Comscore Tracker

5 Cara Mengatur Gajimu Agar Tidak Kekurangan di Setiap Akhir Bulan

Harus pandai mengatur gaji bulanan nih

Gaji bulanan selalu habis di pertengahan bulan? Setiap akhir bulan selalu bingung karena sudah tidak ada uang? Kamu sering meminjam uang kepada teman demi menutupi kehidupan bulanan? Itulah yang akan terjadi jika kamu tidak bisa mengatur gaji bulananmu dengan baik dan benar.

Mengatur segala kebutuhanmu dan membuat daftar bulanan dapat kamu lakukan agar gajimu cukup di setiap bulannya. Jika kamu bingung bagaimana cara mengatur keuangan, maka lakukanlah lima cara ini agar kamu tidak selalu kekurangan uang di setiap akhir bulan.

1. Saat gajian, langsung bagi uangmu dalam daftar kebutuhan bulanan terutama kebutuhan prioritasmu

5 Cara Mengatur Gajimu Agar Tidak Kekurangan di Setiap Akhir Bulanpexels/Pavel Kunitsky

Saat gajian, langsung bagi uangmu dalam daftar kebutuhan bulanan terutama kebutuhan prioritasmu. Kemudian belanjakan uangmu sesuai daftar kebutuhan bulanan tersebut agar kamu benar-benar membeli barang yang akan kamu butuhkan selama 30 hari ke depan. Hal tersebut bermanfaat agar bisa mengatur pengeluaranmu di setiap bulannya.

2. Belanjalah sesuai dengan kebutuhan bulanan, jangan tergoda membeli barang karena keinginan

5 Cara Mengatur Gajimu Agar Tidak Kekurangan di Setiap Akhir Bulanpexels/bruce mars

Saat belanja untuk kebutuhan bulanan, belilah barang sesuai dengan kebutuhanmu, jangan tergoda membeli barang karena keinginan. Jika kamu tidak bisa mengontrol keinginan, maka kamu bisa tekor di akhir bulan. 

Jika semua kebutuhan bulanan sudah terpenuhi, baru kamu bisa membeli barang yang kamu inginkan, asalkan kamu tidak berlebihan dalam membelinya dan mengingat bahwa kamu harus menyisihkan uang agar bisa bertahan hingga akhir bulan.

Baca Juga: 5 Tips Bisa Beli Rumah Sendiri Walau Gaji Level Fresh Graduate

3. Langsung membayar tagihan dan cicilan agar tidak terkena bunga karena telat membayar

5 Cara Mengatur Gajimu Agar Tidak Kekurangan di Setiap Akhir Bulanpexels/bruce mars

Saat gajian, biasakan untuk langsung membayar tagihan dan cicilan agar terhindar dari bunga yang akan semakin membengkak jika kamu selalu telat membayarnya.

Jangan pernah mengabaikan tagihan atau cicilan bulanan yang sifatnya rutin. Karena jika menunggak, maka akan mulai terasa berat bagimu untuk mencicil di bulan berikutnya.

4. Buatlah dua rekening, di mana salah satunya adalah rekening pribadi yang hanya boleh diambil untuk kebutuhan darurat

5 Cara Mengatur Gajimu Agar Tidak Kekurangan di Setiap Akhir Bulanpexels/Pixabay

Buatlah dua rekening, di mana salah satunya adalah rekening pribadi yang hanya boleh diambil untuk kebutuhan darurat. Sedangkan rekening satu lagi untuk menyimpan uang yang kamu gunakan sehari-hari, termasuk untuk belanja bulananmu.

5. Membiasakan diri menyisihkan uang untuk menabung walaupun hanya sedikit

5 Cara Mengatur Gajimu Agar Tidak Kekurangan di Setiap Akhir Bulanpixabay/luxstorm

Biasakan diri menyisihkan uang untuk menabung walaupun hanya sedikit. Tabunglah uang yang tersisa di setiap bulannya. Tanamkan dalam diri bahwa menabung merupakan kegiatan yang wajib kamu lakukan demi kehidupanmu di masa depan.

Itulah lima cara mengatur gajimu agar tidak selalu kekurangan di setiap akhir bulan. Banyak manfaat yang akan kamu dapatkan jika dapat mengatur gaji bulananmu dengan baik dan benar. Dengan begitu, kamu dapat menghemat uang, menabung, ataupun terhindar dari perilaku konsumtif.

Baca Juga: Gaji Pas-pasan? Yuk Terapkan 5 Trik untuk Membuat Anggaran Bulanan

Shella Rafika Sari Photo Community Writer Shella Rafika Sari

Keajaiban hanya terjadi pada orang yang pantang menyerah

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You