Comscore Tracker

Keok Ditekuk Dolar AS, Rupiah Dekati Rp15 Ribu

Rupiah melemah terhadap dolar AS

Jakarta, IDN Times - Nilai tukar atau kurs rupiah keok ditekuk oleh dolar Amerika Serikat (AS) pada penutupan perdagangan di awal pekan ini, Senin (20/6/2022).

Kurs rupiah ditutup melemah 11,5 poin atau 0,08 persen ke Rp14.836. Pada perdagangan pagi tadi, kurs rupiah melemah 16 poin ke level Rp14.840 per dolar AS.

Sebelumnya, pada penutupan perdagangan Jumat, 17 Juni 2022, kurs rupiah ditutup melemah 39 poin ke level Rp14.824 per dolar AS.

Baca Juga: 4 Faktor yang Dapat Memengaruhi Kurs Valuta Asing 

1. Nilai tukar rupiah berdasarkan kurs tengah BI

Sementara itu, berdasarkan Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (JISDOR) Bank Indonesia (BI), nilai tukar rupiah tercatat sebesar Rp14.836 per dolar AS.

Angka tersebut lebih tinggi dibandingkan kurs rupiah pada Jumat (17/6/2022) yang ada di level Rp14.828 per dolar AS.

Baca Juga: Daftar 10 Mata Uang Tertinggi di Dunia Tahun 2022

2. Pemerintah dan BI harus waspadai kenaikan suku bunga The Fed

Direktur PT Laba Forexindo Berjangka, Ibrahim Assuaibi, mengatakan pemerintah dan Bank Indonesia (BI) perlu mewaspadai kenaikan suku bunga acuan Bank Sentral AS sebesar 75 basis poin menjadi 1,5-1,75 persen minggu lalu. Kata dia, dampaknya sudah terasa dari melemahnya mata uang rupiah.

Dengan kenaikan suku bunga tersebut, arus modal asing kembali keluar di pasar surat utang karena perbedaan antara yield SBN dan yield treasury di tenor yang sama semakin menyempit. Investor asing cenderung mengalihkan dana ke negara maju sehingga memicu arus modal keluar (capital outflow) di emerging market.

Selain itu, ada penyempitan likuiditas karena bank dalam posisi mengejar pertumbuhan kredit yang tinggi pasca-pandemi melandai tapi terhalang oleh kenaikan tingkat suku bunga.  

"Perebutan dana antara pemerintah dan bank dalam menjaga tingkat pembiayaan defisit anggaran akan membuat dana deposan domestik berpindah ke SBN. Crowding out sangat membahayakan kondisi likuiditas di sektor keuangan," katanya dikutip dari keterangan tertulis.

3. Proyeksi nilai tukar rupiah besok

Pada perdagangan sore ini, mata uang rupiah kembali melemah 11 poin walaupun sebelumnya sempat melemah 15 poin di level Rp14.836 dari penutupan sebelumnya di level Rp14.824. 

"Sedangkan untuk perdagangan besok, mata uang rupiah kemungkinan dibuka berfluktuatif namun ditutup melemah di rentang Rp14.820 - Rp14.870," tambah Ibrahim.

Baca Juga: Ini 7 Cara Investasi Dolar, Pemula Perlu Tahu!

Topic:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya