Comscore Tracker

Jokowi: Tantangan Terbesar Kita adalah Memulihkan Ekonomi

Jokowi tak ingin kuartal selanjutnya ekonomi RI merosot

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo menggelar rapat terbatas untuk pemulihan ekonomi di tengah pandemik virus corona atau COVID-19. Meski pertumbuhan ekonomi di Kuartal I 2020 menurun drastis, Jokowi tak ingin kuartal selanjutnya terus menurun.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu pun menyebut tantangan terbesar Indonesia saat ini adalah memulihkan ekonomi. Maka, dia meminta agar semua skema pemulihan ekonomi segera dioperasionalkan di lapangan. Hal itu agar bisa meningkatkan perekonomian Indonesia ke depannya.

1. Jokowi sebut Indonesia harus siap untuk memulihkan ekonomi

Jokowi: Tantangan Terbesar Kita adalah Memulihkan EkonomiDok. Biro Pers Kepresidenan

Jokowi menyampaikan, tantangan terbesar Indonesia saat ini adalah menyiapkan pemulihan ekonomi. Sebab, sejak pandemik melanda Indonesia, sektor ekonomi menjadi salah satu yang terdampak cukup besar.

"Tantangan kita terbesar saat ini bagaimana menyiapkan pemulihan ekonomi yang tepat, dieksekusi dengan cepat, dengan kecepatan, agar laju pertumbuhan ekonomi negara kita tidak terkoreksi lebih dalam lagi," tutur Jokowi dalam rapat terbatas yang disiarkan langsung di channel YouTube Sekretariat Presiden, Rabu (3/6).

Baca Juga: Jokowi Minta Proyek Strategis untuk Pemulihan Ekonomi Dipercepat

2. Jokowi minta pertumbuhan ekonomi di kuartal selanjutnya jangan sampai turun

Jokowi: Tantangan Terbesar Kita adalah Memulihkan EkonomiDok. Biro Pers Kepresidenan

Jokowi menuturkan bahwa kuartal I pertumbuhan ekonomi di Indonesia hanya mampu mencapai 2,97 persen. Untuk kuartal II, III, dan IV, mantan Wali Kota Solo itu menginginkan agar tak lagi terjadi penurunan pertumbuhan ekonomi.

"Kuartal kedua, ketiga, dan keempat kita harus mampu menahan agar laju pertumbuhan ekonomi tidak merosot lebih dalam lagi, tidak sampai minus, dan bahkan kita harapkan kita pelan pelan mulai bisa rebound," jelasnya.

3. Jokowi minta skema program pemulihan ekonomi segera dieksekusi

Jokowi: Tantangan Terbesar Kita adalah Memulihkan EkonomiDok. Biro Pers Kepresidenan

Oleh karena itu, lanjut Jokowi, guna memulihkan ekonomi Indonesia di tengah wabah virus corona, ia meminta agar skema yang sudah dirancang segera dieksekusi. Salah satunya seperti bunga untuk UMKM.

"Penempatan dana untuk bank-bank terdampak restrukturisasi, penjaminan kredit modal kerja, PMN untuk BUMN dan investasi pemerintah untuk modal kerja. Saya harapkan, saya minta dan saya ingin pastikan ini harus segera operasional di lapangan segera dilaksanakan," perintah Jokowi.

Baca Juga: New Normal Segera Berlaku, Mahfud: Bukan Semata Pertimbangan Ekonomi 

Topic:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya