Comscore Tracker

Shopee Indonesia Dipastikan Aman dari PHK Massal! 

Karyawan Shopee di Amerika Latin bakal terkena dampak

Jakarta, IDN Times - Raksasa e-commerce Shopee dikabarkan bakal melakukan PHK besar-besaran di sejumlah negara. Namun, Shopee menegaskan bahwa Indonesia tak menjadi negara yang terkena PHK massal.

Shopee Indonesia mengatakan mereka terus menunjukkan performa yang baik dan Indonesia tetap menjadi pasar prioritas untuk mengembangkan bisnis guna membantu lebih banyak UMKM dan pengguna di Indonesia merasakan manfaat pertumbuhan ekonomi digital.

Baca Juga: Cara Menghapus Akun Shopee Secara Permanen dengan Mudah

1. Shopee Indonesia pekerjakan lebih dari 20 ribu karyawan

Shopee Indonesia Dipastikan Aman dari PHK Massal! ilustrasi Shopee Affiliates (affiliate.shopee.co.id)

Dalam keterangan tertulis Shopee Indonesia kepada IDN Times, Rabu (15/6/2022), di Tanah Air, Shopee mempekerjakan lebih dari 20 ribu karyawan dalam berbagai lini bisnis seperti Shopee, ShopeePay, dan ShopeeFood dan lebih dari 50 persen bergabung sejak dimulainya pandemik COVID-19.

“Kami juga terus merekrut talenta-talenta terbaik untuk mengembangkan tim kami. Langkah penyesuaian yang diambil pada segmen dan pasar tertentu, dipastikan tidak melibatkan Shopee Indonesia,” kata Direktur Eksekutif Shopee Indonesia, Handhika Jahja.

Shopee Indonesia juga masih aktif merekrut talenta-talenta digital, melalui program Sea Labs Indonesia yang diresmikan Presiden RI Joko “Jokowi” Widodo pada Maret 2022 lalu.

Baca Juga: Tips Belanja Murah untuk Ciptakan Rumah Impian ala Shopee

2. Shopee memiliki misi majukan UMKM Indonesia

Shopee Indonesia Dipastikan Aman dari PHK Massal! ilustrasi Shopee Food (shopee.co,id)

Handhika menambahkan, misi Shopee di Indonesia tetap sama yakni mewujudkan kehidupan yang lebih baik.

“Bagi mereka yang belum terlayani dengan baik, melalui teknologi dengan berkolaborasi dengan berbagai pihak, termasuk pemerintah Indonesia, untuk menciptakan berbagai kerja sama strategis demi mewujudkan misi ini,” ujar dia.

Dalam 6 bulan terakhir, Shopee juga tengah menghadirkan berbagai inisiatif untuk memajukan UMKM di Indonesia, termasuk Kampus UMKM Shopee yang hadir di Pulau Jawa, Sumatera, Kalimantan dan Sulawesi yang telah melatih puluhan ribu UMKM lokal keterampilan bisnis digital.

Selain itu program Java in Paris yang membawa ribuan produk UMKM lokal di Shopee tembus kurasi dan bisa dijual di Paris.

3. Sejumlah karwayan Shopee di berbagai negara terkena dampak

Shopee Indonesia Dipastikan Aman dari PHK Massal! IDN Times/ Helmi Shemi

Sebelumnya, Shopee disebut akan melakukan PHK massal di sejumlah negara. Sejauh ini, sebagian karyawan ShopeeFood dan ShopeePay di Amerika Latin dipastikan terkena dampak.

Tak hanya itu, Shopee juga dikabarkan menutup operasionalnya di Spanyol, Prancis dan India.

Namun, Shopee menegaskan tetap melanjutkan operasi seperti biasa meski ada pengurangan karyawan.

Baca Juga: Survei: Grab Super App Terbaik Asia Tenggara, Shopee Kedua

Topic:

  • Hana Adi Perdana

Berita Terkini Lainnya