Comscore Tracker

Puan Maharani Beberkan Syarat Indonesia Jadi High Income Country

Ketimpangan harus bisa ditekan

Jakarta, IDN Times - Ketua DPR RI Puan Maharani menyatakan bahwa Indonesia kini telah lepas dari lower middle-income country masuk menjadi upper middle-income country. Puan juga optimistis bahwa Indonesia bisa menjadi negara high income.

“Kita perlu terus melakukan perubahan struktural, menciptakan tenaga kerja terampil, inovasi teknologi yang ramah lingkungan dan efisien, serta iklim usaha yang kondusif. Dengan jalan ini kita patut optimis menuju high income country,” kata Puan, dalam pidato pembukaan RUU APBN Tahun Anggaran 2023 Beserta Nota Keuangannya di Gedung MPR/DPR RI, Senayan, Jakarta, Selasa (16/7/2022).

Puan menambahkan, dalam menuju high income country, maka postur kemakmuran ekonomi harus berubah, kemakmuran ekonomi dirasakan oleh segenap rakyat di seluruh Tanah Air.

“Meskipun ketimpangan ekonomi, atau gini rasio kita menunjukkan kecenderungan menurun, namun piramida ekonomi kita menunjukkan kesenjangan,” tuturnya.

Sementara itu, di tengah pandemik yang sudah semakin terkendali, dunia kembali dihadapkan pada peningkatan risiko lainnya yang berpotensi menahan keberlanjutan pemulihan perekonomian global dan nasional, lonjakan harga komoditas strategis, kerentanan pangan, kerentanan energi dan peningkatan inflasi global, serta ancaman stagflasi.

Ancaman tersebut, lanjut Puan, akan berdampak besar bagi perekonomian nasional negara ini, khususnya dari sisi fiskal dan moneter, yang akan mempengaruhi investasi, daya beli masyarakat, kemampuan keuangan negara, dan pemulihan ekonomi nasional.

Baca Juga: Dikabarkan Maju Capres 2024, Puan Maharani: Bismillah

Topic:

  • Hana Adi Perdana

Berita Terkini Lainnya