Comscore Tracker

5 Investasi Uang Paling ‘Sehat’ yang Harus Kamu Lakukan di Usia 20-an

Jadi uangmu sudah diinvestasikan kemana aja?

Masa muda memang masa penentuan akan jadi orang seperti apa kamu di masa depan. Makanya, hal apapun yang dilakukan haruslah dengan pertimbangan konsekuensi yang akan didapat. Termasuk saat mengeluarkan uang, jangan sampai kamu menghabiskannya ke sesuatu yang tidak membawa dampak baik apa-apa.

Biar gak sia-sia, lakukan lima investasi uang paling sehat di usia 20an ini harus kamu lakukan. Karena waktu gak bisa terulang lagi, pastikan kamu melakukan hal yang membuatmu puas, ya!

1. Traveling

5 Investasi Uang Paling ‘Sehat’ yang Harus Kamu Lakukan di Usia 20-anunsplash.com/Haley Phelps

Alih-alih menyesal, kamu gak akan rugi menginvestasikan uangmu untuk traveling. Pergi ke tempat yang belum pernah kamu kunjungi, kenalan sama banyak orang, belajar budaya, membayar untuk pengalaman merupakan hal yang lebih mahal dari uang berapapun. Kamu bakal jadi lebih menghargai dan berpikiran luas karena kamu melihat bahwa dunia ini gak sekadar tentang cari uang dan mengumpulkan pundi-pundi saja. Pada akhirnya kamu jadi lebih menghargai apa itu hidup.

2. Teman dan keluarga

5 Investasi Uang Paling ‘Sehat’ yang Harus Kamu Lakukan di Usia 20-anunsplash.com/Dhuy Pam

Intensitas pertemuan yang sering dan begitu banyak waktu yang sudah kamu habiskan bersama mereka pasti membuatmu tidak ingin lagi mengeluarkan banyak uang. Namun, terkadang waktu saja gak cukup. Butuh investasi uang untuk menambah kebahagiaan di antara kamu dan orang-orang terdekatmu. Kamu gak akan rugi, di tahun-tahun yang akan datang kamu akan melihat bahwa ini merupakan tindakan yang benar dan menjadikannya kenangan tidak terlupakan.

3. Pendidikan

5 Investasi Uang Paling ‘Sehat’ yang Harus Kamu Lakukan di Usia 20-anunsplash.com/Priscilla Du Preez

Terlepas dari gelar yang berhasil kamu dapatkan dengan susah payah, ada banyak pendidikan dan pengetahuan di bidang lain yang bisa kamu dapatkan sesuai dengan bakat dan minatmu. Tak melulu sekuler, investasi ke pendidikan bisa juga melalui berbagai macam kursus keterampilan yang membuatmu lebih menonjol. Melakukan hobi dan mendapat pengetahuan dengan belajar secara resmi, kamu akan jadi pribadi yang semakin percaya diri nantinya.

Baca Juga: 11 Prinsip Mengatur Uang di Usia 20-an Agar Bisa Mapan di Usia 30-an

4. Kesehatan

5 Investasi Uang Paling ‘Sehat’ yang Harus Kamu Lakukan di Usia 20-anunsplash.com/Juan Pablo

Menghabiskan uang untuk bayar gym dan beli makanan sehat gak akan buatmu rugi. Kalau dari muda kamu sudah berani menginvestasikan uang untuk kesehatanmu sendiri, di masa depan kamu pasti akan menuai keuntungannya. Ini merupakan salah satu pilihan investasi masa muda yang dampaknya bisa kamu ambil saat sudah tua jadi jangan lewatkan kesempatan untuk hidup sehat.

5. Tabungan

5 Investasi Uang Paling ‘Sehat’ yang Harus Kamu Lakukan di Usia 20-anunsplash.com/Austin Distel

Disaat gencar-gencarnya kamu ‘menikmati hidup’, tetap ingatlah untuk menyisihkan uang untuk menabung. Hal ini lebih kepada tanggung jawab pada dirimu sendiri di masa depan. Karena hari esok tidak ada yang bisa memprediksi, jadi alangkah baiknya bersiap-siap dari sekarang supaya di masa depan gak merepotkan siapa-siapa.

Kamu tidak akan rugi jika menginvestasikan uang untuk semua hal di atas. Sebaliknya, kamu akan mendapatkan pengalaman dan kebahagiaan yang harganya gak sebanding dengan uang sebanyak apapun. Intinya, hiduplah dengan masa muda yang menyenangkan, mencari banyak pengalaman dan pelajaran, supaya nantinya kamu hanya akan menuai rasa bangga.

Baca Juga: 5 Keuntungan Jika Lihai Mengatur Waktu, Jangan Sampai Menyesal Belakangan

Stella Azasya Photo Verified Writer Stella Azasya

A chronic daydreamer || IG: @stellaazasya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Just For You