Comscore Tracker

Bayar Tol Tanpa Tap Kartu, Gantinya Pakai Aplikasi Ini

Aplikasi dalam tahap pengembangan

Jakarta, IDN Times - Pemerintah sedang menyiapkan aplikasi bayar tol dalam rangka mengimplementasikan transaksi nirsentuh tanpa kartu uang elektronik di jalan tol melalui sistem Multi Lane Free Flow (MLFF).

Sekretaris Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT), Triono Junoasmono, mengatakan secara garis besar inovasi teknologi MLFF merupakan suatu terobosan layanan transaksi di tol tanpa sentuh (tap kartu uang elektronik).

Baca Juga: Begini Canggihnya Sistem MLFF, Bikin Masuk Tol Tak Perlu Tempel Kartu

1. Bayar tol bakal otomatis melalui aplikasi

Bayar Tol Tanpa Tap Kartu, Gantinya Pakai Aplikasi IniFoto udara suasana antrean kendaraan pemudik dari arah Jakarta yang akan memasuki Gerbang Tol Kalikangkung, Semarang, Jawa Tengah, Rabu (30/4/2022). (ANTARA FOTO/Aji Styawan)

Jadi, bayar tol nantinya dilakukan secara otomatis melalui aplikasi di ponsel pintar (smartphone) menggunakan sistem server based dengan teknologi Global Navigation Satelit System (GNSS) dan data kendaraan dikenali menggunakan satelit.

"Nantinya, saat teknologi MLFF mulai diimplementasikan para pengguna jalan tol dapat melakukan pembayaran nontunai tanpa tap kartu, yakni hanya dengan mengunduh dan mendaftar data pribadi pada aplikasi bernama Cantas pada smartphone masing-masing yang telah terkoneksi internet," katanya dikutip dari situs web BPJT, Rabu (13/7/2022).

Kemudian setelah kalkulasi tarif terkoneksi pada aplikasi, uang dari masing-masing instrumen pembayaran milik tiap pengguna juga akan berkurang otomatis.

Baca Juga: Bayar Tol Gak Perlu Lagi Tempel Uang Elektronik Mulai Akhir 2022

2. Aplikasi bayar tol tanpa kartu sedang dalam tahap pengembangan

Bayar Tol Tanpa Tap Kartu, Gantinya Pakai Aplikasi IniIlustrasi Infrastruktur Jalan Kota (IDN Times/Arief Rahmat)

Triono mengatakan bahwa sistem MLFF pada akhir 2022 akan diimplementasikan di beberapa jalan tol sebagai masa transisi, di mana sebagian gardu pada setiap gerbang tol masih dapat menggunakan kartu tol elektronik.

"Saat ini kita tengah fokuskan tahap pengembangan aplikasi Cantas, finalisasi proses pemasangan gantry dan perangkat kamera sehingga semua tahapan bisa segera tuntas dan berjalan dengan baik sebelum diimplementasikan dan digunakan masyarakat secara bertahap pada bulan Desember 2022," ujarnya.

Lanjut Triono, pada akhir 2023 mendatang sistem MLFF akan diimplementasikan secara keseluruhan di seluruh Jalan Tol di Indonesia.

3. Pengguna tol akan semakin nyaman menggunakan jalan bebas hambatan

Bayar Tol Tanpa Tap Kartu, Gantinya Pakai Aplikasi IniFoto udara sejumlah kendaraan antre melintasi Gerbang Tol Cikampek Utama, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, Kamis (28/4/2022). (ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat)

Triono mengatakan, perangkat yang digunakan pada transaksi nirsentuh MLFF adalah berupa Electronic On-Board Unit atau dikenal dengan E-OBU.

Dengan sistem tersebut, pengguna tol akan memiliki user experience yang semakin baik, memperoleh efisiensi biaya operasi dan juga mengurangi konsumsi bahan bakar kendaraan.

"Selain memudahkan pengguna jalan karena bayar tol tanpa hambatan, informatif, aman, nyaman dan berkelanjutan dan juga dapat meningkatkan efisiensi pendapatan tol bagi Badan Usaha Jalan Tol, serta mengurangi tingkat kemacetan pada jam-jam padat. Dengan sistem tersebut, pengguna jalan tol akan semakin lebih nyaman dalam melakukan perjalanan," tambahnya.

Baca Juga: Bayar Tol Tanpa Tapping Mulai September 2022

Topic:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya