Comscore Tracker

5 Alasan Mengapa Perusahaanmu Membutuhkan Logo, Jangan Sepelekan!

Mulai bangun brand awareness dengan logo yang menarik!

Logo adalah simbol yang biasanya terdiri dari teks dan gambar yang digunakan sebagai tanda untuk melambangkan suatu perusahaan atau lembaga. Dalam dunia bisnis, kehadiran logo menjadi suatu hal yang penting dan patut mendapat perhatian.

Mengapa perusahaan butuh logo? Nah, kalau kamu pengen tahu jawabannya, coba deh baca dengan saksama lima alasan berikut mengapa sebuah perusahaan membutuhkan logo. Penting untuk membangun brand awareness!

1. Logo menciptakan kesan pertama

5 Alasan Mengapa Perusahaanmu Membutuhkan Logo, Jangan Sepelekan!ilustrasi mata yang berwarna-warni (pixabay.com)

Kesan pertama menjadi hal penting yang bakal selalu membekas ketika pertama kali bertemu dengan seseorang. Perlu diperhatikan, kesan pertama hanya dapat terjadi sekali saja. Sama seperti manusia, perusahaan juga hanya memiliki satu kesempatan untuk menciptakan kesan pertama yang baik.

Maka dari itu, kehadiran logo menjadi sangat penting. Logo akan menjadi hal pertama yang dilihat calon pelanggan karena perusahaan kamu akan menggunakannya pada branding dan pemasaran. Jadi, penting untuk membuat serta menciptakan logo sesuai dengan citra yang ingin kamu perkenalkan kepada pelangganmu agar mereka bisa terkesima dan mendapat gambaran sekilas tentang perusahaanmu.

2. Logo mengungkapkan identitas perusahaan

5 Alasan Mengapa Perusahaanmu Membutuhkan Logo, Jangan Sepelekan!ilustrasi logo (pixabay.com)

Logo bukan hanyalah bagian dari strategi pemasaran. Namun, logo yang kamu gunakan akan membentuk dasar dari semua pemasaran lain yang dibangun di atas merek. Jadi, logo perusahaan memainkan peran penting dalam membangun identitas merek perusahaan kamu.

Mulai dari warna, font, dan gambar, semuanya akan sangat penting dalam menyampaikan seperti apa perusahaan kamu di mata konsumen. Kamu bisa melakukan research yang mendalam mengenai unsur-unsur tadi agar terbentuk logo yang sesuai dengan visi misi perusahaan yang kamu bangun.

Baca Juga: 4 September Hari Pelanggan Nasional: Sejarah dan Arti Logo

3. Logo membuat perusahaan kamu berbeda dari kompetitor 

5 Alasan Mengapa Perusahaanmu Membutuhkan Logo, Jangan Sepelekan!ilustrasi stand out (pixabay.com)

Bukan hanya saja sebagai identitas, logo juga menjadi pembeda bagi perusahaan kamu dengan perusahaan lainnya. Logo dapat menunjukkan kepada pelanggan mengapa perusahaan kamu unik dan berbeda dari pesaing.

Melalui pemilihan gambar, font, warna, dan desain yang cermat, logo secara tidak sadar dapat mengomunikasikan banyak informasi tentang perusahaan. Mulai dari latar belakang perusahaan hingga misi dan cita-cita perusahaan, semua ini secara kolektif akan membedakan perusahaan kamu dari perusahaan pesaing lainnya.

4. Logo memfasilitasi loyalitas merek

5 Alasan Mengapa Perusahaanmu Membutuhkan Logo, Jangan Sepelekan!ilustrasi jual beli (pixabay.com)

Logo yang dapat dikenali dan dikenal banyak orang akan sangat membantu dalam membangun loyalitas merek. Ketika sebuah logo telah tersimpan di memori konsumen kamu, maka kamu sudah setengah jalan menuju loyalitas merek. 

Hal ini tentu akan sangat membantu perkembangan perusahaan untuk menjadi besar dalam waktu yang cukup signifikan. Yang perlu kamu lakukan adalah terus memberikan pelayanan dan pengalaman yang fantastis kepada konsumen.

5. Logo membantu mengomunikasikan produk 

5 Alasan Mengapa Perusahaanmu Membutuhkan Logo, Jangan Sepelekan!ilustrasi produk elektronik (pixabay.com)

Terkadang, logo dapat digunakan untuk membantu mengomunikasikan tentang produk atau layanan yang kamu jual. Jika kamu memilih logo yang berhasil mengomunikasikan produk atau merek kamu, orang akan tahu tentang perusahaan kamu saat mereka melihatnya tanpa perlu mengetahui banyak hal lain tentang bisnis kamu.

Contohnya, logo Walt Disney. Logonya yang memiliki gambar kastil yang indah sangat sempurna menggambarkan Disney yang memproduksi film, taman hiburan, atau mainan yang sesuai dengan dongeng dan fantasi masa kecil.

Sekarang sudah tahu 'kan mengapa sangat penting perusahaan untuk memiliki sebuah logo? Ayo, mulai bangun branding perusahaanmu dengan menciptakan logo yang tepat sesuai dengan citra dan produk yang perusahaan kamu miliki, ya!

Baca Juga: Serupa tapi Tak Sama, Sudah Tahu Perbedaan Branding dan Marketing? 

Sintya Yoo Photo Verified Writer Sintya Yoo

nothing

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya