Comscore Tracker

Beli Pertalite Daftar di Website MyPertamina, Bayarnya Tetap Bisa Cash

Masyarakat diberikan banyak opsi pembayaran

Jakarta, IDN Times - PT Pertamina (Persero) mulai mensosialisasikan pembelian BBM subsidi dengan mendaftar terlebih dahulu di situs web MyPertamina per 1 Juli. Masyarakat tak perlu khawatir mengenai metode pembayarannya.

Area Manager Communication, Relations & CSR Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Barat, Eko Kristiawan mengatakan metode pembayaran saat membeli subsidi, Pertalite atau Solar tetap bisa menggunakan uang tunai.

"Jadi untuk pembayaran pun, masih sama dengan transaksi seperti biasa. Masyarakat memiliki banyak opsi, mulai dari pembayaran tunai (uang cash), kartu kredit/debit, ataupun pilihan non tunai lainnya, tidak terbatas hanya menggunakan MyPertamina” kata Eko dikutip IDN Times, Rabu (29/6/2022).

Baca Juga: Mulai 1 Juli, Beli Pertalite Harus Daftar lewat Website MyPertamina

1. QR Code yang diterima setelah pendaftaran bisa dicetak atau disimpan di galeri ponsel

Beli Pertalite Daftar di Website MyPertamina, Bayarnya Tetap Bisa CashIlustrasi transaksi nontunai pertamina. (IDN Times/pertamina.com)

Dia menjelaskan jika kendaraan dan identitas masyarakat sudah terkonfirmasi dan terdaftar, pengguna tersebut akan mendapatkan QR Code Unik.

QR Code tersebut dapat digunakan melalui aplikasi MyPertamina, di-print atau disimpan di galeri ponsel masing-masing. QR Code tersebut nantinya akan dicocokan datanya di SPBU sebelum Pertamina melayani transaksi Pertalite dan Solar.

Baca Juga: Simak Cara Daftar di Website MyPertamina supaya Bisa Beli Pertalite

2. Tata cara pendaftaran di website MyPertamina

Beli Pertalite Daftar di Website MyPertamina, Bayarnya Tetap Bisa CashInstagram.com/@mypertamina

Calon pembeli BBM subsidi harus daftar terlebih dahulu demi memastikan mekanisme penyaluran makin tepat sasaran. Pertamina akan melakukan uji coba penyaluran Pertalite dan Solar bagi pengguna yang berhak yang sudah terdaftar di dalam sistem MyPertamina. Begini cara daftar di website MyPertamina:

  • Siapkan dokumen yang dibutuhkan yaitu: KTP, STNK, Foto Kendaraan, dan dokumen pendukung lainnya
  • Buka website subsiditepat.mypertamina.id
  • Centang informasi memahami persyaratan
  • Klik daftar sekarang
  • Ikuti instruksi dalam website tersebut
  • Tunggu pencocokan data maksimal 7 hari kerja di alamat email yang telah didaftarkan, atau cek status pendaftaran di website secara berkala
  • Apabila sudah terkonfirmasi, unduh (download) kode QR dan simpan untuk bertransaksi di SPBU Pertamina

3. Tahap pertama baru berlaku di 4 kota di Jawa Barat

Beli Pertalite Daftar di Website MyPertamina, Bayarnya Tetap Bisa CashSPBU Pertamina (IDN Times/Ridwan Aji Pitoko)

Eko menyampaikan bahwa pada periode 1 juli nanti akan ada 4 kota/kabupaten di Jawa Barat yang dilakukan ujicoba transaksi Pertalite dan Solar bagi pengguna kendaraan roda empat terdaftar. 

“Kota Bandung, Kota Sukabumi, Kota Tasikmalaya dan Kabupaten Ciamis akan menjadi 4 kota/kabupaten yang terlebih dahulu mulai dilakukan pendataan bagi pemilik kendaraan roda empat melalui laman subsiditepat.mypertamina.id sebagai website untuk pendaftaran masyarakat” ujar Eko.

Baca Juga: DPR Sentil soal Beli Bensin Wajib Daftar MyPertamina: Sosialisasi Dulu

Topic:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya