Comscore Tracker

Perusahaan Swasta Monopoli Tol Laut, Luhut: Akan Kami Tindak!

Luhut akan kerja sama dengan Bakamla dan Beacukai

Jakarta, IDN Times - Menteri Koordinator (Menko) Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengungkapkan pihaknya akan menindak tegas para perusahaan swasta yang memonopoli harga tol laut. Luhut mengaku saat ini pemerintah tengah mengecek dugaan monopoli tol laut tersebut.

Adanya monopoli dari perusahaan swasta itu sempat disinggung Presiden Joko "Jokowi" Widodo di rapat terbatas (ratas) mengenai program dan kegiatan di bidang maritim dan investasi, di Kantor Presiden, Jakarta Pusat, Rabu (30/10).

1. Luhut akan tindak perusahaan swasta yang lakukan monopoli tol laut

Perusahaan Swasta Monopoli Tol Laut, Luhut: Akan Kami Tindak!IDN Times/Teatrika Handiko Putri

Sebelumnya, Jokowi mengungkapkan rasa jengkelnya lantaran mencium bau monopoli tol laut yang dilakukan oleh perusahaan swasta. Menindaklanjuti hal itu, Luhut menyampaikan akan segera melakukan tindakan kepada perusahaan swasta tersebut.

"Tol laut cukup baik dan bisa turunkan inflasi dan turunkan juga 20-30 persen harga. Tapi belakangan ini kelihatannya hanya dimonopoli beberapa orang sehingga mereka jd atur harga. Dan kita lagi cek itu semua dan kita tahu kita akan tindak satu persatu," kata Luhut di Kompleks Istana Negara, Jakarta Pusat, Rabu (30/10).

Baca Juga: Tol Laut 8 Belum Beroperasi, Pelabuhan Ini Justru jadi Tempat Wisata

2. Luhut akan kerja sama dengan Bakamla dan Bea Cukai

Perusahaan Swasta Monopoli Tol Laut, Luhut: Akan Kami Tindak!IDN Times/Teatrika Handiko Putri

Dalam mengecek dugaan monopoli tol laut itu, Luhut mengatakan akan bekerja sama dengan Bakamla Angkatan Laut hingga Bea Cukai. Menurut dia, kerja sama dilakukan karena sebelumnya ia juga pernah bekerja sama dengan mereka.

"Saya senang bahwa koordinasi antara Bakamla Angkatan Laut dengan Bea Cukai dalam operasi penanggulangan smuggling nickel itu bagus, dan sekarang kita mau gunakan juga dalam konteks tol laut," ujar dia.

3. Luhut akan berkonsultasi dengan ahli hukum untuk tentukan sanksi

Perusahaan Swasta Monopoli Tol Laut, Luhut: Akan Kami Tindak!IDN Times/Teatrika Handiko Putri

Untuk sanksi, Luhut akan berkonsultasi dengan ahli hukum terlebih dahulu. Apabila memang ada pelanggaran, kata dia, pemerintah pasti akan beri tindakan.

"Ya kita nanti liat hukumnya. Saya tanya ahli hukum. Kalau itu betul dilakukan ada pelanggaran apa, atau memang kita yang salah, kita biarkan cuma satu, dua perusahaan," tutur Luhut.

Baca Juga: Dampingi Jokowi Tinjau Tol Laut NTT, Menhub Lakukan Evaluasi

4. Jokowi minta Luhut atasi perusahaan swasta yang lakukan monopoli tol laut

Perusahaan Swasta Monopoli Tol Laut, Luhut: Akan Kami Tindak!IDN Times/Teatrika Handiko Putri

Dalam ratas hari ini, Presiden Joko "Jokowi" Widodo meminta Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan untuk fokus menangani masalah investasi dan tol laut yang saat ini dikuasai oleh swasta.

Jokowi mengungkapkan program tol laut secara konsep, sudah mendapatkan apresiasi dari masyarakat dan kepala daerah. Tol laut sendiri adalah konsep pengangkutan logistik kelautan yang dicetuskan oleh Presiden Jokowi.

Namun, kata Jokowi, akhir-akhir ini tol laut justru mendapatkan keluhan dari masyarakat. Alasannya, tol laut dinilai dikuasai oleh swasta saat ini sehingga biayanya ditentukan oleh mereka.

"Setelah tol laut inflasi, sempat turun harga juga turun 20-30 persen. Tapi akhir-akhir ini rute-rute yang ada ini barang-barangnya dikuasi swasta, sehingga harga barang ditentukan perusahaan ini," kata Jokowi di Kantor Presiden, Jakarta Pusat, Rabu (30/10).

Menurut Jokowi, hal itu harus menjadi fokus Menko Maritim dan Investasi dalam lima tahun ke depan. Setidaknya, kata dia, harus ada kompetitor pada sektor swasta agar harganya bisa kompetitif.

"Ini tolong dikejar dan diselesaikan. Saya gak tau apakah perlu intervensi dari Menteri BUMN untuk melakukan ini tapi paling tidak harus diberikan kompetisi, paling tidak ada kompetitornya. Sehingga (kalau) tol lautnya nanti ada, tapi harganya juga tetap ya untuk apa ada tol laut itu," tegas Jokowi.

"Tol laut itu dibangun untuk menurunkan cost biaya logistik transportasi kita, sehingga harga jadi jatuh turun. Tapi kalau dikuasai oleh satu perusahaan ya munculnya beda lagi. Kita beri fasilitas kepada dia, ini yang tidak kita kehendaki," sambungnya.

Baca Juga: Jokowi Minta Luhut Urus Tol Laut yang Dikuasai Swasta

Topic:

  • Anata Siregar

Just For You