Comscore Tracker

Anggota Komisi VII DPR: Semoga usai Mendag Diganti, Harga Migor Turun

Zulkifli malah terkejut saat tahu harga kebutuhan pokok naik

Jakarta, IDN Times - Anggota komisi VII DPR dari fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Mulyanto berharap usai dilakukan kocok ulang kabinet, maka harga minyak goreng bisa langsung turun. Sebab, hingga saat ini, pemerintah masih berutang ke rakyat untuk menurunkan harga migor sesuai harga eceran tertinggi (HET). Artinya, per liter harus berada di angka Rp14 ribu. 

"Dua pekan lalu presiden secara jumawa berjanji dapat menurunkan harga migor. Nyatanya hingga hari ini, harga migor masih di atas harga eceran tertinggi (HET)," ungkap Mulyanto di dalam keterangan tertulis pada Jumat, (17/6/2022). 

Ia mengatakan Menteri Perdagangan yang baru, Zulkifli Hasan harus bisa membantu mewujudkan janji yang pernah disampaikan oleh Presiden Joko "Jokowi" Widodo untuk menurunkan harga migor. "Jangan malah ikut-ikutan tebar janji, ujung-ujungnya malah mau menghapuskan migor curah," kata dia. 

Rencana untuk menghapuskan migor curah itu disampaikan oleh Menteri Koordinator bidang kemaritiman dan investasi, Luhut Pandjaitan. Tetapi, pada praktiknya, Luhut tak benar-benar menghapuskan migor curah. Ia menyebut akan mengemas ulang migor curah itu ke dalam kemasan. 

Menurut Luhut, hanya ada dua negara di dunia ini yang masih menggunakan migor curah. Dua negara itu yakni Bangladesh dan Indonesia. Mulyanto menolak usulan tersebut. Ia pun mewanti-wanti agar pemerintah tak mengangkat isu kontroversial tersebut. 

"Masyarakat kecil dan UMKM masih sangat membutuhkannya. Migor curah untuk konsumsi masyarakat dan industri menempati porsi dominan yakni 74 persen dari kebutuhan migor nasional," tuturnya. 

Lalu, apa langkah pertama yang dilakukan oleh Zulkifli pada pekan pertamanya bekerja sebagai Mendag?

Baca Juga: Mendag Zulhas: PM Pakistan Minta Dikirimkan 300 Ribu Ton Minyak Goreng

1. Pemerintah didesak fokus kendalikan stok dan harga migor di pasaran

Anggota Komisi VII DPR: Semoga usai Mendag Diganti, Harga Migor TurunIlustrasi minyak goreng. (IDN Times/Vadhia Lidyana)

Di sisi lain, Mulyanto ikut memberikan saran kepada pemerintah agar fokus untuk mengendalikan ketersediaan dan harga minyak goreng, baik itu dalam bentuk kemasan atau curah. Jangan, malah melempar isu baru akan menghapus migor curah. 

"Ketimbang membuat bising, silakan pemerintah hapus migor curah tersebut kalau berani. Masyarakat kecil masih membutuhkan migor yang terjangkau harganya," ungkap Mulyanto. 

Ia pun tak menampik bahwa migor curah kurang higienis dibandingkan migor kemasan. Selain itu, komoditasnya langsung terpengaruh bila harga CPO (Crude Palm Oil) naik. 

"Pemerintah jangan malah seperti pepatah buruk rupa cermin dipecahkan. Karena tak mampu mengendalikan pasokan dan harga migor curah, maka produk itu malah dihapuskan," tutur dia. 

Sementara, Menko Luhut yang diberi tugas baru untuk mengurus migor, belum menyebut kapan rencana penghapusan migor curah bakal diwujudkan. Kementerian Perdagangan selaku pelaksana kebijakan tersebut pun belum bisa memastikan apakah migor curah dihapuskan pada tahun ini. Tetapi, mantan Kepala Staf Presiden (KSP) itu memastikan harga migor akan sesuai HET yaitu Rp14 ribu per liter. 

"Harganya (migor curah) tetap Rp14 ribuan. Ya, ada naik-turun, naik-turun gitu, ya market mekanisme kalau supply-nya cukup ya jalan," tutur Luhut di kantor BPKP, 15 Juni 2022 lalu. 

Baca Juga: PAN Janji Tak akan Ganggu Zulhas Urusan Pemilu, Biar Fokus di Kemendag

2. Zulhas terkejut saat tahu harga sembako naik

Anggota Komisi VII DPR: Semoga usai Mendag Diganti, Harga Migor TurunMenteri Perdagangan Zulkifli Hasan perdana turun ke pasar pada Kamis (16/6/2022). (IDN Times/Hafit Yudi Suprobo)

Sementara, Mendag Zulkifli Hasan mengaku terkejut ketika ia melakukan sidak ke pasar tradisional di Cibubur pada Kamis, 16 Juni 2022 lalu. Sebab, ia baru menyadari sejumlah harga sembako mengalami lonjakan. Beberapa komoditas yang disebut Zulhas naik mulai dari cabai rawit merah, telur hingga daging ayam. 

“Saya terus terang shock ya karena tadi tuh pembelinya ngeluh yang dagang juga ngeluh terasa sekali memang beban hidup itu meningkat. Tadi saya lihat langsung, akibat harga kebutuhan pokok yang semuanya hampir naik. Hampir semuanya (naik) kecuali beras. Hanya beras yang tidak (naik)," ungkap Zulhas kepada media. 

Alih-alih menyelesaikan masalah, Zulhas justru mengucap syukur karena di rumahnya, ia tak lagi membeli cabai. Ia mengaku menanam sendiri tanaman cabai di rumah. 

"Saya alhamdulilah di rumah gak pernah beli cabai rawit, cabai keriting dan cabai hijau karena saya tanam pakai pot," kata pria yang juga Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) itu. 

Namun ia berjanji tetap akan menyelesaikan permasalahan mengenai lonjakan harga rawit tersebut. Melalui koordinasi dengan kementerian dan lembaga terakait.

Selain blusukan untuk mengetahui kondisi harga sembako di pasaran, Zulhas juga memberikan hadiah perjalanan umrah bagi sepasang suami istri yang berjualan sembako. Mereka adalah Warman dan Eli Nurliah, yang sehari-hari berjualan di pasar Cibubur. 

"Kami sangat bersyukur. Terima kasih kepada Pak Menteri yang sudah memperhatikan para pedagang," kata keduanya. 

3. Niat Zulhas mau berangkatkan dua pedagang sembako dikritik oleh warganet

Anggota Komisi VII DPR: Semoga usai Mendag Diganti, Harga Migor TurunMenteri Perdagangan Zulkifli Hasan perdana turun ke pasar pada Kamis (16/6/2022). (IDN Times/Hafit Yudi Suprobo)

Namun, niat Zulhas yang menjanjikan perjalanan umrah bagi dua pedagang sembako dikritik luas oleh warganet. Menurut mereka, tugas Zulhas sebagai Mendag bukan menjanjikan ibadah umrah, tetapi menurunkan harga-harga sembako yang sedang melambung. 

"Niat mau berangkatkan orang umrah itu bagus. Tapi, tugasnya sebagai mendag dan tanggung jawabnya adalah stabilkan harga-harga di pasarnya khususnya migor, Pak. Hadeehhh," cuit seorang warganet di Twitter. 

"Gak yakin harga (sembako) bakal turun dengan menjanjikan orang ibadah umrah," kata warganet lainnya. 

Di sisi lainnya, mereka bingung apakah posisi Zulhas saat ini sudah bergeser jadi Menteri Agama. "Ini Menteri Perdagangan atau Menteri Agama sih?" tanya seorang warganet. 

"Lagi bingung, sebenarnya beliau menteri perdagangan atau biro travel sih?" kata warganet. 

Baca Juga: [BREAKING] Kunjungan Perdana ke Pasar, Mendag Zulhas Diserbu Keluhan Pedagang

Topic:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya