Comscore Tracker

Jika Ada 5 Tanda Ini, Kamu Termasuk Orang yang Sudah Merdeka Finansial

Apakah kamu termasuk orang yang merdeka secara finansial?

Merdeka secara finansial merupakan sebuah istilah yang dapat diartikan sebagai keadaan di mana kamu memiliki materi berkecupan. Untuk mencapai titik itu, kamu harus mau mengorbankan masa-masa indah yang diselingi dengan foya-foya, diganti dengan kebiasaan rajin menabung.

Hal itu tentunya sangat susah untuk dilakukan karena pada hakikatnya manusia adalah makhluk yang konsumtif. Ada beberapa tanda yang dapat menunjukkan bahwa kamu sudah merdeka secara finansial. Jika kamu kepo apa saja tandanya, cek artikel ini baik-baik, yuk!

1. Tidak terlalu khawatir dengan istilah "tanggal tua"

Jika Ada 5 Tanda Ini, Kamu Termasuk Orang yang Sudah Merdeka Finansialpexels.com/andrea piacquadio

Jika sudah tidak ada kekhawatiran terhadap tanggal tua, berarti kamu dapat dikategorikan sebaga orang yang telah merdeka secara finansial. Hal itu karena kamu yakin bahwa isi dompetmu sudah mencukupi untuk kebutuhan akhir bulan maupun pada minggu selanjutnya.

Untuk mencapai tingkat seperti itu tentunya membutuhkan perjuangan yang cukup panjang. Kamu harus bisa meraih mimpi terlebih dahulu agar kemerdekaan secara finansial dapat datang secara beriringan. Oleh karena itu mulai sekarang jangan pernah menyerah dalam memperjuangkan mimpi.

2. Sudah bisa mengelola dana dengan baik tanpa adanya celah untuk berbuat boros

Jika Ada 5 Tanda Ini, Kamu Termasuk Orang yang Sudah Merdeka Finansialpexels.com/andrea piacquadio

Tidak semua orang memilki kemampuan untuk mengelola keuangannya dengan baik. Jika sudah memiliki kemampuan tersebut, dapat dikatakan bahwa kamu adalah orang yang telah mencapai kemerdekaan finansial. Kamu sudah bisa membatasi diri untuk tidak boros demi isi dompet yang stabil.

Dalam kehidupan sehari-hari, kamu juga cenderung akan berpikir secara realistis dalam pengelolaan materi sehingga tidak ada uang yang terbuang sia-sia. Mak dari itu mulai sekarang cobalah untuk belajar mengelola keuangan dengan cara tidak mudah terpengaruh tren-tren yang lagi booming.

3. Sudah melakukan investasi yang dapat menunjang hari tua nanti

Jika Ada 5 Tanda Ini, Kamu Termasuk Orang yang Sudah Merdeka Finansialunsplash.com/austin distel

Banyak pepatah mengatakan bahwa menabung itu pangkal kaya. Namun ada hal yang lebih menguntungkan daripada menabung yaitu berinvestasi. Banyak produk investasi yang bisa kamu beli untuk kesejahteraan di masa tua nanti. Namun sebelum terjun ke sana, kamu harus mempelajari dasar-dasar investasi terlebih dahulu.

Hal tersebut akan membuatmu untuk tidak jatuh ke dalam lubang investasi yang salah sehingga malah rugi. Lagipula sekarang sudah ada banyak aplikasi-aplikasi smartphone yang dapat memudahkanmu dalam berinvestasi. Jangan pernah menunda dalam berinvestasi jika kamu ingin kehidupan masa tuamu terjamin.

Baca Juga: 5 Zodiak Finansial Bagus Desember 2020, Akhir Tahun Dompetnya Tebal

4. Sudah terbiasa menyiapkan dana darurat untuk pengeluaran tidak terduga

Jika Ada 5 Tanda Ini, Kamu Termasuk Orang yang Sudah Merdeka Finansialpexels.com/maitree rimthong

Tidak dapat dimungkiri bahwa hidup itu dipenuhi dengan misteri. Kamu tidak akan tahu hal apa saja yang terjadi pada beberapa waktu mendatang. Apalagi dalam hal finansial, kamu juga tidak dapat memprediksi pengeluaran apa yang harus dibayarkan. Untuk mengatasi masalah tersebut kamu memerlukan dana darurat.

Dana darurat merupakan sebuah tabungan sampingan yang dapat dipakai ketika ada pengeluaran tidak terduga sehingga tabungan utama tetap aman. Jika sudah memiliki dana darurat, dapat dikatakan bahwa kamu sudah merdeka secara finansial karena bisa mengelola keuangan secara sistematis.

5. Sudah tidak ada tanggungan atau utang yang harus dibayarkan

Jika Ada 5 Tanda Ini, Kamu Termasuk Orang yang Sudah Merdeka Finansialpexels.com/pixabay

Hal terakhir yang bisa menunjukkan bahwa kamu sudah merdeka secara finansial adalah ketika tidak ada tanggungan atau utang. Ketika memiliki utang, seseorang dituntut untuk bisa membayarnya sehingga banyak keinginan-keinginanlain yang tidak dapat terealisasi.

Oleh karena itu mulai sekarang cobalah untuk menyelesaikan permasalahan utangmu terlebih dahulu sebelum memikirkan sesuatu yang lain. Dengan adanya hal tersebut, kamu pasti akan bisa lebih fokus dalam menabung ataupun berinvestasi sehingga banyak tujuan yang tercapai.

Itulah kelima tanda yang dapat menunjukkan bahwa kamu sudah merdeka secara finansial. Kemerdekaan finansial bisa diraih jika kamu mulai memperbaiki perilakumu dalam pengelolaan keuangan.

Baca Juga: Bikin Bangga! Ini 5 Tanda Kamu Sudah Matang Secara Finansial

Hamas Nurhan R T Photo Verified Writer Hamas Nurhan R T

Find me on instagram as @hamasnurhan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • erwanto

Berita Terkini Lainnya