Comscore Tracker

Wow! Miliarder Warren Buffett Sumbang Rp42 Triliun, Tetap Kaya Raya

Ada lima yayasan amal menerima sumbangan Warren Buffett

Jakarta, IDN Times - Milarder Amerika Serikat Warren Buffett menyumbangkan Rp42 triliun dari sahamnya di Berkshire Hathaway, sebuah perusahaan investasi raksasa yang didirikan. Buffett mengumumkan perihal ini pada Rabu (8/7/2020).

Saat ditotal, sejak 2006 hingga kini, Buffett telah menyumbangkan lebih dari Rp533 triliun dari kekayaannya. Berdasarkan estimasi Forbes, keseluruhan kekayaan Buffett mencapai Rp1.028 triliun sebelum dikurangi sumbangan terakhirnya tersebut. Ini menjadikan dia tetap sebagai salah satu orang paling kaya raya di dunia.

1. Salah satu yayasan yang menerima donasi Buffett adalah Bill & Melinda Gates Foundation

Wow! Miliarder Warren Buffett Sumbang Rp42 Triliun, Tetap Kaya RayaBill Gates, Warren Buffet dan Melinda Gates. (instagram.com/thisisbillgates)

Ada lima yayasan amal yang menerima donasi dari Buffett. Kelimanya adalah Bill & Melinda Gates Foundation, Susan Thompson Buffett Foundation (didirikan oleh mendiang istrinya), The Sherwood Foundation (didirikan oleh anak perempuannya, Susie Buffett), Howard G Buffett Foundation (dibentuk oleh anak lelaki Buffett), dan NoVo Foundation (didirikan oleh anak laki-laki Buffett, Peter Buffett).

Buffett sendiri memang akrab dengan pasangan suami-istri Bill dan Melinda Gates. Ketiganya tampak beberapa kali bertemu dalam acara tertentu. Gates juga mengunggah foto-foto mereka di akun Instagram pribadinya, termasuk usia menerima donasi dari Buffett.

2. Buffett berjanji menyumbangkan 99 persen kekayaannya

Wow! Miliarder Warren Buffett Sumbang Rp42 Triliun, Tetap Kaya RayaMiliarder Amerika Serikat Warren Buffet. twitter.com/warrenbuffet

CNBC melaporkan Buffett sempat berjanji dirinya akan menyumbangkan lebih dari 99 persen dari total kekayaannya. Lima yayasan itu pun menjadi penerima terbesar. Donasi itu merupakan bagian dari tradisi tahunan Buffett yang dimulai sejak 2006.

Kala itu, ia mengubah saham kelas A menjadi saham kelas B yang kemudian bisa ia donasikan kepada yayasan-yayasan yang menjadi pilihannya. Saat ini, setelah dikurangi jumlah donasi terakhir, ia masih memegang 248.734 saham kelas A di Berkshire Hathaway atau bernilai sekitar Rp972 triliun.

3. Buffett meminta kekayaannya disumbangkan meski setelah meninggal

Wow! Miliarder Warren Buffett Sumbang Rp42 Triliun, Tetap Kaya RayaBill Gates, Warren Buffett, dan Melinda Gates. instagram.com/thisisbillgates

Pada Februari lalu, laki-laki asal Omaha itu menulis surat terbuka yang ditujukan kepada para pemegang saham di Berkshire Hathaway. Di dalamnya, ia meminta setelah ia meninggal, sahamnya tidak akan pernah dijual. Alih-alih, Buffett berpesan agar saham bernilai ratusan triliun itu didistribusikan ke yayasan-yayasan amal selama kurun 12-15 tahun.

Buffett kerap dituduh memberikan sumbangan setiap tahun guna memperoleh keringanan pajak. Misalnya, ia mengungkap bahwa pajak penghasilannya, baik menurut aturan federal maupun negara bagian Nebraska (tempat tinggalnya), berkurang cukup besar. Ini termasuk proyeksi untuk 2020.

Selama 15 tahun terakhir, menurut Buffett, pajaknya berkurang sekitar 43 sen untuk setiap donasi sebesar Rp14 juta yang diberikan kepada yayasan-yayasan pilihannya.

Topic:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya