Comscore Tracker

Sistem Check-In di Terminal 3 Bandara Soetta Sempat Mati, Ini Sebabnya

Sistem check-in kembali berfungsi normal pukul 04:50 WIB

Jakarta, IDN Times - Bagi kalian yang ingin bepergian menggunakan transportasi udara pada Jumat pagi (23/8) apakah sempat mengalami hambatan di Bandara Soekarno-Hatta? Yup, hal tersebut memang disebabkan sempat matinya sistem check-in di Terminal 3 Bandara Soetta. 

Konfirmasi diperoleh dari Plt Vice President Corporate Communication Angkasa Pura II, Dewandono Prasetyo Nugroho pada pagi ini. Ia mengatakan gangguan sudah terjadi sejak pukul 03:30 WIB dan kembali berfungsi normal pada pukul 04:50 WIB. 

"Sistem check-in hanya terjadi pada tiga penerbangan internasional. Sistem check-in untuk penerbangan rute domestik tetap aman dan berfungsi normal," kata Dewandono melalui keterangan tertulis pada hari ini. 

Lalu, apa penyebab matinya sistem check-in di Terminal 3 Bandara Soetta pada dini hari tadi? Sebab, hal tersebut tentu mengganggu calon penggunan pesawat udara. 

1. Angkasa Pura II menyebut ada satu switch data yang keliru

Sistem Check-In di Terminal 3 Bandara Soetta Sempat Mati, Ini SebabnyaIDN Times/ Helmi Shemi

Menurut Direktur Angkasa Pura II, Awaluddin penyebab sempat matinya sistem check-in di keberangkatan internasional karena ada sistem di switch data yang fault (rusak) sehingga menyebabkan traffic flooding. 

"Pada posisi jam 04:50 operasi sistem check-in sudah kembali normal," ujar Awaluddin kepada IDN Times pada pagi ini melalui pesan pendek. 

Ia pun mengakui memang sempat ada penerbangan yang tertunda sekitar 50-55 menit. Namun, ia menjamin kondisi saat ini sudah kembali normal sepenuhnya. 

Baca Juga: 5 Bandara Angkasa Pura II Siap Sambut 233 Penerbangan Haji  

2. Akibat sistem check-in sempat mati, tiga penerbangan internasional sempat terdampak

Sistem Check-In di Terminal 3 Bandara Soetta Sempat Mati, Ini SebabnyaANTARA FOTO/Muhammad Iqbal

Menurut Awaluddin, akibat sistem check-in yang mati itu mengakibatkan tiga penerbangan rute internasional terdampak. 

"Mereka mengalami delay sekitar 50-55 menit," kata Awaluddin lagi. 

Ia memastikan situasi serupa tidak terulang. Oleh sebab itu, Angkasa Pura II masih mengawal dan memonitor dengan dekat sistem check-in

Ia turut menjelaskan Terminal 3 memiliki sistem teknologi informasi yang dapat melakukan pemulihan secara cepat apabila terjadi gangguan. 

3. Maskapai Garuda Indonesia tidak terdampak sistem check-in yang mati

Sistem Check-In di Terminal 3 Bandara Soetta Sempat Mati, Ini Sebabnyainstagram.com/anneavantieheart

Sementara, maskapai nasional Garuda Indonesia mengaku tidak terpengaruh sama sekali dengan matinya sistem check-in di Bandara Soekarno-Hatta pada dini hari tadi. Seperti yang diketahui maskapai ini beroperasi di Terminal 3. 

"Penerbangan kami tidak terdampak, sejak pagi semua penerbangan kita on schedule. Garuda menyiapkan back up berupa jaringan atau koneksi sendiri," kata Vice Corporate Secretary Garuda Indonesia, Ikhsan Rosan melalui pesan pendek kepada IDN Times pada Jumat pagi ini. 

Baca Juga: Ini Alasan Garuda Indonesia Bantah Soal Kebangkrutan

Topic:

  • Santi Dewi

Just For You