknya sebagian hartanya dipakai untuk beramal ya

Jakarta, IDN Times - Secara mengejutkan di tengah pandemik, orang terkaya dunia semakin kaya hanya dalam waktu seminggu. Bos Amazon Jeff Bezos dan mantan istrinya MacKenzie Bezos bertambah kaya Rp318 triliun setelah saham Amazon meroket sebesar 10 persen antara 2 hingga 9 Juli lalu.

Seperti dilaporkan Forbes, situasi ini menyumbangkan sebanyak Rp234 triliun kepada Bezos sehingga total kekayaannya menjadi Rp2.725 trilun. Ia pun tetap menjadi orang paling tajir di seluruh dunia. Sedangkan MacKenzie memiliki total kekayaan sebesar Rp901 triliun dan membuatnya sebagai perempuan terkaya di Amerika.

1. Pasangan Bezos bercerai pada 2019 lalu

Jeff Bezos dan Mantan Istri Meraup Rp318 Triliun dalam SemingguJeff Bezos dan Mackenzie Bezos. inc.com

Bezos menikahi MacKenzie yang merupakan mantan pegawai Amazon pada 1993. Ia dikenal sebagai salah satu karyawan di masa awal pendirian perusahaan bernilai miliaran dolar tersebut. Namun, keduanya bercerai pada 2019 lalu.

Perpisahannya dengan Bezos disertai dengan kepemilikan 25 persen saham Amazon yang kala itu bernilai Rp509 triliun. Pundi-pundi kekayaan MacKenzie pun terus bertambah. Pandemik COVID-19 membuat perilaku berbelanja orang berubah dari tradisional menjadi online sehingga Amazon kian berjaya.

Alice Walton, pewaris jaringan supermarket besar Amerika Serikat Walmart, yang sebelumnya merupakan perempuan terkaya di negara itu bahkan sudah sudah disalip oleh MacKenzie.

Baca Juga: Mengenal Jeff Bezos, 3 Kali di Puncak Daftar Orang Terkaya Dunia

2. MacKenzie diprediksi mampu jadi perempuan terkaya di muka bumi

Jeff Bezos dan Mantan Istri Meraup Rp318 Triliun dalam SemingguPendiri Amazon, Jeff Bezos (kiri) instagram.com/jeffbezos

Ada pun perempuan yang lebih kaya daripada MacKenzie adalah pewaris kerajaan bisnis kecantikan dan produk-produk perempuan L'Oreal, Francoise Bettencourt Meyers. Meyers, berkewarganegaraan Prancis, masih menjadi perempuan terkaya di muka bumi dengan total harta mencapai Rp928 triliun.

Melihat nilai saham Amazon yang terus menunjukkan tren positif dalam beberapa waktu terakhir, MacKenzie diprediksi akan cukup mudah menggeser posisi Meyers. Sebelumnya, ibunda Meyers, Liliane Bettencourt, merupakan perempuan terkaya di dunia. Begitu ia meninggal dunia pada 2017, posisinya diteruskan oleh Meyers.

3. MacKenzie diharapkan mendistribusikan sebagian kekayaannya untuk amal

Jeff Bezos dan Mantan Istri Meraup Rp318 Triliun dalam SemingguPemilik Amazon, Jeff Bezos (kiri), sekaligus orang terkaya di dunia saat menghadiri The Climate Pledge pada 19 September 2019. instagram.com/jeffbezos

Di masa krisis kesehatan publik ketika banyak orang kehilangan pekerjaan dan kelompok berpendapatan rendah semakin terpuruk, orang-orang kaya dunia diharapkan memperlihatkan tanggung jawab moral untuk mendistribusikan sebagian kekayaan mereka untuk amal.

Ekspektasi ini juga yang sekarang dihadapi oleh MacKenzie. Semakin kaya dirinya, maka semakin besar harapan agar ia melakukan donasi. Sebelum ia bercerai dari Bezos, MacKenzie terlebih dulu menandatangani Giving Pledge, sebuah kampanye berisi komitmen para orang kaya dunia untuk menyumbangkan setidaknya separuh kekayaan untuk tujuan-tujuan filantropis.

Warga dunia yang tajir melintir lainnya yang mengumumkan komitmen tersebut adalah Warren Buffet serta Bill dan Melinda Gates. Ironisnya, Jeff Bezos sebagai orang dengan jumlah harta paling banyak di planet, ini justru belum memberikan tanda tangannya.

Baca Juga: 10 Kutipan Bijak Jeff Bezos "Amazon" yang Bakal Melecut Semangatmu

Topic:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya