Comscore Tracker

6 Perilaku Ini Menunjukkan Kamu Dapat Mengatur Keuanganmu dengan Baik

Kamu harus pandai mengelola keuanganmu

Kamu menyadari bahwa kunci hidup berkecukupan dan tidak terjerat utang adalah dengan mengatur keuangan dengan baik. Oleh karena itu kamu selalu berhati-hati dalam mengeluarkan uang yang kamu miliki. Enam perilakumu ini menunjukkan bahwa kamu dapat mengatur keuanganmu dengan baik.

1. Kamu yang selalu rajin mencatat pengeluaranmu

6 Perilaku Ini Menunjukkan Kamu Dapat Mengatur Keuanganmu dengan Baikpexels/Pixabay

Kamu tidak akan membiarkan uang di ATM atau dompetmu tiba-tiba berkurang begitu saja tanpa tahu ke mana larinya. Karena kamu selalu rajin mencatat pengeluaranmu sehingga kamu tahu uang itu kamu belanjakan untuk apa saja. Kamu dengan detail mencatat pengeluaran baik dalam jumlah kecil maupun dalam jumlah yang besar.

Kamu sadar bahwa pengeluaran dalam jumlah kecil jika terus dilakukan tanpa sadar, maka akan menjadi jumlah yang besar. Dengan selalu rajin mencatat pengeluaran, maka kamu dapat mengontrol keuanganmu dan mengurangi biaya yang tidak terlalu penting untuk kamu keluarkan.

2. Kamu yang sangat hati-hati dalam menggunakan kartu kredit

6 Perilaku Ini Menunjukkan Kamu Dapat Mengatur Keuanganmu dengan Baikpexels/Pixabay

Dengan menggunakan kartu kredit maka mempermudah untuk belanja di mana saja, namun kamu juga menyadari bahwa dalam menggunakan kartu kredit juga ada bunganya, apalagi jika kamu membayarnya telat. Oleh karena itu, kamu sangat hati-hati dalam mengatur penggunaan kartu kreditmu.

Kamu tidak ingin terlilit utang kartu kredit yang menumpuk karena tidak hati-hati dalam menggunakannya. Kamu bahkan membatasi kartu kreditmu karena jika terlalu banyak memiliki kartu kredit, maka akan membuatmu semakin sulit mengatur keuangan jika kamu sembarangan dalam menggunakannya.

3. Kamu yang rajin menabung untuk persiapan jika membutuhkan dana darurat

6 Perilaku Ini Menunjukkan Kamu Dapat Mengatur Keuanganmu dengan Baikpexels/Lukas

Kamu paham bahwa terkadang kita suka dihadapkan dengan kondisi darurat atau mendadak. Kondisi tersebut dapat terjadi kapan saja, baik akibat kecelakaan, sakit maupun kena tilang. Oleh karena itu, kamu selalu rajin menabung sebagai dana persiapan jika menghadapi kondisi tersebut. Kamu bahwa selalu menyisihkan penghasilanmu di setiap bulannya untuk kamu tabung.

Baca Juga: 5 Tips Agar Keuangan Tetap Aman Meski Penampilan Selalu Stylish

4. Kamu yang selalu berpikir panjang sebelum membelanjakan uangmu

6 Perilaku Ini Menunjukkan Kamu Dapat Mengatur Keuanganmu dengan Baikpexels/Artem Beliaikin

Kamu yang selalu berpikir panjang sebelum membelanjakan uangmu, seperti apakah kebutuhannya mendesak atau tidak serta apakah barang tersebut dapat digunakan dalam jangka panjang atau hanya sekali pakai sehingga harus membeli kembali jika membutuhkannya.

Oleh karena itu, kamu selalu mengutamakan membeli barang yang benar-benar kamu butuhkan dan awet hingga jangka panjang. Bagimu untuk apa membeli murah jika ujung-ujungnya hanya sekali pakai namun nanti akan membelinya lagi karena itu akan membuatmu semakin boros. 

5. Kamu menghindari kebiasaan buruk yang akan menganggu keuanganmu

6 Perilaku Ini Menunjukkan Kamu Dapat Mengatur Keuanganmu dengan Baikpexels/bruce mars

Kamu menghindari kebiasaan buruk yang akan mengganggu keuanganmu, seperti terlalu rajin hangout secara rutin di luar atau hobi belanja barang yang tidak kamu butuhkan atau yang paling ekstrem adalah berjudi. Kegiatan yang terlalu sering kamu lakukan itu akan sedikit demi sedikit menguras kantongmu.

6. Kamu tidak akan mengambil resiko untuk melakukan investasi yang merugikan

6 Perilaku Ini Menunjukkan Kamu Dapat Mengatur Keuanganmu dengan Baikpexels/ Pixabay

Kamu sangat berhati-hati dalam melakukan investasi. Karena kamu tidak ingin investasi yang kamu lakukan akan membuatmu rugi, sehingga menyebabkan keuanganmu menjadi terkuras. Oleh karena itu, kamu tidak akan mengambil risiko untuk melakukan investasi yang merugikan. Sebelum membeli produk investasi, kamu sudah membekali diri dengan mengikuti seminar atau membaca buku tentang investasi.

Enam perilakumu tersebut menunjukkan bahwa kamu dapat mengatur keuanganmu dengan baik. Kamu yang pandai dalam mengelola keuangan dan selalu mengutamakan kebutuhan dibandingkan keinginan dalam membelanjakan uang.

Baca Juga: 5 Hal Tentang Keuangan yang Harus Disepakati Pasangan Sebelum Menikah

Shella Rafika Sari Photo Verified Writer Shella Rafika Sari

Keajaiban hanya terjadi pada orang yang pantang menyerah

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya