Comscore Tracker

Pemerintah akan Dorong Pelabuhan Patimban untuk Ekspor Otomotif

Akan dilakukan soft opening pada November 2020

Jakarta, IDN Times - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan bahwa pemerintah akan mempercepat pembangunan Pelabuhan Patimbang yang berada di Subang, Jawa Barat. Ia mengatakan, Pelabuhan Patimban nantinya digunakan untuk mendorong ekspor dan industri otomotif.

"Diharapkan dengan pelabuhan ini, maka ekspor daripada otomotif bisa dilakukan melalui Pelabuhan Patimban," kata Airlangga dalam keterangan persnya yang disiarkan langsung di channel YouTube Sekretariat Kabinet RI, Selasa (22/9/2020).

1. Kapasitas ekspor di Pelabuhan Patimban capai 7,5 juta

Pemerintah akan Dorong Pelabuhan Patimban untuk Ekspor OtomotifMenhub Budi Karya tinjau Pelabuhan Patimban (Dok. Kemenhub)

Airlangga menyampaikan, kapasitas awal terkait potensi ekspor di Pelabuhan Patimban sebesar 7,5 juta dan masih bisa ditingkatkan. Sehingga, potensi awal ekspor akan dilakukan untuk industri otomotif.

"Sehingga yang bisa menjadi potensi awal itu adalah otomotif, di mana otomotif itu sekarang sentranya ada di Bekasi, Karawang, dan Purwakarta," tutur Airlangga.

Baca Juga: Pelabuhan Patimban Tahap I Ditargetkan Beroperasi November 2020

2. Target ekspor di Pelabuhan Patimban akan terus ditingkatkan

Pemerintah akan Dorong Pelabuhan Patimban untuk Ekspor OtomotifANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra

Mengenai target ekspor, Airlangga menyebut akan terus ditingkatkan oleh pemerintah. Untuk produksi otomotifnya saja bisa meningkat sampai 2 juta di tahun 2025.

"Dari itu mungkin ekspornya bisa kita dorong antara 30-40 persen, kalau sekarang sekitar 20 persen. Kalau 40 persen dari 2 juta itu kan bisa mencapai sekitar 700-800 ribu sedangkan ekspor pada hari ini melalui Pelabuhan Tanjung Priok sekitar 200.000 kendaraan," ujar Airlangga.

3. Soft lauching Pelabuhan Patimban akan dilaksanakan pada November 2020

Pemerintah akan Dorong Pelabuhan Patimban untuk Ekspor OtomotifJokowi memimpin rapat terbatas pada Selasa (22/9/2020) (Dok. Biro Pers Kepresidenan)

Presiden Jokowi, kata Airlangga, menargetkan soft launching Pelabuhan Patimban akan dilaksanakan pada November 2020. Ia mengatakan, saat ini seluruh konstruksi hampir selesai.

"Namun penentuan operator diharapkan bisa dipercepat di tahun ini, sehingga soft opening bisa dilakukan soft launching di bulan November, Desember ini," jelasnya.

Baca Juga: Jokowi Pacu Proyek Patimban agar Segitiga Kawasan Ekonomi Tercipta

Topic:

  • Teatrika Handiko Putri
  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya