Comscore Tracker

Jokowi Pacu Proyek Patimban agar Segitiga Kawasan Ekonomi Tercipta

Pelabuhan Patimban jadi pusat perdagangan di superkoridor

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo meminta proyek pembangunan Pelabuhan Patimban yang berada di Subang, Jawa Barat, dipercepat. Sebab, dia menginginkan agar Pantai Utara Jawa menjadi superkoridor ekonomi Indonesia.

"Kita akan percepat Pelabuhan Patimban di Kabupaten Subang Jawa Barat, dan kita harapkan Pelabuhan Patimban ini memiliki peran yang penting dan strategis dalam pertumbuhan dan perdagangan di wilayah Jawa Barat," kata Jokowi dalam rapat terbatas yang disiarkan di channel YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (22/9/2020).

1. Pantai utara Pulau Jawa harus jadi superkoridor ekonomi Indonesia

Jokowi Pacu Proyek Patimban agar Segitiga Kawasan Ekonomi TerciptaJokowi memberi arahan dalam rapat terbatas pada Senin (14/9/2020) (Dok. Biro Pers Kepresidenan)

Jokowi mengatakan pantai utara di Pulau Jawa yang sudah tersambung dengan jalan tol harus menjadi superkoridor perekonomian Indonesia. Menurutnya, infrastruktur di kawasan tersebut sudah terbilang siap.

"Karena fasilitas-fasilitas infrastruktur sudah relatif lebih siap sehingga setiap kawasan industri, kawasan pariwisata, sentra-sentra pertanian harus tersambungkan dengan jalan tol ini," ujarnya.

2. Jokowi ingin ada kawasan segitiga ekonomi yang bisa menjadi tempat ekspor, khususnya otomotif

Jokowi Pacu Proyek Patimban agar Segitiga Kawasan Ekonomi TerciptaPelabuhan Patimban (Dok. Kemenhub)

Dengan Pelabuhan Patimban sebagai pusat perdagangan di superkoridor Pantura, Jokowi ingin mewujudkan segitiga kawasan ekonomi yaitu Pelabuhan Patimban, Airport Kertajati, serta kawasan kawasan industri di Bekasi, Karawang, dan Purwakarta.

Namun, dia menekankan bahwa pemerintah tidak ingin menjadikan hal itu sebagai pesaing dari Pelabuhan Tanjung Priok. Mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut justru berharap agar Pelabuhan Patimban dan Tanjung Priok bisa saling mengisi.

Dia juga berharap kawasan-kawasan tersebut bisa saling mendukung satu sama lain. "Yang kita harapkan, jika Pelabuhan Patimban ini selesai terbangun, segitiga kawasan pertumbuhan ekonomi saling terkoneksi," ucap Jokowi.

Dengan demikian, Jokowi berharap Indonesia memiliki daya saing terutama untuk produk-produk ekspor. "Dan lebih khusus lagi di bidang otomotif. Karena itu sudah beberapa kali menyampaikan juga saat peninjauan di lapangan agar dilakukan percepatan penyelesaian pembangunan Pelabuhan Patimban ini," jelasnya.

3. Jokowi minta KKP perhatikan dampak sosial ekonomi bagi nelayan di sekitar Pelabuhan Patimban

Jokowi Pacu Proyek Patimban agar Segitiga Kawasan Ekonomi TerciptaPresiden Jokowi melakukan kunjungan kerja ke Yogyakarta, Jumat (28/8/2020) (Dok.Biro Pers Kepresidenan)

Selain itu, pria yang pernah menjabat sebagai Wali Kota Solo itu juga meminta agar Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) memperhatikan dampak sosial ekonomi di Pelabuhan Patimban bagi para nelayan.

"Ini Tolong dilihat betul. Kau memerlukan dukungan sarana dan prasarana untuk kapal misalnya bagi para nelayan yang terdampak ini agar KKP ini bisa memberikan bantuannya kepada para nelayan," instruksi Jokowi.

Baca Juga: Pelabuhan Patimban Tahap I Ditargetkan Beroperasi November 2020

Topic:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya