Comscore Tracker

Agar Impian Membangun Rumah Bisa Tercapai, Lakukan 5 Hal Ini

Harus segera dipersiapkan selagi masih muda!

Setiap orang pasti ingin membangun rumah impiannya. Namun rumah merupakan sebuah aset yang memiliki nilai fantastis. Pada masa sekarang, kamu bisa membangun rumah asalkan memiliki dana minimal ratusan juta rupiah di rekening.

Di umurmu yang relatif masih mudah, kamu memiliki kesempatan untuk mengumpulkan uang sebanyak-banyaknya agar bisa membangun rumah impian. Ada beberapa hal yang harus dilakukan agar kamu bisa memiliki cukup dana untuk membangun rumah. Untuk penjelasan lengkapnya, simak pembahasan ini.

1. Mencari penghasilan tambahan selagi masih kuliah atau sekolah

Agar Impian Membangun Rumah Bisa Tercapai, Lakukan 5 Hal IniIlustrasi kerja part time (pexels.com/Ketut Subiyanto)

Jika kamu masih duduk di bangku sekolah ataupun kuliah, mencari dana tambahan adalah hal yang sangat gampang. Kamu hanya perlu kemauan kuat untuk mendapatkan penghasilan tambahan agar tabunganmu terpenuhi.

Salah satu cara untuk mendapatkan dana tambahan saat kuliah adalah bekerja part-time atau membuka jasa desain atau semacamnya. Berani mencoba?

2. Memaksimalkan potensi diri dengan terus mengasahnya

Agar Impian Membangun Rumah Bisa Tercapai, Lakukan 5 Hal IniIlustrasi belajar (pexels.com/artem podrez)

Tujuan utama seseorang merasakan bangku pendidikan adalah agar memiliki kemampuan yang berguna bagi karier di masa depan. Agar bisa memiliki penghasilan yang cukup besar dari penghasilan saat kerja, maksimalkan potensi dirimu mulai sekarang.

Jika memiliki kemampuan yang cukup mumpuni, pekerjaanmu nantinya akan menghasilkan gaji tinggi. Oleh karena itu mulai sekarang coba deh maksimalkan potensi dirimu, ya!

Baca Juga: Gak Bisa Asal-asalan, Ini 5 Tips Penting Membangun Rumah Modern

3. Membiasakan diri untuk menabung agar tertanam habit hemat

Agar Impian Membangun Rumah Bisa Tercapai, Lakukan 5 Hal IniIlustrasi menabung (pexels.com/Joslyn Pickens)

Tidak ada gunanya memiliki penghasilan banyak jika kamu gak pandai menabung. Hal tersebut merupakan salah satu kemampuan yang wajib dimiliki jika ingin memiliki uang banyak.

Maka dari itu mulai sekarang cobalah untuk membangun habit hemat agar terbiasa menabung uang. Jangan lupa untuk menyisihkan beberapa rupiah uangmu sebagai dana darurat agar tidak mengganggu tabungan, ya!

4. Menaruh sebagian besar uang tabungan di reksa dana

Agar Impian Membangun Rumah Bisa Tercapai, Lakukan 5 Hal IniIlustrasi reksa dana (pexels.com/Anna Nekrashevich)

Reksa dana merupakan sebuah platform investasi yang sangat cocok jika kamu menginginkan keuntungan jangka panjang. Daripada menaruh uangmu di bank yang nilainya cenderung tetap, alangkah lebih baik jika mengalokasikan sebagian besar tabunganmu ke reksa dana.

Produk investasi ini sangat cocok jika kamu ingin membangun rumah untuk beberapa tahun ke depan. Yang terpenting dari investasi reksa dana adalah kamu harus rutin menaruh uang di sana tiap bulannya agar keuntungan bisa kerasa.

5. Kumpulkan uang agar bisa membeli tanah sesegera mungkin

Agar Impian Membangun Rumah Bisa Tercapai, Lakukan 5 Hal IniIlustrasi tanah kavling (unsplash.com/Maria Krasnova)

Salah satu aspek yang gak boleh dilupakan jika ingin membangun rumah adalah memiliki sebidang tanah. Tanah merupakan sebuah hal yang harganya lambat laun akan semakin tinggi. Selagi masih belum terlalu tinggi, coba kumpulkan uangmu dan belilah tanah mulai dari sekarang.

Hal tersebut tentunya akan menghemat pengeluaranmu nanti untuk membangun rumah karena kamu sudah memiliki sebidang tanah. Jika saat ini kamu memiliki uang yang cukup untuk membeli tanah, coba realisasikan sekarang juga, ya!

Membangun rumah impian memang merupakan sebuah hal yang patut diperjuangkan. Jika kamu bisa memperjuangkannya mulai dari sekarang, lantas mengapa menunggu nanti? Praktikkan kelima hal di atas, yuk!

Baca Juga: 5 Cara Cerdas Membangun Rumah Sejuk Tanpa AC, Berani Coba?

Hamas Nurhan R T Photo Verified Writer Hamas Nurhan R T

Find me on instagram as @hamasnurhan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya