Comscore Tracker

Jokowi Minta Pedagang Fokus pada Produk Unggulan: Jangan Latah!

Jokowi ingin tiap daerag manfaatkan peluang ekspor

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo meminta setiap daerah untuk fokus pada produk unggulannya. Jokowi meminta setiap daerah bisa saling menopang dengan produk masing-masing.

"Jangan semua dikerjain, sehingga nanti ke depan bisa saling menopang. Kita ini kan senangnya latah, karet ramai, semua taman karet, sawit ramai semua tanam sawit, sawit ambruk semua juga ambruk, karet harganya jatuh semuanya juga ikut jatuh, jangan seperti itu," ujar Jokowi saat membuka Apkasi Otonomi Expo (AOE) 2021, yang disiarkan langsung di kanal YouTube Sekretariat Presiden, Rabu (20/10/2021).

Baca Juga: Ekspor September Turun Tipis 3,84 Persen Jadi 20,60 Miliar Dolar

1. Jokowi minta tiap daerah harus berani manfaatkan peluang ekspor

Jokowi Minta Pedagang Fokus pada Produk Unggulan: Jangan Latah!Presiden Jokowi buka Apkasi Otonomi Expo (YouTube Sekretariat Presiden)

Jokowi meminta tiap daerah harus berani berkompetisi untuk memanfaatkan peluang ekpor. Sehingga, produk ekspor Indonesia akan dikenal dan kompetitif di pasar global. Dia pun menyebut nilai ekspor Indonesia tahun ini dari Januari-Agustus mencapai 142 miliar dolar AS, tumbuh 37,7 persen year on year.

"Artinya ekspor kita tumbuh bagus sekali 37,7 persen YoY. Kalau daerah bisa memanfaatkan ini karena hampir semua negara membutuhkan komoditas-komoditas kita, sehingga jangan sampai daerah menghambat membuat ruwet perizinan tidak mendorong ekspor kita bisa berkembang dengan baik," jelas Jokowi.

Baca Juga: Capai Rp61,5 Triliun, Neraca Perdagangan Surplus 17 Bulan Beruntun!

2. Jokowi sebut pasar ekspor masih terbuka lebar

Jokowi Minta Pedagang Fokus pada Produk Unggulan: Jangan Latah!Ilustrasi perdagangan (ANTARA FOTO)

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu juga menyebut pasar ekspor masih terbuka lebar. Mitra dagang Indonesia juga sudah mulai banyak yang pulih.

"Tingkok tumbuh 7,9 persen, Amerika tumbuh 12,2 persen, Jepang tumbuh 7,6 persen, India bahkan tumbuh 20,1 persen, peluang ini yang membuat kita harus mendorong produk-produk kita masuk ke negara-negara yang tadi saya sebut," ucap Jokowi.

Baca Juga: Survei SMRC: 37 Persen Warga Nilai Ekonomi Rumah Tangganya Memburuk

3. Jokowi ingin perdagangan antardaerah terus dikembangkan

Jokowi Minta Pedagang Fokus pada Produk Unggulan: Jangan Latah!Presiden Jokowi sapa masyarakat di Tarakan, Kalimantan Utara, pada Selasa (19/10/2021). (dok. Biro Pers Kepresidenan)

Tak hanya itu, Jokowi turut mengingatkan agar perdagangan antardaerah, antarpulau perlu terus dikembangkan. Menurutnya, Apkasi Otonomi Expo jadi peluang agar setiap daerah bekerja sama untuk perkuat perdagangan.

"Sekaligus memperkuat ekspor kita ke negara-negara lain, termasuk perluasan pasar-pasar ekspor baru dan jangan lupa sekali lagi pasar dalam negeri yang sangat potensial, yang sangat besar karena jumlah penduduk kita 270 juta dan kelas menengah bertumbuh sangat pesat," kata dia.

Topic:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya