Comscore Tracker

Asyik! 5 Drakor Ini Bikin Pengusaha Makanan di Indonesia Makin Cuan

Kamu termasuk yang meraup cuan dari sini?

Jakarta, IDN Times - Siapa yang suka berburu menu makanan yang ada di drama Korea? Percaya deh, di Indonesia pasti akan ada kok menu khas Korea tersebut. Tinggal tunggu waktu saja, kapan akhirnya menu-menu ini akan rilis dan mulai ‘menjamur’.

Masih ingat dengan Dalgona yang mendadak viral di media sosial? Asal kamu tahu nih guys, sebenarnya Dalgona berasal dari Macau lho. Tapi hebatnya Korea, mereka bisa dengan mudahnya bikin menu tersebut booming. Makanya, gak heran deh kalau lima drakor ini juga bikin para pengusaha makanan di Indonesia semakin cuan. Ada apa saja ya? Laku keras nih!

1. Start-Up dengan corn dog-nya

Asyik! 5 Drakor Ini Bikin Pengusaha Makanan di Indonesia Makin Cuannusadaily.com

Siapa yang gak tahu camilan atau street food Korea yang satu ini? Pecinta kuliner sekaligus pecinta drama Korea pasti tahu dong corn dog? Itu lho hotdog versi Korea yang belakangan viral di mana-mana. 

Viralnya corn dog ini tak lain karena jadi camilan Han Ji Pyeong di drama Start-Up. Bahkan banyak penonton yang penasaran dengan rasa corn dog asli buatan nenek Dal-Mi ini. Resep corn dog juga bertebaran di Google. Tapi ada juga yang menjual makanan ini secara online. Siapa nih yang udah coba? 

Baca Juga: 5 Makanan Korea Versi Indonesia, Rasa Lokal Juga Gak Kalah Enak, Lho!

2. Itaewon Class dengan Sundubu-jjigae-nya

Asyik! 5 Drakor Ini Bikin Pengusaha Makanan di Indonesia Makin Cuanpreview.ph

Selanjutnya ada menu yang gak kalah menarik nih. Pernah dengar nama makanan Korea, Sundubu-jjigae? Makanan ini viral setelah sering muncul di drama Korea populer, Itaewon Class. 

Sundubu-jjigae ini sendiri merupakan makanan berkuah yang berisi kimchi, tofu, jamur dan seafood. Kamu bisa mencari resepnya di internet kok. Tapi buat kaum mager, ada beberapa resto Korea yang menyajikan sundubu-jjigae di menu mereka. Minat coba sambil bayangin makan bareng Park Sae Roy?

3. Weightlifting Fairy Kim Bok Joo dengan BBQ grill-nya

Asyik! 5 Drakor Ini Bikin Pengusaha Makanan di Indonesia Makin CuanMBC TV/Weightlifting Fairy Kim Bok Joo

Beberapa tahun belakangan, mulai menjamur restoran grill a la Korea. Apakah kamu termasuk yang pernah mencicipi Korean grill yang menjamur ini? Korean grill sendiri gak beda jauh dengan Japanese grill kok.

Tapi yang membedakan antara keduanya adalah saus marinasinya dan beberapa sayuran pelengkap. Korean BBQ grill ini juga populer karena drama Korea berjudul Weightlifting Fairy Kim Bok Joo. Biasanya Korean BBQ grill dinikmati bareng-bareng teman atau keluarga.

4. Boys Before Flower dengan ramyeon a la panci

Asyik! 5 Drakor Ini Bikin Pengusaha Makanan di Indonesia Makin Cuansteemit.com

Nonton drama Korea gak lengkap kalau belum melihat adegan makan ramyeon, ya gak sih? Hampir semua drama Korea pasti ada adegan makan ramyeon, langsung dari pancinya. Kira-kira siapa ya yang mempopulerkan scene ini?

Salah satu scene makan ramyeon yang cukup populer adalah dari drama Korea Boys Before Flower. Di drama tersebut, Lee Min Ho yang berperan sebagai cowok kaya raya bernama Gu Jun Pyo pertama kali memakan ramyeon dari panci bersama keluarga Geum Jan Di. 

Scene seperti ini pun masih bisa kamu temui di drama Korea lainnya seperti drama K2 yang dibintangi Yoona SNSD dan Ji Chang Wook dan My Love From The Star yang dibintangi Kim Soo Hyun dan Jun Ji Hyun. Kamu pasti pernah coba juga ‘kan?

5. Korean fried chicken yang populer berkat drama Crash Landing on You

Asyik! 5 Drakor Ini Bikin Pengusaha Makanan di Indonesia Makin Cuanpreview.ph

Ada satu lagi makanan Korea yang makin viral karena drama Korea, yaitu Korean fried chicken. Apa istimewanya ayam goreng Korea? Kok bisa sampai viral? Berkat drama yang dibintangi pasangan kekasih Hyunbin dan Son Ye Jin, ayam goreng Korea makin diminati pecinta kuliner.

Yang bikin ayam goreng Korea ini berbeda adalah sausnya. Biasanya ayam tepung yang sudah digoreng akan dimasak bareng saus gochujang. Perpaduan antara ayam goreng dan saus gochujang ini yang bikin rasanya beda sama ayam goreng cepat saji biasanya. 

Kepopuleran makanan Korea ini dimanfaatkan dengan baik oleh banyak orang sebagai sumber cuan. Banyak yang menjual berbagai menu makanan Korea ini secara online di e-commerce. ‘Demam’ Korea yang melanda Indonesia pada 10 tahun belakangan juga memberi dampak yang baik khususnya dalam bidang ekonomi tanah air.

Bukti baiknya, dampak demam Korea ini bisa dilihat dari laris manisnya produk berbau Korea baik makanan maupun fashion di platform e-commerce tanah air, bahkan di tengah pandemik seperti sekarang. Tidak sedikit pegiat usaha lokal yang kemudian menjual produk-produk khas Korea untuk menangkap permintaan di pasar. Mengutip data internal Tokopedia, penjualan makanan Korea tteokbokki dan jajangmyeon bahkan meningkat lebih dari 6 kali lipat dalam satu tahun terakhir lho (Data Desember 2020). 

Gak hanya itu guys, para e-commerce juga banyak menggunakan grup K-Pop maupun aktor Korea sebagai brand ambassador mereka. Sebut saja Tokopedia yang menggaet BTS & Blackpink sebagai brand ambassador Tokopedia. Kolaborasi ini sekaligus menjadikan Tokopedia brand pertama di dunia yang menggaet BTS & Blackpink sekaligus.

Keterlibatan BTS & Blackpink sebagai brand ambassador Tokopedia menjadi perbincangan hangat di media sosial bahkan hingga menempati peringkat pertama trending topic, baik di Indonesia maupun world wide. Tentunya hal ini mampu memancing minat belanja penonton dan turut menggerakkan ekonomi Indonesia di tengah pandemik seperti sekarang. (CSC)

Baca Juga: Kami Tahu Makanan Korea Favoritmu Berdasarkan Member BTS Pilihanmu!

Topic:

  • Bima Anditya Prakasa
  • Cynthia Kirana Dewi

Berita Terkini Lainnya