Comscore Tracker

5 Hal yang Harus Kamu Tanyakan pada Diri Sendiri Sebelum Beli Sesuatu

Hayo… jangan boros…

Sering lapar mata, kamu yang punya sifat boros pasti sulit sekali menghentikan kebiasaan buruk ini, apalagi menabung. Jangan dibiarkan, kamu butuh serius untuk mengurangi atau bahkan menghentikan sikap buruk ini. Bikin kantong selalu kosong, kamu yang sudah bekerja keras bisa jadi gak akan menikmati apa pun di masa depan, lho.

Makanya, penting banget buat kamu menanyakan lima hal di bawah ini sebelum membeli sesuatu. Jangan sampai keterusan, kamu bisa rugi sendiri nantinya!

1. “Ada, gak, barang yang aku punya dengan fungsi serupa dengan barang ini?”

5 Hal yang Harus Kamu Tanyakan pada Diri Sendiri Sebelum Beli Sesuatuunsplash.com/Cam Morin

Orang boros tidak mempertimbangkan apa yang dia punya, tapi hanya menuruti keinginan matanya saja. Nah, kamu harus berpikir ulang. Apakah kamu punya barang itu atau tidak? Kalau punya, apakah fungsinya serupa dan masih bisa digunakan? Kalau jawabannya ya, jangan beli barang itu!

2. “Apa aku benar-benar butuh?”

5 Hal yang Harus Kamu Tanyakan pada Diri Sendiri Sebelum Beli Sesuatuunsplash.com/Jacek Dylag

Bisa saja kamu hanya pengin sementara saja. Tanyakan pertanyaan ini terus-menerus setiap kali kamu memiliki hasrat untuk membelinya. Jangan termakan dengan hawa nafsu sesaat yang akan kamu sesali nanti. Percuma kamu beli sekarang kalau nanti sebelum akhir bulan kamu sudah kehabisan uang.

Baca Juga: Rekomendasi 5 Brand Hijab Lokal yang Bikin Kamu Kalap Belanja

3. “Apa ada cara lain untuk mencapai apa yang aku mau tanpa barang ini?"

5 Hal yang Harus Kamu Tanyakan pada Diri Sendiri Sebelum Beli Sesuatuunsplash.com/Artem Beliaikin

Ini tergantung dari apa tujuanmu dan bagaimana barang tersebut berperan di dalamnya. Kalau kamu tetap bisa mencapai tujuan tanpa barang itu, ya, jangan beli. Namun, kalau barang tersebut satu-satunya sarana kamu mencapai tujuan, kamu boleh membelinya, kok.

4. “Berapa lama aku mengumpulkan uang yang setara sama barang ini? Sepadan, gak, ya?”

5 Hal yang Harus Kamu Tanyakan pada Diri Sendiri Sebelum Beli Sesuatuunsplash.com/freestocks.org

Mempertimbangkan kerja keras bakal bikin kamu lebih selektif. Kamu jadi sayang dengan kerja keras yang sudah kamu lakukan berbulan-bulan hanya untuk beli satu barang yang sebenarnya gak begitu kamu butuhkan. Kalau sudah menanyakan ini dan kamu merasa sayang dengan kerja kerasmu, jangan dibeli.

5. “Ada, gak, cara lain biar lebih murah mendapatkannya?”

5 Hal yang Harus Kamu Tanyakan pada Diri Sendiri Sebelum Beli Sesuatuunsplash.com/Charles PH

Pertanyaan ini harus kamu tanyakan kalau memang kamu sudah benar-benar butuh barang itu. Cari tahu apakah kamu bisa dapat barang serupa dengan harga yang lebih murah.

Kalau tidak, pertimbangkan apakah kamu punya cukup uang untuk membelinya. Semisal kurang, jangan memaksakan diri untuk beli. Menabunglah sedikit lagi agar kamu bisa mendapatkannya.

Jangan sampai lupa untuk menanyakan semua pertanyaan di atas sebelum kamu beli sesuatu. Kalau hanya mengikuti hawa nafsu, gak akan ada uang yang cukup untuk memenuhinya.

Kamu harus bijak dari sekarang kalau mau bahagia di masa depan. Jangan sampai hasil jerih lelahmu habis ke hal-hal yang gak penting, ya. Selamat mangatur keuanganmu!

Baca Juga: Jangan Lapar Mata, Terapkan 5 Tips Berikut Saat Belanja Bulanan!

Stella Azasya Photo Verified Writer Stella Azasya

A chronic daydreamer || IG: @stellaazasya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Just For You