Comscore Tracker

Erick Thohir Bangga, Pengunjung Sarinah Hampir Tembus 6 Juta

Awalnya tak ada yang percaya soal renovasi Sarinah

Jakarta, IDN Times - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir bangga karena pusat perbelanjaan Sarinah sudah didatangi oleh hampir 6 juta pengunjung. Angka tersebut merupakan akumulasi selama 5 bulan usai Sarinah dibuka paska renovasi.

"Alhamdulillah dengan kerja keras manajemen Terima kasih selama 5 bulan pembukaan angka visitornya sudah hampir 6 juta," katanya dalam Indonesia Retail Summit 2022 di Sarinah, Thamrin, Jakarta, Senin (15/8/2022).

1. Awalnya tidak ada yang percaya soal renovasi Sarinah

Erick Thohir Bangga, Pengunjung Sarinah Hampir Tembus 6 JutaMenteri BUMN, Erick Thohir dalam Indonesia Retail Summit 2022 di Sarinah, Thamrin, Jakarta. (IDN Times/Trio Hamdani).

Erick menjelaskan bahwa awalnya ketika dirinya bersama-sama ingin membangun Sarinah, tidak ada yang percaya. Pihaknya pun memastikan bahwa BUMN berkomitmen membangun Sarinah karena Sarinah merupakan aset sejarah di tengah kota, yang mana di negara-negara lain sudah ada yang namanya Center of Visit.

"Jadi kalau ketika turisnya datang ada tempat yang di-visit," kata pria yang biasa dipanggil ET.

Baca Juga: Ada Pameran Arsip di Sarinah, 7 Mobil Kepresidenan Dipajang

2. Keberadaan Sarinah bukan untuk mematikan bisnis ritel swasta

Erick Thohir Bangga, Pengunjung Sarinah Hampir Tembus 6 JutaWakil Presiden Ma'ruf Amin kunjungi Gedung Sarinah (dok. Sekretariat Wakil Presiden)

Erick menegaskan bahwa pihaknya bukan ingin melakukan kanibalisme terhadap para pengusaha pusat perbelanjaan. Menurutnya, model bisnis dan ekosistem yang dibangun dapat saling menguntungkan.

"Alhamdulillah dengan segala upaya yang kita lakukan dan terus saya minta masukan dari Hippindo (Himpunan Penyewa Pusat Perbelanjaan Indonesia), kita yakin bisnis model Sarinah ini juga bisa di-copy oleh pihak-pihak lain," ujarnya.

"Tidak apa-apa kita di-copy karena kita nggak mau juga bikin Sarinah-Sarinah di masing-masing kota, silakan pengusaha bikin tetapi kita akan fokus kepada Sarinah sebagai jendela untuk merek lokal," tambah Erick.

3. Sarinah dibuka kembali sejak 21 Maret 2022

Erick Thohir Bangga, Pengunjung Sarinah Hampir Tembus 6 JutaDirektur Utama PT Sarinah, Fetty Kwartati (IDN Times/Rendy Septian Anwar)

Sarinah resmi dibuka kembali pada Senin 21 Maret 2022. Gedung yang diresmikan oleh Kementerian BUMN dan PT Sarinah ini tampil dengan wajah barunya usai direnovasi.

Direktur Utama PT Sarinah Fetty Kwartati mengatakan bahwa Sarinah versi baru ini dirancang agar bisa tetap relevan untuk setiap kalangan. Pihaknya berharap Sarinah bisa menjadi destinasi wajib kunjung masyarakat Indonesia, terutama millennial.

"Jadi Sarinah reborn dengan tranformasi dari mulai fisik bangunan, konsep bisnis, communication branding lalu produk-produknya diskresi ulang, tenant-tenant-nya dipilih kembali disesuaikan dengan talent list serta dari human capital," ujarnya kepada IDN Times.

Baca Juga: 5 Daya Tarik Sarinah Mall, Tempat Nongkrong Hits di Jakarta

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya