Comscore Tracker

Wishnutama Sebut Rp72 Miliar Bukan untuk Influencer Saja

Insentif itu juga untuk promosi wisata

Jakarta, IDN Times - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Wishnutama menjelaskan tentang dana Rp72 miliar yang akan digelontorkan untuk influencer guna menangkal pelemahan ekonomi karena terdampak penyebaran virus corona baru atau COVID-19. Menurut dia, uang Rp72 miliar itu tidak hanya digunakan untuk influencer melainkan juga untuk promosi pariwisata.

"Jadi Rp72 miliar itu untuk promosi, untuk pengenalan destinasi wisata. Salah satunya, influencer," kata Wishnu di Kompleks Istana Negara, Jakarta Pusat, Rabu (26/2).

1. Wishnutama belum tahu detail anggaran untuk influencer

Wishnutama Sebut Rp72 Miliar Bukan untuk Influencer Saja(Menteri BUMN Erick Thohir dan Menparekraf Wishnutama di Rakor Rencana Pengembangan Benoa Maritime Hub) Dok.Istimewa

Tama mengatakan bahwa pemerintah akan menggunakan influencer internasional untuk mempromosikan pariwisata di Indonesia. Namu,n untuk detail anggaran setiap influencer, Wishnutama belum mengetahui detailnya.

"Saya belum hitung. Karena kita mesti tanya influencernya kan, misal kita pilih dari Amerika, kita cari influencer Amerika dong. Gitu dong. Masa kita mau pengaruhi market Amerika, tapi pakai influencer dari Indonesia. Kan gak ngaruh," ujar Tama.

Baca Juga: Promosikan Tempat Wisata, Influencer Dapat Diskon Pesawat Rp700 Ribu

2. Kriteria influencer masih dipelajari Wishnutama

Wishnutama Sebut Rp72 Miliar Bukan untuk Influencer SajaMenteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wisnutama Kusubandio (IDN Times/Fitang Budhi Adhitia)

Menyoal kriteria influencer-nya sendiri, Wishnutama mengaku belum pemerintah belum membahas hingga ke sana. Ia mengatakan masih akan mempelajarinya terlebih dahulu.

"Misalnya si A, engagement-nya berapa, viewers-nya berapa di YouTube atau Instagram. Nah dari gitu-gitu lah yang akan kita lihat. Yang paling bagus, akan kita approach," ucapnya.

3. Wishnutama tengah komunikasi dengan Sri Mulyani tekait anggaran influencer

Wishnutama Sebut Rp72 Miliar Bukan untuk Influencer SajaPresiden Jokowi memimpin rapat terbatas di Kantor Presiden, Jakarta Pusat, Selasa 25 Februari 2020 (IDN Times/Teatrika Handiko Putri)

Wishnutama menyampaikan, influencer yang akan diajak kerja sama oleh Indonesia bisa dari Amerika, Eropa, Australia, hingga India. Saat ini, ia tengah berkomunikasi dengan Menteri Keuangan Sri Mulyani untuk pembagian anggaran Rp72 miliar itu.

"Dan budget ini yang Rp72 miliar, termasuk travel agent, kerja sama dengan travel agent, join promotion, travel operator juga masuk di situ. Jadi ini besar," kata Wishnutama.

"Dan kita mesti tahu wilayah promosi kita ini besar sekali. Bukan cuma Indonesia aja. Dan dalam waktu secepatnya, untuk mengambil perhatian market dunia," tambahnya.

4. Rencana undang influencer akan dilakukan Maret

Wishnutama Sebut Rp72 Miliar Bukan untuk Influencer SajaIDN Times/ Helmi Shemi

Wishnutama menuturkan, rencana mengundang influencer itu akan dilakukan pada bulan Maret. Tetapi sejak saat ini sudah dipersiapkan segalanya.

"Rencananya kan ini baru bulan Maret ya kita bisa implementasi. Tapi sekarang sudah mulai rancang. Tapi detailnya belum lah, kan baru kemarin baru di-propose, disetujui, dan kita sudah coba rancang strateginya bagaimana," kata dia.

 

Baca artikel menarik lainnya di IDN Times App, unduh di sini http://onelink.to/s2mwkb

Baca Juga: Pemerintah Jangan Asal Guyur Influencer Rp72 Miliar demi Pariwisata

Topic:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya