Comscore Tracker

Heinz ABC Indonesia Buka Suara Produknya Ditarik Singapura

Produk diekspor oleh distributor tak resmi

Jakarta, IDN Times - PT Heinz ABC Indonesia buka suara atas produknya yang ditarik dari Singapura oleh Singapore Food Agency (SFA). Otoritas pangan negara tersebut menarik dua produk ABC, yakni Kecap Manis ABC dan Sambal Ayam Goreng.

Manajemen menjelaskan bahwa masuknya kedua varian produk ABC tersebut ke pasar Singapura diekspor oleh distributor tidak resmi (unauthorized distributor) dan tidak melalui koordinasi dengan PT Heinz ABC Indonesia sebagai perusahaan pembuat produk dan pemilik resmi merek ABC.

"Masuknya kedua varian produk ABC tersebut di atas, yaitu Kecap Manis ABC dan Sambal Ayam Goreng ABC ke pasar Singapura merupakan tindakan paralel impor yang dilakukan oleh distributor tidak resmi (unauthorized distributor)," kata manajemen dalam keterangan tertulis, dikutip IDN Times, Kamis (8/9/2022).

Baca Juga: Singapura Tarik Kecap dan Sambal ABC dari Pasaran

1. Dua varian produk ABC bukan untuk pasar Singapura

Heinz ABC Indonesia Buka Suara Produknya Ditarik SingapuraProduk ABC (kraftheinzfoodservice.co.id)

Manajemen Heinz ABC Indonesia mengungkapkan bahwa kedua produk yang ditarik dari peredaran di Singapura itu memang bukan untuk dijual di pasar negara tersebut.

"Kedua produk tersebut, Kecap Manis ABC dan Sambal Ayam Goreng ABC, bukanlah varian produk yang secara khusus diperuntukan untuk diekspor ke pasar Singapura," ujar manajemen.

Baca Juga: Singapura Tarik Produk Indonesia, Kenapa Ada Alergen di Dalamnya?

2. Pihak ABC klaim menjaga keamanan produknya

Heinz ABC Indonesia Buka Suara Produknya Ditarik Singapurapixabay.com/Andreas Theis

PT Heinz ABC Indonesia mengklaim telah berkomitmen menjaga standar kualitas dan keamanan dari seluruh produk-produknya, dengan memastikan kepatuhan terhadap seluruh peraturan yang berlaku, baik di negara Indonesia maupun seluruh negara yang menjadi tujuan ekspor.
 
"Hal ini menyangkut seluruh aspek keamanan pangan, termasuk penggunaan bahan baku, proses produksi, hingga standar informasi pada label kemasan," jelas manajemen.

Pihaknya memastikan akan terus berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait untuk memastikan standar kualitas dan keamanan pangan dari seluruh produk PT Heinz ABC Indonesia tetap terjaga dengan baik.

3. Alasan Singapura tarik dua produk ABC

Heinz ABC Indonesia Buka Suara Produknya Ditarik SingapuraPixabay.com/Einladung_zum_Essen

Dilansir Channel News Asia, Rabu (7/9/2022), kedua produk dari PT Heinz ABC itu mengandung sulfur dioksida. Selain itu, SFA juga mendeteksi adanya kandungan asam benzoat yang tak dituliskan dalam label kemasan produk kecap manis dan saus ABC tersebut.

SFA menambahkan bahwa kadar sulfur dioksida dan asam benzoat yang terdeteksi itu berada dalam batas yang diizinkan dalam produk saus.

Baca Juga: Ini Alasan Singapura Tarik Kecap dan Sambal ABC 

Topic:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya