Comscore Tracker

Jokowi Tak Akan Impor Beras hingga Akhir Tahun, Jika Hal Ini Terpenuhi

Jokowi ingin produksi beras semakin baik

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo mengatakan pemerintah tak akan mengimpor beras hingga akhir tahun. Namun dengan catatan, jika produksi beras dalam negeri terus bagus.

Ia pun mengatakan pemerintah ingin produksi beras di Tanah Air semakin baik ke depannya.

"InsyaAllah nanti sampai akhir tahun, kalau kita tahan produksinya bagus, berarti juga tidak akan impor," ujar Jokowi usai berdialog dengan para petani di Indramayu, Jawa Barat, yang disiarkan di kanal YouTube Sekretariat Presiden, Rabu (21/4/2021).

1. Ini pertimbangan pemerintah jika harus impor beras

Jokowi Tak Akan Impor Beras hingga Akhir Tahun, Jika Hal Ini TerpenuhiANTARA FOTO/Syifa Yulinnas

Baca Juga: Blak-blakan! Jokowi Ungkap Pertimbangan Jika Pemerintah Impor Beras

Jokowi menegaskan pemerintah sebenarnya tak ingin mengimpor beras. Namun, ada berbagai pertimbangan yang menyebabkan pemerintah mengambil keputusan impor.

Misalnya, bencana alam dan pandemik COVID-19 membuat pemerintah membutuhkan tambahan cadangan beras.

"Tentu saja kita juga ingin swasembada. Pemerintah sebetulnya tidak senang, tidak suka yang namanya impor beras. Tapi karena hitung-hitungan, banyak yang kena banjir, pandemik, kadang memang hitung-hitungan kalkulasi, waduh ini kurang sehingga perlu tambahan untuk cadangan," kata Jokowi.

2. Jokowi tegaskan pemerintah tak akan impor beras hingga Juni 2021

Jokowi Tak Akan Impor Beras hingga Akhir Tahun, Jika Hal Ini TerpenuhiPresiden Joko Widodo (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)

Sebelumnya, Jokowi menegaskan pemerintah tidak akan melakukan impor beras hingga Juni 2021. Menurutnya, selama tiga tahun ini pemerintah tidak pernah melakukan impor beras.

"Saya pastikan bahwa sampai bulan Juni 2021 tidak ada beras impor yang masuk ke negara kita. Kita tahu sudah hampir tiga tahun ini kita tidak mengimpor beras," kata Jokowi dalam keterangan persnya yang disiarkan di kanal YouTube Sekretariat Presiden, Jumat (26/3/2021).

3. Jokowi jamin beras petani akan diserap Bulog

Jokowi Tak Akan Impor Beras hingga Akhir Tahun, Jika Hal Ini TerpenuhiPresiden Joko Widodo memberikan pemaparan saat menjadi pembicara kunci pada Indonesia Digital Economy Summit 2020 di Jakarta, Kamis (27/2/2020) (ANTARA FOTO/Restu P)

Jokowi pun menjamin beras petani akan diserap Bulog. Ia akan memerintahkan Menteri Keuangan Sri Mulyani untuk menganggarkannya.

"Saya tahu kita memasuki masa panen dan harga beras di serikat petani belum sesuai yang diharapkan," ujar Jokowi.

Baca Juga: Jokowi Janji Tak Impor Beras Thailand dan Vietnam hingga Juni 2021 

Topic:

  • Jihad Akbar

Berita Terkini Lainnya