Comscore Tracker

Jokowi: Indonesia Harus Menjadi Pusat Gravitasi Ekonomi Syariah

"Ekonomi syariah Indonesia berada di peringkat 4 dunia."

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo mengatakan Indonesia harus menjadi pemain utama dalam ekonomi syariah dan industri halal di dunia. Sebab Indonesia adalah negara dengan penduduk muslim terbesar di dunia.

"Indonesia harus menjadi pusat gravitasi ekonomi syariah dunia," kata Jokowi seperti yang disiarkan di kanal YouTube Sekretariat Presiden, Jumat (22/10/2021).

1. Jokowi: Peringkat ekonomi syariah Indonesia terus naik

Jokowi: Indonesia Harus Menjadi Pusat Gravitasi Ekonomi SyariahPresiden Jokowi dan Wapres Ma'ruf Amin melakukan Peringatan Hari Santri Nasional dan Peluncuran Logo Baru Masyarakat Ekonomi Syariah di Istana Negara pada Jumat (22/10/2021). (youtube.com/Sekretariat Presiden)

Jokowi bersyukur perkembangan ekonomi syariah di Indonesua cukup pesat. Berdasarkan data The State of Global Islamic Economy Indikator Report, sektor ekonomi syariah Indonesia telah mengalami pertumbuhan yang berarti.

"Ini kita lihat dari tahun demi tahun. Tahun 2018 ekonomi syariah Indonesia berada di peringkat 10 besar dunia. Ini di 2018. Kemudian di tahun 2019, naik menjadi peringkat 5. Dan tadi seperti yang disampaikan oleh Bapak Wapres di tahun 2020, ekonomi syariah Indonesia sudah berada di peringkat 4 dunia. Naik, naik, naik terus," ucap Jokowi.

Baca Juga: Ma'ruf Amin: Ekonomi Syariah Pilihan Rasional, Anak Muda Harus Paham

2. Jokowi minta adanya sinergi antar pemangku kepentingan

Jokowi: Indonesia Harus Menjadi Pusat Gravitasi Ekonomi SyariahPresiden Jokowi dan Wapres Ma'ruf Amin melakukan Peringatan Hari Santri Nasional dan Peluncuran Logo Baru Masyarakat Ekonomi Syariah di Istana Negara pada Jumat (22/10/2021). (youtube.com/Sekretariat Presiden)

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini mengingatkan Indonesia tak boleh berpuas diri. Dia menuturkan, perlu ada upaya yang sinergis antar pemangku kepentingan agar ekonomi syariah Indonesia tumbuh lebih pesat lagi. 

"Dan itulah peran penting yang harus dimainkan oleh masyarakat ekonomi syariah," tutur Jokowi.

3. Jokowi harap lulusan pesantren hingga madrasah bisa bersaing di pasar kerja

Jokowi: Indonesia Harus Menjadi Pusat Gravitasi Ekonomi SyariahPresiden Jokowi dalam acara Peringatan Hari Santri Nasional dan Peluncuran Logo Baru Masyarakat Ekonomi Syariah di Istana Negara pada Jumat (22/10/2021). (youtube.com/Sekretariat Presiden)

Jokowi berharap peran pendidikan di pesantre hingga madrasah bisa bersaing dengan pasar kerja. Ia berharap bisa mencetak lulusan yang inovatif.

"Peran pendidikan di pesantren, madrasah maupun pendidikan tinggi agama Islam sangat strategis. Mencetak lulusan yang inovatif dan berkewirausahaan. Mencetak lulusan yang mampu bersaing di pasar kerja. Dan menajdi wirausahawan sosial yang sukses," kata Jokowi.

Baca Juga: 12 Tuntutan BEM SI kepada Jokowi hingga Rachel Vennya Minta Maaf

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya