Comscore Tracker

Luhut Temui Elon Musk Bulan Depan, Tagih Janji Investasi

Luhut minta kepastian Elon Musk

Jakarta, IDN Times - Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves), Luhut Binsar Pandjaitan, akan menemui Elon Musk untuk menindaklanjuti rencana bos Tesla tersebut berinvestasi di Indonesia. Luhut akan berkunjung pada September.

"Dengan Tesla itu mereka sudah masuk sebagian tapi belum masuk investasinya. Saya ke Amerika bulan depan akan ketemu lagi dengan Elon untuk bicara 'Hei, mau kau gimana?'," kata Luhut dalam Kuliah Umum Universitas Hasanuddin, Jumat (19/8/2022).

1. Ford lebih gercep buat berinvestasi di Indonesia

Luhut Temui Elon Musk Bulan Depan, Tagih Janji Investasitheverge.com

Mantan Menkopolhukam itu menjelaskan bahwa produsen mobil listrik asal Amerika Serikat, Ford, juga bakal berinvestasi di Indonesia.

Menurut Luhut, Ford memiliki kas lebih besar dibandingkan Tesla. Tampaknya masuknya Ford ke dalam industri kendaraan listrik di Indonesia membuat Tesla terusik.

"Si ini Ford sudah masuk, ya dia juga udah pusing nih 'Ford kok masuk?' Karena Ford duitnya banyak," sebut Luhut.

Baca Juga: Arab Saudi Ketiban Cuan dari Minyak, Luhut: Susah Lawan Dia

2. VW dan BASF juga sudah berkomitmen masuk ke industri mobil listrik Indonesia

Luhut Temui Elon Musk Bulan Depan, Tagih Janji Investasi(IDN Times/Sukma Shakti)

Luhut menjelaskan bahwa pabrikan asal Jerman, yakni Volkswagen atau VW dan BASF, juga sudah menyatakan komitmennya untuk berinvestasi di Indonesia dalam mendukung ekosistem kendaraan listrik. Mereka rencananya berinvestasi di Sulawesi.

Lantaran banyaknya investor yang akan masuk ke Sulawesi, Luhut mengajak rektor Universitas Hasanuddin, dan universitas lainnya di Sulawesi untuk mengembangkan program studi yang berkaitan dengan industri kendaraan listrik.

"Juga ada VW dan BASF ini. Jadi saya pikir karena banyak proyek ini di Sulawesi. Ayo, Pak kita bikin nanti kolaborasi universitas-universitas di Sulawesi untuk membuat lebih hebat lagi ke depan," tambahnya.

3. Elon Musk rencananya ke Indonesia pada November

Luhut Temui Elon Musk Bulan Depan, Tagih Janji InvestasiPresiden Joko "Jokowi" Widodo berkunjung ke Space X dan bertemu dengan Elon Musk. (Dok. Sekretariat Presiden)

Presiden Joko "Jokowi" Widodo sebelumnya telah mengunjungi SpaceX dan bertemu Elon. Mantan Gubernur DKI Jakarta itu mengundang Elon untuk bisa datang ke Indonesia.

"Saya kira, dia sangat tertarik sekali untuk segera datang ke Indonesia dan tadi saya sudah sampaikan untuk bisa datang di Indonesia," kata Jokowi, seperti dikutip IDN Times dari situs resmi Presiden RI, Minggu (15/5/2022).

Elon pun menanggapi ajakan Jokowi tersebut dengan serius. Orang terkaya di dunia itu mengaku bakal datang ke Indonesia pada akhir tahun nanti.

"Mudah-mudahan di bulan November. Terima kasih atas undangannya," kata Elon.

Baca Juga: Aksi Gorengan Elon Musk Berhasil, Saham Manchester United To The Moon

Topic:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya