Comscore Tracker

Luhut: Saya Jamin UU Cipta Kerja Bikin Nasib Buruh Lebih Baik!

Masalah skill juga harus diperhatikan

Jakarta, IDN Times - Menteri Koordinator Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menjamin bahwa Undang-Undang Cipta Kerja (UU Ciptaker) tidak akan merugikan buruh. Menurutnya, UU Ciptaker justru membuat buruh menjadi lebih baik ke depannya.

"Saya jamin. Pasti akan lebih baik pada buruh ke depan. Karena pelatihan-pelatihan akan membuat mereka lebih efisien dan penjaminan-penjaminan semua saya pikir akan lebih bagus, dan itu berlaku universal," tutur Luhut dalam acara Indonesia Lawyers Club yang ditayangkan di Tv One, Selasa (6/10/2020).

1. Luhut sebut kualitas buruh harus diperhatikan juga agar tidak ketinggalan dalam teknologi

Luhut: Saya Jamin UU Cipta Kerja Bikin Nasib Buruh Lebih Baik!Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan diminta Presiden Jokowi untuk fokus menangani kasus Covid-19 di sembilan provinsi yang berkontribusi besar terhadap total kasus nasional (ANTARA/HO-Kemenko Kemaritiman dan Investasi)

Luhut menyampaikan, pemerintah harus menyeimbangkan antara penerimaan dan skill. Pemerintah, kata dia, punya kewajiban melatih para pegawainya sehingga mereka betul-betul pegawai yang berkualitas. Jadi tingkat kerjanya bisa bagus seperti di negara-negara lain.

"Ingat, kita ini harus bicara kualitas. Harus bicara productivity. Tidak hanya bicara jumlah kerjaan, tapi juga productivity. Karena ini semua kan bicara teknologi ke depan. Kita harus train. kita dorong nanti di pertanian, kita dorong di perikanan, kita dorong banyak industri land. Karena kita jangan sampai ketinggalan dalam teknologi," paparnya.

Baca Juga: UU Ciptaker Dikritik, Luhut: Tunjukkan di Mana yang Merugikan Buruh

2. Luhut tidak setuju pembahasan UU Ciptaker disebut dilakukan diam-diam

Luhut: Saya Jamin UU Cipta Kerja Bikin Nasib Buruh Lebih Baik!Ratusan buruh berunjuk rasa di kawasan Jatiuwung, Kota Tangerang, Banten, Senin (5/10/2020). Dalam aksinya mereka menolak 'omnibus law' dan mengancam akan melakukan mogok kerja pada 6-8 Oktober 2020 (ANTARA FOTO/Fauzan)

Luhut menegaskan bahwa pemerintah tidak pernah berniat untuk membuat rakyatnya menderita. "Tidak ada satu pemerintahpun yang ingin rakyatnya menderita atau buruhnya menderita, pengusahanya menderita," kata dia.

Luhut pun tak setuju apabila pembahasan UU Ciptaker disebut dilakukan diam-diam. Menurutnya, proses pembahasan omnibus law ini sudah berlangsung sejak lama.

"Jangan dibilang diam-diam. Proses ini sudah panjang. Saya sejak jadi Menko Polhukam, pikiran ini sudah ada. Karena kita dianggap satu negara yang tidak kompetitif di kawasan ini. Oleh karena itu, kita mencoba melihat keseimbangan," tutur Luhut.

3. Luhut sebut UU Ciptaker tidak rugikan buruh

Luhut: Saya Jamin UU Cipta Kerja Bikin Nasib Buruh Lebih Baik!Ilustrasi demo buruh (ANTARA)

Luhut menuturkan, pembahasan mengenai UU Ciptaker tidak pernah dilakukan diam-diam karena semua pihak diundang, termasuk para buruh. Dia menyebut tidak mungkin pemerintah membuat sesuatu yang buruk bagi para buruh.

"Tidak akan kita membuat sesuatu yang tidak baik bagi buruh kita. Tunjukkan di mana. Semua presiden mengakomodasi yang bisa diakomodasi. Tapi kita juga kan mesti dengar dari sisi lain. Tidak boleh dong kau mau menang sendiri. Itu hidup," ucapnya.

Baca Juga: Luhut: Negara Luar Puji Jokowi Berani Buat Perubahan Lewat UU Ciptaker

Topic:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya