Comscore Tracker

Tembus Rekor Lagi, Kekayaan Jeff Bezos Kini Hampir Rp3000 Triliun

Percuma tajir kalau "gak solutip"...

Jakarta, IDN Times - Bos Amazon Jeff Bezos sudah dinobatkan menjadi orang terkaya di dunia dengan total harta yang belum pernah dimiliki orang-orang tajir sebelumnya. Kini, menurut Forbes, ia kembali mencatat rekor. 

Pada Rabu (26/8/2020) dini hari, ia membuat lompatan yang tak pernah terjadi selama hampir empat dekade. Saham Amazon naik dua persen dan ini membuat kekayaan Bezos bertambah sebesar Rp72 triliun. Penambahan ini membuat laki-laki 56 tahun tersebut sebagai orang pertama di dunia yang memiliki total harta hampir Rp3.000 triliun.

1. Bezos Rp1.300 triliun lebih kaya dibanding orang tajir kedua di dunia

Tembus Rekor Lagi, Kekayaan Jeff Bezos Kini Hampir Rp3000 TriliunPemilik Amazon, Jeff Bezos (kiri), sekaligus orang terkaya di dunia saat menghadiri The Climate Pledge pada 19 September 2019. instagram.com/jeffbezos

Per Rabu (26/8/2020) siang, pundi-pundi harta Bezos mencapai total Rp2.991 triliun. Sementara orang terkaya nomor dua di dunia, Bill Gates, memiliki kekayaan sebesar Rp1.701 triliun. Artinya, Bezos lebih kaya Rp1.290 trilun dibandingkan pendiri Microsoft tersebut.

Gates sendiri pernah menjadi orang pertama yang dijuluki centi-billionaire atau triliuner yang kekayaannya di atas USD100 miliar (Rp1.465 triliun dalam rupiah hari ini). Ini terjadi Microsoft mencapai kejayaan pada 1999.

Bahkan, ketika itu total aset Gates tidak sebesar Bezos saat ini yaitu Rp2.316 triliun dalam rupiah hari ini. Ini menjadikan rekor Bezos semakin menonjol, apalagi ketika banyak perusahaan mengalami paceklik karena pandemik COVID-19.

Baca Juga: Kekayaan Jeff Bezos Melonjak Rp192 Triliun dalam Sehari 

2. COVID-19 membuat bisnis Amazon menanjak karena orang-orang memilih belanja online

Tembus Rekor Lagi, Kekayaan Jeff Bezos Kini Hampir Rp3000 TriliunBos Amazon sekaligus orang terkaya di dunia Jeff Bezos sedang bertemu dengan Presiden Prancis Emmanuel Macron di Paris, Prancis. instagram.com/jeffbezos

Pada 20 Juli lalu, kekayaan Bezos bertambah sebesar Rp192 triliun dalam sehari. Ini merupakan lonjakan kekayaan terbesar dalam hitungan 24 jam yang pernah terjadi kepada seseorang sejak Bloomberg Billionaires Index diluncurkan pada 2012.

Pada hari yang sama, saham Amazon meroket sebesar 7,9 persen pada hari yang sama. Ini merupakan peningkatan tertinggi yang dialami perusahaan tersebut sejak Desember 2018. Penyebabnya adalah pandemik COVID-19 yang mendorong orang-orang untuk beralih ke belanja online.

3. Bezos dan mantan istrinya makin tajir

Tembus Rekor Lagi, Kekayaan Jeff Bezos Kini Hampir Rp3000 TriliunJeff Bezos dan Mackenzie Bezos. inc.com

Beberapa hari sebelum itu, mantan istri Bezos dilaporkan menjadi perempuan terkaya di Amerika Serikat. MacKenzie disebut memiliki total kekayaan sebesar Rp901 triliun. Bezos menikahi MacKenzie yang merupakan mantan pegawai Amazon pada 1993.

Ia dikenal sebagai salah satu karyawan di masa awal pendirian perusahaan bernilai miliaran dolar tersebut. Namun, keduanya bercerai pada 2019 lalu. Perpisahannya dengan Bezos disertai dengan kepemilikan 25 persen saham Amazon yang kala itu bernilai Rp509 triliun. 

Baca Juga: Mengenal Jeff Bezos, 3 Kali di Puncak Daftar Orang Terkaya Dunia

Topic:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya