Comscore Tracker

5 Brand Dunia Ini Punya Strategi Promosi yang Membuatmu Keheranan

Apakah kamu pernah terpikirkan melakukan ini untuk bisnismu?

Strategi promosi adalah salah satu kunci agar produk perusahaan bisa dikenal luas masyarakat. Beberapa perusahaan melakukan promosi yang beragam, sesuai bagaimana sifat produk yang dibuat dan target pasarnya. Beberapa perusahaan menggunakan cara biasa seperti memasang di reklame, iklan di televisi, media sosial, dan lain-lain.

Namun terdapat perusahaan yang secara unik tidak melakukan seperti yang biasa dilakukan perusahaan lain. Agar cenderung berbeda dengan kompetitor, perusahaan memutar otak agar produk yang dibuat bisa melekat di pikiran konsumen. Berikut perusahaan yang melakukan strategi promosi yang unik dan tidak biasa:

1. Tesla dan Cybertruck’s

5 Brand Dunia Ini Punya Strategi Promosi yang Membuatmu Keheranantheverge.com

Ini baru terjadi beberapa hari yang lalu, namun sayangnya hal tak menyenangkan terjadi. Apa yang dilakukan Elon Musk dan Tesla adalah memamerkan seberapa kuat mobil hasil buatannya. Tesla Cybertruck’s adalah mobil masa depan yang akan diluncurkan pada 2021.

Untuk menguji seberapa kuat mobil anti peluru ini, tidak tanggung-tanggung pihak Tesla membuktikannya dengan memukul body mobil dengan palu besar dan tidak ada bekas yang tampak. Namun yang sebaliknya terjadi ketika akan menguji kaca mobil dengan bola logam. Hasilnya adalah kaca samping kiri mengalami keretakan. Tentu ini buruk (dan viral). Meski terjadi tidak menyenangkan, beberapa hari setelahnya Elon Musk mengatakan bahwa Cybertruck’s miliknya telah terjual sebanyak 200 ribu unit.

2. Burger King dan triknya di Twitter

5 Brand Dunia Ini Punya Strategi Promosi yang Membuatmu Keherananchewboom.com

Pada awal 2019 perusahaan food & beverage ini melakukan strategi pemasaran yang unik. Akun Twitter resmi milik Burger King, tiba-tiba menyukai beberapa tweet milik beberapa orang terkenal yang dibuat hampir 10 tahun yang lalu. Tindakan Burger King tersebut sontak membuat banyak orang heran, dan menjadi viral.

Banyak orang yang ingin tahu kenapa Burger King melakukan hal tersebut. Tidak lama berselang, setelah banyak orang keheranan dan bertanya-tanya, mereka menjelaskan bahwa telah menghadirkan kembali produknya yaitu Funnel Cake Fries (yang pertama kali dikeluarkan tahun 2010). Strategi promosi yang sangat menarik dari Burger King karena tidak mengeluarkan biaya sepeser pun alias gratis. 

3. 3 juta dolar AS dan kaca yang tidak pernah pecah

5 Brand Dunia Ini Punya Strategi Promosi yang Membuatmu Keherananroadrunnerlock.com

3M adalah perusahaan internasional dalam bidang kimia yang berkantor di Amerika Serikat. 14 tahun yang lalu pada 2005, 3M melakukan strategi promosi pada produk pelapis kacanya. Mereka percaya bahwa produknya tidak mudah pecah karena memang dibuat dengan kaca anti peluru. Lalu apa yang dilakukan 3M?

Perusahaan tersebut menaruh 3 juta dolar AS pada produk pelapis kacanya yang ditaruh di halte bus Vancouver, Canada. Jika ada yang berhasil merusak kaca pelindung tersebut, siapa pun bisa menjadi pemilik 3 juta dolar AS tersebut. Akhirnya para pejalan kaki yang melewati trotoar tersebut melakukan banyak hal gila hanya untuk memecahkan kaca tersebut. Promosi tersebut viral dan tidak ada yang berhasil memiliki uang tersebut. Salah satu bentuk marketing yang efektif bukan?

Baca Juga: Biar Laris Manis, 5 Aplikasi Marketing Tools Untuk Jualan di Instagram

4. Puma dan Pele

5 Brand Dunia Ini Punya Strategi Promosi yang Membuatmu Keherananpinterest/Jupiter Oak Jewelry

Pada final Piala Dunia 1970, Puma memberikan Pele 120 ribu dolar AS hanya untuk mengikat tali sepatu miliknya. Tidak ada yang menyangka bahwa strategi ini bisa melambungkan nama Puma.

Sehingga sebelum pertandingan dimulai, Pele meminta wasit untuk menunggu sebentar karena dia ingin mengikat tali sepatu miliknya. Apa dampaknya? Beberapa kamera menyorot sepatu milik Pele yaitu Puma Shoes.

Jutaan orang menyaksikan legenda sepak bola Brazil tersebut bersama sepatu Puma yang dikenakannya. Tentu strategi ini dimanfaatkan oleh Puma, pada tahun berikutnya Puma membuat poster Pele saat pertandingan tersebut. Hingga menciptakan citra bahwa Puma merupakan merek terbaik karena digunakan oleh pemain terbaik dunia saat itu.

5. Vitaly Uncensored

5 Brand Dunia Ini Punya Strategi Promosi yang Membuatmu Keheranantwitter.com/@mattr1990

Apakah kamu masih ingat saat momen final Liga Champion tahun 2019 antara Liverpool dan Tottenham? Saat itu waktu pertandingan berjalan 18 menit seorang perempuan seksi bernama Kinsey Wolanski menerobos penjaga dan masuk ke dalam lapangan. Beruntung kelakuan Kinsey tersebut bisa langsung dibungkam pihak keamanan. Bukan tanpa alasan, perempuan tersebut masuk memakai pakaian seksi dengan tulisan “Vitaly Uncensored” yang ternyata merupakan channel YouTube pacarnya.

Tindakan Kinsey ini diperkirakan mendatangkan keuntungan mencapai 3,5 juta poundsterling dalam pendapatan iklan Vitaly Uncensored. Bagi Kinsey sendiri dalam beberapa jam akun Instagramnya mendadak memiliki pengikut sebanyak 2,5 juta yang sebelumnya adalah 300 ribu pengikut, meski hanya sementara saja. Strategi yang nekad bukan?

Baca Juga: Tipe-Tipe Iklan yang Bisa Dicoba untuk Memasarkan Produk

thariq bintoro Photo Verified Writer thariq bintoro

remaja rumahan yang suka keluar

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Just For You