Comscore Tracker

5 Hal yang Perlu Dilakukan Agar Uangmu Gak Cepat Habis di Awal Bulan

Apakah uangmu sering cepat habis di awal bulan?

Awal bulan adalah masa-masa paling membahagiakan bagi setiap orang karena pada saat itu uang gajian telah turun. Ketika gajian, terkadang seseorang cenderung bingung dalam memakai uang tersebut sehingga pengeluarannya menjadi tidak teratur. Alhasil uang gajianmu pun habis dalam waktu singkat.

Jika kamu tidak ingin hal tersebut terjadi, cobalah untuk membuang pola pikir jangka pendek yang hanya tertuju pada kesenangan sesaat. Ada lima hal yang bisa dilakukan agar uangmu gak cepat habis di awal bulan.

1. Hindari membeli barang-barang yang gak bersifat long-lasting

5 Hal yang Perlu Dilakukan Agar Uangmu Gak Cepat Habis di Awal Bulanunsplash.com/Arturo Rey

Salah satu cara paling ampuh untuk menghemat uang di awal bulan adalah dengan tidak membeli barang yang cepat habis. Hal tersebut akan membuat dompetmu menjadi semakin tersiksa karena kamu dituntut untuk membelinya jika habis. Contoh barang yang gak bersifat long-lasting adalah seperti sabun cair yang harganya lebih mahal daripada sabun batangan.

Pada saat di awal bulan godaan untuk membeli sesuatu yang cukup berkualitas sangatlah tinggi. Terkadang hal tersebut memang diperlukan namun tidak boleh terlalu sering. Cobalah untuk membeli barang-barang yang lebih terjangkau harganya serta bersifat lama agar dapat menghemat pengeluaranmu.

2. Jangan lupa menyisihkan uang gajimu untuk tabungan 

5 Hal yang Perlu Dilakukan Agar Uangmu Gak Cepat Habis di Awal Bulanunsplash.com/Nick Pampoukidis

Semua orang pasti setuju bahwa semakin sering menabung maka akan semakin besar pula kesempatanmu untuk merdeka secara finansial di masa tua. Untuk mewujudkan hal tersebut kamu perlu menyisihkan beberapa uang gajianmu di awal bulan demi kepentingan masa depan. Hal tersebut juga akan membantumu untuk lebih menghemat pengeluaran.

Namun yang harus diingat adalah kamu gak boleh terlalu berlebihan dalam berhemat. Ingatlah bahwa berhemat itu ada porsinya masing-masing. Usahakan kamu tidak menabung lebih dari lima puluh persen gajimu. Hal tersebut wajib dilakukan demi kebahagiaan diri di masa sekarang.

Baca Juga: 6 Cara Orangtua Millennials Mengajarkan Anak Pentingnya Berhemat

3. Kurangi jumlah uang cash yang ada di dompet

5 Hal yang Perlu Dilakukan Agar Uangmu Gak Cepat Habis di Awal Bulanunsplash.com/CardMapr

Tidak dapat dimungkiri bahwa menyimpan uang cash di dalam dompet akan menyebabkan risiko untuk hidup boros menjadi meningkat. Kamu pasti tidak akan sadar untuk membelanjakan uangmu karena rasa tidak mudah puas di dalam diri. Maka dari itu usahakn untuk meminimalisir jumlah uang yang ada di dompet.

Cobalah untuk mengubah gaya hidup menjadi seseorang yang cenderung menggunakan cashless dalam bertransaksi. Hal tersebut pasti akan membantumu untuk lebih hemat dalam hal pengeluaran. Lagipula bertransaksi menggunakan cashless terkadang memiliki diskon yang cukup banyak setiap saat.

4. Jangan terpancing jika banyak diskon yang mulai bertebaran 

5 Hal yang Perlu Dilakukan Agar Uangmu Gak Cepat Habis di Awal Bulanunsplash.com/Joshua Rawson-Harris

Sebelumnya telah disebutkan bahwa pada hakikatnya manusia memiliki sifat gak pernah puas. Hal tersebut memberikan pengaruh besar terhadap pola pikir seseorang dalam hal pengeluaran. Sifat gak pernah puas itu tidak bisa dihilangkan namun kamu bisa mengontrolnya. Salah satu caranya adalah dengan menahan diri ketika diskon mulai bertebaran.

Jangan pernah goyah untuk membeli semua barang yang sebenarnya gak terlalu kamu perlukan. Ingatlah dampak jangka panjang jika kamu memutuskan untuk memburu barang diskonan. Cobalah untuk berpikir lebih bijaksana dalam hal mengeluarkan uang agar kamu tidak tersiksa di kemudian hari.

5. Pikirkan tentang keberlangsungan hidupmu di akhir bulan 

5 Hal yang Perlu Dilakukan Agar Uangmu Gak Cepat Habis di Awal Bulanpexels.com/Juan Pablo Serrano Arenas

Agar pikiran untuk bersikap boros bisa enyah dari dalam diri, cobalah untuk memikirkan hidupmu di akhir bukan bulan. Jika saat ini kamu dengan mudah menghamburkan uang hanya untuk sesuatu yang tidak penting, lantas bagaimana nasibmu di akhir bulan? Kamu harus mempertimbangkan hal itu sebelum mengambil keputusan.

Jangan sampai kamu malah tersiksa di akhir bulan hanya karena uang gajimu sudah ludes sebab dibelanjakan. Cobalah untuk berpikir dua kali sebelum melakukan sesuatu, terutama yang berhubungan dengan finansial. Ingatlah bahwa kamu butuh uang untuk bertahan hidup. Oleh karena itu jangan sampai kehabisan karena perbuatan konyolmu.

Belajar mengelola keuangan agar tidak cepat habis di awal bulan adalah hal yang perlu dilakukan. Aturlah spending habit yang kamu miliki agar isi dompet tidak cepat habis.

Baca Juga: 5 Cara Menghemat Uang Belanja Ala Millennial, Coba Yuk!

Hamas Nurhan Photo Verified Writer Hamas Nurhan

Find me on instagram as @hamasnurhan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya